Beda Negara Beda Juga Style Super Heronya

loading...
Haloo sobat media2give semua.. kalian sering kan melihat pahlawan super atau biasa di kenal dengan superhero? Udah pasti tau dong superhero apa yang kuat dan siap membela bumi? Ya,ada banyak sih kalau di sebutin satu-satu.Namun tak hanya karena penampilan dan keberaniannya saja yang bisa kita tiru,selain itu masih banyak hal-hal unik dan menarik yang dapat kita temukan,salah satunya soal kekuatan.

Setelah saya mencoba mengulik-ulik dan berdasar seringnya nonton tayangan superhero saya jadi terfikirkan soal kekuatan ini.Memang,tiap negara di dunia memiliki superhero yang berbeda-beda dan mempunyai ciri khas masing-masing.Sebagian lainnya muncul dari adaptasi,misalnya dari komik/anime yang di aplikasikan ke bentuk nyata.Di indonesia,kita mengenal pahlawan super seperti saras 008 dan panji milenium.Pernah nonton nggak? hehe.. ini tontonanku waktu jaman SD haha.. 


Dulu kepikiran kalau angka 008 itu cuma ikut-ikutan film luar negri aja (James Bond) yang terkenal dengan angka 007 nya,trus di pelesetkan orang indonesia jadi 008.Ternyata salah besar karena angka itu dari sponsor pembuat filmnya.Superhero indonesia memiliki cerita yang lebih simpel,menggunakan tema “pahlawan kebenaran”.Kayaknya sih lebih untuk tontonan anak-anak yah daripada di tonton orang dewasa.

Sampai dulu,aku masih inget kalo main sama temen sukanya pura-pura jadi astral/Mr Blek,musuhnya si saras haha.. Tokoh Pahlawan dari indonesia lainnya ada juga yang muncul dari cerita-cerita kerajaan seperti angling dharma,wiro sableng,ramayana,tutur tinular.Mereka juga bisa di sebut tokoh penegak kebenaran.
Lalu beralih ke negara tetangga,yang sama-sama dari benua asia yaitu jepang.Di negara ini superhero lebih dahsyat lagi.Penggarapannya dibuat memang benar-benar untuk memunculkan sosok pelindung negara jepang.Yang dulu lahir tahun 90an pasti udah pernah liat satria baja hitam kan? nah,itu salah satu superhero jepang yang terkenal.

Di jepang bahkan superhero di kategorikan ke beberapa jenis seperti Kamen Rider,Super Sentai (kalau di negara barat dikenal dengan power ranger),metalhero,ultraman dan other hero (untuk beberapa superhero yang tidak masuk ke 4 kategori tadi,contohnya: jiraiya,bycrosser).Sampai sekarang superhero jepang masih eksis karena memang industri hero di sana dikerjakan dengan serius.

Sementara di indonesia setelah era 90an,superhero sudah tidak muncul lagi dan beberapa waktu yang lalu barulah hadir kembali superhero bernama Bima Satria Garuda,dan ada juga superhero lain buatan komunitas pecinta tokusatsu indonesia.


Masih di negara asia lainnya,kali ini kita tengok ke negara cina.Disitu tidak banyak superhero yang bisa di temui tapi lebih banyak ke arah tokoh pahlawannya.Dulu di TV indonesia sering ditayangkan film-film laga mandarin yang di dalamnya terdapat pertarungan dengan jurus-jurus khusus.Nama-nama seperti Jackie Chen,Andy Lau,Stephen Chow,Jet Li,Bruce Lee adalah yang paling banyak diketahui penonton di indonesia.

Saya sendiri waktu kecil sering menirukan gaya mereka beraksi,walaupun hasilnya berbeda haha..Nah,disini ada hal yang membedakan antara superhero dari negara barat dan asia.Perbedaannya terletak dari cara bertarungnya.Superhero eropa lebih mementingkan strategi,teknologi,sains terbukti dari beberapa hero mereka banyak yang muncul akibat mutasi genetik seperti spiderman,hulk,x-man.

Sedangkan ironman,batman,transformer lebih ke arah teknologi.Ceritanya juga sulit di tebak jika kita tidak melihat filmnya dari awal.Terkadang penyebab terjadinya tidak dijelaskan sehingga penonton harus memahaminya sendiri,apalagi endingnya juga nggak selalu berakhir,maksudnya anti klimaks.


Contohnya ketika menghancurkan musuh,tapi di akhir scene masih ada yang belum mati dan mungkin akan muncul lagi di seri selanjutnya/memang tidak ada terusannya dan ceritanya mengambang di akhir.Soal jurus,superhero barat jarang sekali menyebutkan nama-nama jurus yang mereka miliki.Spiderman tak pernah mengatakan “rasakan jaring laba-laba superku ini”.

Mereka kalau mukul lawan ya langsung pukul aja,nggak perlu bilang nama-nama jurusnya.Lain halnya dengan di asia,superhero sepertinya semuanya punya jurus andalan,sebagian superhero ada yang disebut nama jurusnya saat bertarung,sisanya nggak dikatakan.Contohnya kalau di film mandarin,kita akan melihat jurus-jurus semacam jurus totokan,jurus mabuk atau juga jurus-jurus shaolin dan pendekar lainnya.

Jika di jepang,jurus-jurus ini biasanya sering di sebut namanya,misalnya di Kamen Rider jaman dulu sering meneriakkan kata “rider kick”,“rider punch” atau juga di serial hero lainnya,nama-nama jurus lebih sering di sebutkan.Mungkin ini yang membedakan hero barat dan asia.Di indonesia juga sama,jurus-jurus sering kita dengar di ucapkan oleh pendekar-pendekar kerajaan.Tidak ada yang salah dengan semua itu,toh tiap negara punya ciri khasnya sendiri-sendiri.Kita-kita sebagai penonton kan hanya menikmatinya saja sebagai sebuah hiburan