Diam-Diam Rossi Amati & Contek Gaya Balap Marquez

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya mau membahas info seputar MotoGP lagi,lebih tepatnya tentang aksi Rossi yang tidak banyak diketahui orang.Siapa sangka ternyata Diam-Diam Rossi Amati Dan Mencontek Gaya Balap Marquez.Ya,tidak bisa di pungkiri bahwa Marquez adalah Rider paling dominan di era MotoGP modern setelah musim 2013.Marquez bagaikan bintang terang dan asset berharga bagi Honda.

Sekalipun dia tidak terlalu mengerti soal teknis dan mesin,tapi keahliannya mengendalikan situasi membawa prestasi penting yang membawanya meraih gelar juara dunia.Marquez telah berubah lebih dewasa.Kini dia bisa membedakan kapan harus menang dan kapan harus mendulang poin di podium 2 atau 3.Misinya adalah menjadi yang terdepan dalam persaingan poin.

Sejak kehadirannya di MotoGP,banyak yang memprediksi jika Marquez kelak akan di nobatkan sebagai Legenda baru.Tanda-tandanya terlihat jelas,5 tahun terakhir,Marc sukses mengoleksi 4 titel Championship.Perpaduan RC213V dan gaya balap Marc menghasilkan senjata mematikan di lintasan.Agresifitasnya kerap menuai protes,tapi itulah Marquez.Sebelum muncul perseteruan dengan Rossi,Marquez merupakan fans Rossi.

Dia selalu meniru apa yang Rossi lakukan.Marc yang dulu adalah Marquez yang ingin sehebat Rossi.Di dunia balap,metode ATM (amati,tiru,modifikasi) memang lumrah dilakukan dan tak ada yang salah soal itu.Semua Rider pasti menganalisa kelebihan dari lawan-lawannya dan berusaha melakukan cara yang sama agar bisa menang lomba.Masih ingat dengan Last Corner GP Jerez 2013 dan Corkscrew GP Laguna Seca 2013? Apa yang Marquez lakukan?

Dia mencoba mengulang manuver fenomenal Rossi di masa lalu.Satu hal yang gila,meniru aksi overtake yang bahkan Rossi sendiri tidak pernah merencanakannya dan terjadi begitu saja di race.Namun Marquez bisa melakukannya,walaupun tidak serapi Rossi karena Marquez hanya ingin mencari momennya.Cara overtake Rossi pun dipelajari oleh Marc.Tak lupa,setiap masuk tikungan,Marquez selalu melakukan Leg Wave/menurunkan kaki ketika proses pengereman.

Sebetulnya ada banyak sekali yang Marc tiru dari seorang Rossi.Pembahasannya bisa kalian cek di artikel Saya sebelumnya tentang 16 Hal Yang Marquez Tiru Dari Valentino Rossi.Nah,tapi tak melulu Marquez meniru style Rossi.Sekarang justru gantian Rossi yang mengamati gaya balap Marquez.Bahkan Rossi mulai mencontek cara Marquez menikung dan mengambil Racing Line.Rossi bukanlah Rider idealis yang cuma ingin membalap sesuai gayanya saja.

Rossi sering melakukan pembaharuan dan adaptasi pada perubahan dan kebutuhan balapnya.Dia tidak sungkan untuk belajar dari Rider yang lebih muda darinya.Jika dulu Marquez yang suka meniru Rossi,kini giliran Rossi yang sering mencontek aksi Marquez.Tentunya tidak semua ya,hanya beberapa metode saja yang Rossi ambil ilmunya dari Marc.Contohnya saja posisi rebah di tikungan.Rossi ini tipe pembalap dengan gaya klasik.

Ketika menikung,posisi sikunya tidak terlalu dekat ke aspal dan posisi badan hanya sedikit condong ke bawah.Tapi ketika Rossi tau gaya Elbow Down yang ditunjukkan Marquez membawa pengaruh pada kecepatan di tikungan,maka Rossi pun ikut mencoba gaya itu.Dari tahun 2014,sedikit demi sedikit Rossi suka mencuri ilmu yang dimiliki Marquez.

“Marquez juga pernah mencontek cara balap Saya beberapa tahun lalu.Saya sedikit mengamati bagaimana dia membalap dan bagaimana laju Honda.Itu menarik untuk Saya.”

“Saya kira sebagian orang menganggap Saya sudah terlalu tua dan tidak lagi diperlukan dalam olahraga balap.Saya sering berpikir mungkin mereka benar.Tapi ketika semuanya berjalan lancar,Saya selalu punya motivasi untuk menang.Pikiran Saya kini menuju ke arah positif,kata Rossi.”

Tak cuma Rossi,pembalap lain pun tertarik pada Marquez.Ada yang meniru gaya Swap Jump Marc ketika berganti motor.Kenapa semua tertuju pada Marquez? Sebab dialah Rider yang banyak menjuarai race selama 5 tahun belakangan ini.Rossi tetap mempertahankan Riding Stylenya dengan beberapa modifikasi sesuai era 1000cc kini.Jika diperhatikan,pastinya tidak akan sama cara membawa motor Rossi dan Marquez.Rossi tidak mungkin mencontek gaya Marc 100%.Itu nampak pada perbedaan cara pengereman.

baca : Perbedaan teknik mengerem dengan jari di MotoGP

Rossi biasa menghentikan laju motor dengan mengandalkan rem depan.Rossi sering menggunakan tiga jari saat menekan tuas rem (Three Finger Braking).Makin banyak jari yang digunakan,maka tenaga yang dibutuhkan tidak terlalu besar.Lain dengan Marc yang fokus dengan rem belakang ketika berhenti di tikungan.Marc sengaja menekan kuat-kuat rem belakang hingga ban Sliding,lalu di ujung tikungan dia menekan rem depan secara kuat dan singkat memakai 1 jari (One Finger Braking).

Akibatnya ban belakang akan terangkat.Namun saat memulai buka gas,ban depan tidak akan Wheelie.Selain metode pengereman,gaya menyalip Rossi dan Marquez berbeda.Kendati Rossi hobi melakukan Late Braking,dia pandai mencari posisi terkuat saat duel di tikungan.Gaya klasiknya mendorong Rossi menyalip lawan dengan rapi dan berusaha menghindari senggolan/kontak fisik.Sementara Marquez malahan mencari senggolan untuk bisa melewati lawan.

Tak heran banyak pembalap yang jadi korban seruduk Marc.Pun begitu,Rossi tetap senang memantau gaya Marc.Rossi sempat mempraktekannya di sesi kualifikasi GP Mugello dan hasilnya positif.Rossi berhasil merebut Pole Position.Rossi tidak berpikir jika aksi mencontek itu dilarang.Semua sah-sah saja,selama itu bagus untuk perkembangan balapnya.Apakah Rossi juga akan meniru/mencontek aksi Save Crash Marquez? Hmm… menarik di tunggu ya.

loading...
loading...
loading…


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*