22 Cedera Yang Pernah Dialami Dani Pedrosa

loading...

Haloo sobat media2give^^ Pada kesempatan ini Saya mau sharing info unik tentang MotoGP,yaitu seputar 22 Cedera Yang Pernah Dialami Dani Pedrosa.Boleh dibilang Pedrosa adalah Top Rider dengan nasib paling tidak beruntung di MotoGP.Sudah 13 tahun menapaki karir,berjuang dengan tim terbaik,namun gelar juara dunia tak kunjung datang.Karir Pedrosa di rintis sejak tahun 2001.GP Suzuka 2001 menandai penampilan pertamanya di ajang balap professional.

Ketika itu Pedrosa masih turun di kelas 125cc dan bergabung dengan Telefonica MoviStar Junior Team dan menggunakan motor Honda RS125R.Musim perdananya,Pedrosa mampu menempati posisi 8 klasemen akhir.Padahal waktu itu banyak pembalap senior yang lebih dulu punya pengalaman dibanding dirinya seperti Toni Elias,Manuel Poggiali,Youichi Ui,Stefano Perugini dan Lucio Cecchinello.Pedrosa juga sempat merasakan battle dengan Casey Stoner yang tergabung di tim yang sama.

Namun Stoner tidak tampil penuh satu musim,melainkan cuma dalam 2 race saja.Di tahun ketiganya,Pedrosa berhasil merengkuh gelar juara dunia untuk pertama kalinya.Honda tidak salah menjadikannya sebagai gacoan di kelas 125cc.Naik ke kelas 250cc,bintangnya makin bersinar.Tak butuh waktu lama,hanya di musim pertama saja dia langsung merebut gelar juara dunia kelas 250cc.Luar biasanya lagi,dia mempertahankan gelar itu di musim berikutnya.

Prestasi ini jelas membuat Honda mantap memilihnya sebagai Rider utama di Honda Repsol tahun 2006,berpartner dengan Nicky Hayden.Berstatus Rookie,tak membuat nyalinya ciut.Malahan Pedrosa bisa menorehkan pencapaian yang bagus dengan 2 kemenangan dan 8 podium dari 18 kali balapan.Pedrosa ini terkenal cepat dan susah di kejar bila sudah memimpin sendirian di depan.Dia memiliki kemampuan start sempurna.Hal ini dibenarkan oleh Elias yang pernah jadi rekan 1 tim Pedrosa di tahun 2001.

“Saya sangat kenal dengan gaya balap Pedrosa karena Kami pernah satu tim.Saya juga mengikuti karirnya beberapa tahun terakhir.Pedrosa itu pembalap dengan ketepatan,elegan dan cepat.Saya senang melihatnya diatas motor,kata Elias.”

Lalu dengan kemampuan yang hebat itu kenapa Pedrosa kesulitan mendapatkan titel di MotoGP? Sebenarnya jawaban dari pertanyaaan itu bisa kalian temukan pada artikel Saya sebelumnya tentang 3 Faktor Penghambat Pedrosa Juara Dunia MotoGP.Pedrosa memang cepat,gesit dan sulit di kejar jika sudah berlari di depan sendirian.Walau begitu The Little Spaniard punya musuh yang dia takuti dan senantiasa menghantui karir balapnya.

Siapakah dia? Apakah Valentino Rossi atau Marc Marquez? Bukan sama sekali.Ternyata sesuatu yang mengganggu mimpi Pedrosa di balapan adalah cedera.Bertolak belakang dengan Marc Marquez yang jarang mengalami cedera fatal,Pedrosa justru acap kali bermasalah dengan cedera.Dia termasuk pembalap yang sangat gampang cedera.Hmm kok bisa ya? Fisik Pedrosa yang tidak tinggi dan berpostur kecil menyebabkannya sering di hampiri cedera.

Pedrosa ini kalau di MotoGP paling pendek dan kecil.Tingginya cuma 160 cm saja.Ketika jatuh,Pedrosa berkali-kali salah posisi dan membuat tubuhnya terluka.Banyak race yang dia lewatkan karena cedera.Banyak poin pula yang melayang dan menyulitkannya juara dunia MotoGP.

Daftar Trek Pedrosa Absen Race

[2003] – GP Phillip Island, GP Valencia

[2008] – GP Laguna Seca

[2010] – GP Motegi, GP Sepang, GP Phillip Island

[2011] – GP Catalunya, GP Silverstone, GP Assen

[2013] – GP Sachsenring

[2015] – GP Jerez, GP Austin, GP Argentina

[2016] – GP Motegi, GP Phillip Island, GP Sepang

Cedera pertamanya terjadi di kelas 125cc pada balapan seri Phillip Island 2003.Sementara di kelas MotoGP,GP Sachsenring masih meninggalkan memori kesedihan akibat Crash hebat Pedrosa,bahkan dengan kejadian yang dramatis.Ketika tengah memimpin 7,5 detik di depan,Pedrosa secara mengejutkan tersungkur ke aspal dengan kecepatan 240 km/jam.

Dia terpaksa absen di sesi Free Practice 3 GP Laguna Seca dan pihak Honda mengkonfirmasi Pedrosa tidak ikut dalam balapan di sirkuit Laguna Seca.Cedera Pedrosa nampaknya cukup serius.Dia mengalami retak jari telunjuk kiri dan memar pada jari tengah,di tambah memar di pergelangan kaki kanan dan lutut kiri.Gara-gara kerap cedera,Pedrosa sampai berkorban untuk tidak melakukan aktivitas favoritnya,bermain ski dan motorcross.

“Sepanjang karir Saya memakai Motocross sebagai metode latihan.Namun kemudian Saya pikir olahraga itu terlalu berbahaya,sebab Anda bisa mengalami kecelakaan dengan mudah.Saya tak mau mengambil risiko tinggi,kata Pedrosa.”

Selama 18 tahun menjadi Rider Honda,tubuh Pedrosa sudah di penuhi dengan berbagai luka.Meja operasi dan penyembuhan sudah menjadi bagian dari pahitnya risiko yang harus di tanggung oleh seorang pembalap.Setidaknya ada 22 cedera yang pernah di derita Pedrosa.Sebagian diantaranya mempengaruhi performanya di balapan.Sayangnya,dia mendapat cedera di momen yang tidak pas.Saat penampilannya bagus,Pedrosa malah kena cedera.Kira-kira bagian tubuh mana saja yang pernah cedera? Berikut informasi dan data lengkapnya.

CEDERA 125cc

» Retak tulang maleolus pergelangan kaki kanan (125cc Phillip Island 2003)

» Retak tulang tibia (tulang kering) kiri (125cc Phillip Island 2003)

» Retak talus kaki kiri (125cc Phillip Island 2003)

CEDERA 250cc

» Sindrom kompartemen lengan tangan kanan (250cc Estroril 2004)

» Retak tulang bagian kepala humerus di bahu kiri (250cc Motegi 2005)

CEDERA MOTOGP

» Luka dalam di lutut kanan (MotoGP Sepang 2006)

» Sindrom kompartemen lengan tangan kiri (MotoGP Valencia 2006)

» Lumbar trauma pinggang (Tes MotoGP Catalunya 2008)

» Patah tulang metakarpal kedua tangan kanan (Tes MotoGP Sepang 2008)

» Retak tulang besar pergelangan tangan kiri (MotoGP Sachsenring 2008)

» Memar sendi interphalangeal proksimal dari jari ketiga tangan kiri (MotoGP Sachsenring 2008)

» Retak falang distal yang membesar dari jari telunjuk kiri (MotoGP Sachsenring 2008)

» Memar di bagian medial lutut kiri (MotoGP Sachsenring 2008)

» Memar ligamentum eral luar dari pergelangan kaki kanan (MotoGP Sachsenring 2008)

» Kehilangan zat padat di lutut kiri (Tes MotoGP Losail 2009)

» Sobek pada bagian pinggul (MotoGP Mugello 2009)

» Patah tulang klavikula kanan (MotoGP Le Mans 2011)

» Patah tulang klavikula kiri (MotoGP Motegi 2010 dan Sachsenring 2013)

» Syok traumatis (MotoGP Sachsenring 2013)

» Trauma cedera otak (MotoGP Sachsenring 2013)

» Sindrom kompartemen lengan tangan kanan (MotoGP Jerez 2014)

» Sindrom kompartemen lengan tangan kanan (MotoGP Losail 2015)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*