Posisi Finish Rossi Jika Start Dari Grid Belakang

loading...
Haloo sobat media2give^^ Pada kesempatan ini Saya akan membahas informasi mengenai Posisi Finish Rossi Jika Start Dari Grid Belakang.Rossi yang dijuluki The Doctor ini merupakan pembalap paling berpengaruh saat ini di MotoGP.Walaupun banyak rider hebat lainnya,namun susah sepertinya untuk tidak mengaitkan Rossi dengan MotoGP.Bahkan kadang orang-orang hanya ingin melihat Rossi tampil di race dan tidak mempermasalahkan dia bisa meraih podium/tidak.
 
Popularitas Rossi dimulai sejak lama,ketika dia menjajaki kelas 125cc.Sederet prestasi berhasil dia ukir,termasuk koleksi gelar juara dunianya yang sudah mencapai 9 gelar.Keahlian Rossi mengalahkan lawan adalah faktor yang membuat penikmat MotoGP menyukai Rossi.Rossi membalap dengan rapi dan sering melakukan overtake di tikungan sampai di juluki rajanya tikungan.Rossi bahkan pernah membuktikan jika power motor bukanlah segalanya.
 
 
Dia tunjukkan itu ketika pindah ke Yamaha.Tapi jalan Rossi menjadi rider hebat seperti sekarang ini tak mudah di lalui.Seringkali masalah datang,entah dari problem motor ataupun terkena sanksi.Nah,kalau bicara tentang sanksi,sepanjang membalap di MotoGP,Rossi beberapa kali terkena hukuman yang berat.Kenapa? Karena Rossi harus start dari posisi belakang.Hukuman semacam ini biasanya diberikan kepada rider yang melakukan pelanggaran tertentu.
 
 
Rossi yang kita kenal memang seorang rider bertipe Fighter/petarung kuat untuk duel satu lawan satu dengan rider lain.Jika kalian ingat,jaman dulu Rossi sering kurang bagus saat start.Posisinya langsung tergeser rider lain.Namun disitulah letak keseruannya,karena Rossi selalu bisa menyusul dari belakang untuk berada di paling depan dan menang.Di lap-lap awal Rossi punya kebiasaan menunggu ban panas dulu sehingga tidak langsung di geber pol motornya.
 
 
5 lap jelang akhir race,Rossi akan menunjukkan agresivitasnya dan mendorong motornya lebih keras lagi.Tapi itu dulu ya,karena sekarang Rossi lebih suka mempertahankan posisi setelah start untuk tetap di baris depan.Lalu bagaimana hasilnya jika Rossi start dari posisi belakang? apakah dia bisa melewati semua rider? Ternyata bukan 1 atau 2 kali saja Rossi mengawali balapan dari posisi belakang.
 
Dari era 2000an hingga kini,paling tidak Rossi telah melakukan start di baris belakang sebanyak 5 kali.Lalu di sirkuit mana sajakah itu terjadi? Agar tidak penasaran,yuk langsung disimak informasinya berikut ini :
 
1. Losail 2004 (Start Posisi 23,Tidak Finish)
Ini adalah pertama kalinya Rossi start dari posisi terakhir saat start.Di musim 2004 terjadi persaingan panas antara Rossi dan Gibernau.Rossi dikenai hukuman start dari posisi terakhir setelah Race Director mendapat aduan dari salah satu pihak.Kru tim Rossi di anggap sengaja membersihkan grid dari pasir yang tujuannya agar Yamaha M1 Rossi mendapatkan traksi terbaik.Rossi lalu menuduh kubu Gibernau dibalik laporan tersebut dan mereka pun bersitegang.
 
 
Balapan akhirnya di mulai dan Rossi tampil ngotot untuk maju ke depan.Menjelang akhir lap pertama Rossi sudah naik ke posisi 7.Tak sampai 10 lap,posisinya kembali naik ke peringkat 5.Rossi tambah agresif lagi dan berduel ketat dengan Alex Barros hingga terjadi senggolan yang mengakibatkan motor Barros keluar trek.Rossi otomatis menggeser posisi Barros dan berada di tempat ke 4.Namun kesialan datang tak lama kemudian,ban belakang motor Rossi melintasi trek berpasir.Ban motornya selip dan Rossi Crash.Dia tak bisa melanjutkan balapan dan kehilangan point berharga.
 
2. Assen 2006 (Start Posisi 18,Finish Posisi 8)
Musim MotoGP 2006 dilalui Rossi dengan berat karena kendala silih berganti datang.Di beberapa race,motornya tak bisa finish karena masalah pada mesin.Nasib buruk juga di dapatnya ketika menjalani sesi latihan bebas (Free Practice 1) di sirkuit Assen tahun 2006.Rossi gagal mencatatkan waktu kualifikasi karena mengalami cidera akibat kecelakaan di Free Practice itu.
 
 
The Doctor sempat di bawa ke klinik untuk di periksa dan hasil diagnosa menunjukkan Rossi menderita patah tulang pergelangan tangan dan retak pada pergelangan kaki kiri.Akhirnya Rossi harus rela start dari posisi paling belakang (posisi 18).Rossi sedikit beruntung karena masih bisa mengikuti race ini.Operasi pergelangan tangan yang di jalaninya sukses.Meski sambil menahan sakit saat membalap,Rossi tetap berjuang melewati rider lainnya.Tampil tidak fit membuat Rossi hanya mampu menyelesaikan balapan di peringkat ke 8.
 
3. Sachsenring 2006 (Start Posisi 11,Finish Posisi 1)
Sachsenring menjadi saksi drama penampilan spektakuler Rossi.Rider yang waktu itu berusia 27 tahun ini menjadi rider pertama sepanjang sejarah MotoGP yang mampu mengumpulkan 3000 point di semua kelas.Race di mulai dengan seru,Kenny Roberts yang start dari posisi 2 tergusur turun ke posis 5,sementara Rossi berhasil menyalip beberapa rider hingga menempati urutan ke 6 ketika memasuki lap 4.
 
 
Tak lama kemudian Kenny Roberts di overtake untuk merebut posisi 5.Di depan Rossi ada Hayden,Pedrosa,Melandri dan Tamada.Rossi menunggu kesempatan untuk menyalip kembali dan di lap 11 Rossi lagi-lagi beraksi.Kali ini Hayden yang jadi korbannya.Rossi berhasil naik ke posisi 3 dan terus maju untuk melewati Melandri dan Pedrosa.Rossi memimpin jalannya balapan sampai setengah race.Dari lap 15-20 tak ada yang dapat mengambil alih tempat puncak Rossi.
 
Race menyisakan 10 lap dan Rossi sepertinya akan menang.Tapi Rossi melakukan kesalahan kecil di lap 27 yang membuat Melandri mampu menyusulnya.Tapi Rossi yang tak mau kehilangan podium 1 balik mengovertake di lap 28.Di Last Lap ada momen dimana Melandri hampir bisa menyalip Rossi,tapi Rossi bisa bertahan hingga garis finish.Rossi finish sebagai juaranya.
 
4. Assen 2007 (Start Posisi 11,Finish Posisi 1)
Setelah kehilangan 2 ronde balap,Rossi mempunyai misi besar untuk mengejar point Stoner di Championship.Motor Rossi bermasalah dan memperoleh hasil kualifikasi yang buruk,sedangkan Stoner bisa start dari posisi 2.Harapan Rossi timbul saat dia melihat Stoner Crash di sesi Warm Up.
 
Di balapan ini motor Rossi terlihat menarik karena menggunakan Livery khusus FIAT 500.Ketika race berlangsung,Rossi sudah menemukan feeeling dan ritme yang bagus dari lap pertama.Satu demi satu rider di overtake hingga pada lap 12 Rossi sudah berada di posisi ke 2 di belakang Stoner.Race masih 14 lap lagi,tapi jarak waktu Stoner dan Rossi cukup jauh,mencapai 2 detik lebih.
 
 
Luar biasanya Rossi perlahan bisa memperpendek selisih waktu itu hanya dalam beberapa lap saja.Rossi melakukan percobaan overtake di beberapa sektor,namun masih gagal.Hingga akhirnya ada kesempatan emas di akhir lap 22.Pada tikungan Chicane,Rossi berhasil menyalip Stoner dan langsung memacu motornya dengan kencang.Rossi mempertahankan posisi itu sampai finish dan dan menjadi juara GP Assen 2007.
 
“Ini adalah balapan luar biasa.Saya pikir mungkin ini salah satu dari 5 race terbaik di karir Saya.” Kata Rossi
 
“Ketika Saya sampai di belakang Casey,Saya cukup lelah,begitu juga dengan ban.Dia mengendarai dengan baik dan sulit di lewati,tapi M1 Saya bekerja cemerlang karena dalam beberapa lap terakhir Saya bisa melewatinya dan menang.” Kata Rossi
 
5. Valencia 2015 (Start Posisi 26,Finish Posisi 4)
Rossi terkena sanksi setelah insiden Sepang Clash yang mengakibatkannya diberi penalti 3 poin karena bersenggolan dengan Marquez yang menyebabkan Marc jatuh.Sebelumnya Rossi sudah mendapat hukuman 1 poin ketika di anggap memperlambat laju Lorenzo saat kualifikasi Misano 2015.
 
Jika seorang rider mendapat penalti hingga mencapai 3 poin,maka dia harus start dari posisi terakhir.Rossi sempat mengajukan banding ke Race Director dan CAS,namun di tolak.Mau tidak mau Rossi harus memulai balapan dari posisi ke 26.Situasi menjadi menegangkan karena waktu itu selisih poin Rossi dan Lorenzo hanya 7 poin.Artinya Rossi harus finish di depan Lorenzo jika ingin juara dunia.
 
 
Selepas start Rossi langsung memacu motor dan tampil super agresif.Di lap pertama Rossi langsung menyalip beberapa rider.Satu per satu rider di overtake,bahkan motor Rossi hampir menyentuh motor Bradley Smith.Rossi sedikit terhambat karena perlawanan Aleix Espargaro.Di baris depan Lorenzo memimpin di ikuti Marquez dan Pedrosa.Rossi akhirnya sampai ke posisi 4,namun gapnya terlalu jauh dari 3 rider di depannya.
 
Pedrosa sempat memberi kejutan dengan menyalip Marc dan langsung di balas di tikungan berikutnya.Anehnya,Marquez tak sekalipun berusaha mengovertake Lorenzo hingga muncul dugaan konspirasi antara 2 rider Spanyol ini.Race selesai dengan Lorenzo sebagai juara.Rossi finish ke 4,namun dia kalah terhormat dan justru menjadi pusat perhatian.Bahkan walaupun tak menang,Rossi mendapat gelar “The People’s Champion”.
 
Ternyata Rossi bukan satu-satunya rider top yang pernah start dari baris belakang.Max Biaggi pernah juga start dari posisi 22 di Losail (2004) sebagai hukuman karena timnya juga ikut membersihkan grid 12,tempat dimana Biaggi akan memulai balapan.Biaggi memperoleh hasil kualifikasi dengan catatan waktu lebih lambat dari Rossi.Setelah terkena penalti,posisinya berubah menjadi ke 22.
 
Max Biaggi (Losail 2004)
 
Biaggi tampil cukup bagus di race dan finish di posisi ke 6.Yang tak kalah menarik adalah Marc Marquez.Di GP Valencia dia memulai balapan dari posisi 33.Sebenarnya saat sesi kualifikasi Marc berada di tempat ke 2.Namun karena terjadi insiden dengan Simone Corsi,maka Marquez dikenai penalti start dari paling belakang.Marquez di nilai menunjukkan cara membalap yang tidak bertanggungjawab.
 
Sebelumnya Marc pernah terlibat pula dalam insiden dengan Mika Kallio di Motegi.Membalap di sirkuit basah,Marc tampil sangat agresif.Bahkan dia sempat melakukan manuver berbahaya ke rider lain.Julian Simon yang tadinya memimpin jauh di depan terkejut karena Marquez tiba-tiba tepat di belakangnya dan akhirnya menyalipnya.
 
Marc Marquez (Valencia 2012)
 
Marc finish di podium pertama dan mencatat sejarah rekor overtake terbanyak dalam 1 balapan.Dia mengulangnya lagi di MotoGP Losail 2015.Saat start Marc melakukan kesalahan dan keluar lintasan sehingga turun ke posisi 25.Dengan susah payah dia mengejar dan mampu menyelesaikan balapan di urutan ke 5.

loading...

32 Comments

    • betul itu,pengalaman akan berbicara.Walaupun dari belakang startnya tapi bisa nyusul dan finish di depan
      Itulah kehebatannya Rossi 🙂

    • Rossi waktu itu start dari posisi ke 22 gan,nyalip sampai bisa finish di urutan ke 4
      Momen yg luar biasa,padahal yg juara dunia Lorenzo,tapi yg banyak di kerubungi penonton malahan Rossi 🙂

    • Yang penonton cari pasti Rossi.. mana Rossi? finish posisi berapa? segalanya Rossi terus hehehe..
      Klo nggk ada Rossi ibarat sayur garam gan,jadi hambar MotoGP-nya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*