3 Kesalahan Buat Marquez Dicap Berbahaya Untuk MotoGP

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya mau berbagi informasi mengenai MotoGP.Lebih tepatnya soal insiden yang membuat Marquez dianggap kelewatan batas saat membalap.MotoGP seri ke 2 yang di gelar pada sirkuit Termas de Rio Honda,Argentina memunculkan kesan yang kurang baik bagi Marquez.Ya,gara-gara 3 Kesalahan Buat Marquez Dicap Berbahaya Untuk MotoGP.Bukan rahasia lagi jika Riding Style Marquez ini disebut sebagai gaya balap kontroversial.

Agresifitasnya sering menimbulkan protes dari Rider yang dia overtake.Sebab,Marquez terlampau sering melakukan kontak fisik seperti menyenggol,menyodok motor di depannya ataupun menabraknya sampai Crash.Musim ini Marquez sebenarnya ingin membalap lebih sabar dan berusaha mengendalikan dirinya.Tapi yang namanya pembalap,bila sudah di trek,semuanya dapat berubah diluar perkiraannya karena kondisi balapan di MotoGP berjalan tak menentu.

Faktor cuaca,aspal,angin dan suhu lintasan berdampak besar pada performa motor saat saling berpacu.Tensi pun bisa ikut meningkat saat para pembalap berusaha jadi yang terdepan untuk meraih hasil maksimal.MotoGP Argentina menyuguhkan aksi mendebarkan dan diwarnai kejadian-kejadian tak terduga.Balapan sempat tertunda karena alasan Safety Condition.Hampir semua pembalap masuk Pit dan mengganti ban ke Slick,kecuali Jack Miller yang sejak awal sudah memakai ban Slick.

Karena mengganti ban,semua pembalap kecuali Miller harus memulai start dengan turun 2 baris atau 6 Grid dari posisi start normal mereka.Seusai Warm Up,tiba-tiba mesin motor Marquez mati dan disinilah awal bencana yang membuat Marquez terkena masalah berarti hingga mempengaruhi hasil akhir balapnya.Di tengah lomba sempat terjadi duel sengit antara Miller,Zarco,Rins dan Crutchlow.

Zarco malah sempat membuat Pedrosa Crash karena aksi menyalipnya yang sedikit memaksa.Sementara Rider hebat dari Tim Pabrikan seperti Dovizioso,Rossi dan Vinales tak berkutik dan hanya berkutat di baris tengah akibat problem pada settingan motor yang belum menemukan kecocokan pada karakter trek Termas de Ri Hondo.Balapan ini di menangkan oleh Cal Crutchlow yang sukses menggusur Zarco di lap-lap akhir.

Tapi perhatian utama tetap tertuju pada Marquez.Kenapa? Marquez melakukan 3 kesalahan besar yang membuatnya di ganjar penalti oleh Race Director dan finish tanpa mendapat point sedikitpun.Bahkan yang lebih menyedihkan,Marquez membalap dengan cara yang terlalu agresif dan dinilai Race Director sebagai tindakan tidak bertanggungjawab.

3 Insiden Berakibat Penalti Karena Aksi Marquez :

1. Melanggar Regulasi Start

Waktu race akan berjalan,Marquez mendapati masalah dengan mesin motornya yang mendadak mati.Merasa panik,Marc mencoba mencari cara agar Engine RC213V bisa hidup lagi.Marc beranjak dari motor lalu mendorong motornya ke depan sambil menyalakannya,berharap mesin motornya masih bisa hidup.Mau tidak mau,race kembali delay.Semua Rider menunggu Marc.

Dalam regulasi MotoGP,jika salah satu motor pembalap mati ketika start akan mulai,maka Rider tersebut harus pergi ke Pit Lane dan memulai start dari sana.Namun Marquez ini ngeyel,sampai ada 2 Race Director yang melarangnya melakukan tindakan mendorong motor dan menyuruh Marc menuju Pit Lane.Tapi sesaat kemudian mesin motor Marc hidup.

Gestur Protes 4 Rider Pada Marquez

Dia bergegas balik ke Grid sesuai urutan startnya.Rider lain yang merasa terhambat karena Marc merasa kesal.Jack Miller,Maverick Vinales,Pol Espargaro dan Cal Crutchlow sampai mengangkat tangan dan menunjukkan gestur emosi dan frustasi pada Marc.

Lap ke 4 muncul pesan peringatan investigasi dari Race Director terkait Race Start Marquez.Ini akan menentukan apakah Marquez dinilai bersalah atau tidak.Aksi Marquez yang tidak biasa itu mendapat sorotan penting,terutama kenapa dia tidak mengikuti peraturan start yang sudah ada.

Balapan di Argentina ini cukup absurd.Belum lama lomba bergulir,White Flag sudah berkibar.Bendera putih merupakan tanda diperbolehkannya pembalap untuk Swap Bike/ganti motor dengan ban lain,sebab Race Director memantau kondisi cuaca yang kemungkinan hujan akan turun.

2 Lap kemudian hukuman penalti Ride Through benar-benar dijatuhkan pada Marquez.Informasi dikirim ke Dashboar motor Marc.Bila sudah melihat peringatan ini,Marquez mesti masuk Pit di lap selanjutnya.Ini cukup merugikan,sebab Marc dalam posisi memimpin race.Apalagi di Pit Lane kecepatan motor dibatasi maksimal 40 km/jam.

2. Menabrak Aleix Espargaro

Ketika keluar dari Pit Lane,posisi Marc melorot ke urutan 19.Kondisi ini memaksanya tampil lebih ganas untuk mengejar gap waktu.Marquez keluar lagi sifat aslinya.Berusaha menyusul dari belakang,Marc berhasil mendekati Espargaro.Bukannya melakukan overtake secara normal,Marc justru menyalip dengan kencang.

Dia terlalu cepat masuk di celah sempit di sisi kanan Espargaro.Motor Marc menyeruduk bahu Aleix.Aleix pun menutup lututnya karena ban Marquez juga mengarah ke lutut Aleix.Motor Marc terus mendorong motor Aleix dan membuatnya melebar jauh dari Racing Line.

Di 14 Lap tersisa,Marc menerima hukuman penalti ke 2 bertuliskan CHANGE POS +01.Ini maksudnya adalah Marc diberi instruksi oleh Race Director untuk turun 1 posisi dengan membiarkan 1 Rider di belakangnya untuk melewatinya.Penalti dijatuhkan akibat manuver berbahaya Marc ke Aleix.

Marquez mengangkat tangan dan memberi jalan pada Morbidelli yang ada di belakangnya agar bisa menyalipnya sesuai aturan penalti.Disini konsentrasi dan fokus membalap Marc makin kacau.Target menang semakin berat.Terlalu agresif pun berbuah kerugian baginya.

Dalam tayangan Replay,kamera menangkap manuver Marc saat menyalip Nakagami.Rupanya dia juga masuk tikungan terlalu liar,menyebabkan Nakagami kehilangan Racing Line dan menegakkan motor lebih cepat sehingga melebar keluar tikungan.

3. Menjatuhkan Rossi Di Turn 13

4 Lap terakhir Marquez mampu semakin mendekati baris depan.Marquez mendorong motornya lebih keras sampai berada tepat di belakang Rossi yang waktu itu menempati posisi 6.Marc berniat merebut posisi Rossi.Marquez menguntit Rossi sebentar dan begitu melihat ada ruang untuk menyalip,Marc secepat kilat masuk.Tapi Rossi sudah menyadari hal itu dan berusaha untuk menjaga Racing Linenya.

Marquez yang datang dengan kecepatan tinggi langsung menghajar motor Rossi.Keduanya berusaha bertahan diatas motor yang mengarah ke tepian trek.Marquez tidak langsung menjauh dari Rossi dan menutup space bagi Rossi yang ingin kembali ke tengah lintasan.Melihat tidak ada ruang,Rossi kembali mengerem dalam posisi miring.Ban depannya tergelincir ke Gravel yang licin dan membuat dia Crash.

Marquez cuma menengok ke arah Rossi dan mengangkat tangan untuk minta maaf.Marquez pergi menjauh meninggalkan Rossi yang bereaksi negatif.Rossi terlihat kesal atas perilaku Marquez.Di akhir race Marquez yang sukses finish di urutan 5 harus rela sekali lagi terkena penalti.Kali ini penalti tambahan waktu 30 detik akibat menunjukkan

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*