Menyelidiki Lokasi Syuting Video Klip Peterpan “Yang Terdalam”

loading...

Haloo sobat media2give^^ Ketemu lagi nih dengan kalian di posting ini.Sekian lama nggak update,pada kesempatan ini Saya akan kembali berbagi informasi menarik.Menyelidiki Lokasi Syuting Video Klip Peterpan “Yang Terdalam.Yap,kurang lebih disini nanti bakalan kita ulik-ulik bersama soal tempat syuting video klip Peterpan.Peterpan,nama band fenomenal yang sempat mengguncang jagad hiburan dan industri musik Indonesia di era 2000-an.

Peterpan muncul setelah jaman kejayaan Sheila On7 pada tahun 90-an.Mengusung aliran Pop/Rock alternatif,Peterpan berhasil menambah warna baru di belantika musik.Bahkan kesuksesan ini membawa ke 6 personelnya untuk mencapai puncak karir di level tertinggi.Ariel,Andika,Indra,Uki,Lukman dan Reza merupakan kombinasi musisi yang mampu menghasilkan karya terbaik untuk menggebrak dunia musik Indonesia.

Lagu-lagunya banyak disukai oleh masyarakat karena umumnya lagu Peterpan selalu disertai dengan lirik puitis dan nada-nada yang easy listening dan tentunya kental dengan ciri khas warna musik ala Peterpan.1 September 2000 merupakan awal langkah Ariel dkk menjadi pemusik professional,sebab pada momen itulah Peterpan pertama kali terbentuk.Nama Peterpan diambil dari nama sebuah warung sate tempat Andika dan ibunya makan.

Konon,mereka tengah melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung.Di tengah jalan Andika dan ibunya mampir ke warung sate.Warung itu rupanya memiliki nama unik “Peterpan” yang akhirnya memunculkan ide pada Andika untuk memakai nama Peterpan pada bandnya.Tahun 2001 Peterpan mulai aktif menjadi Home Band dari kafe ke kafe di Bandung,seperti kafe O’Hara dan Sapu Lidi.

TITIK MULA PETERPAN BERSINAR

Waktu itu Peterpan belum punya lagu sendiri dan lebih sering memainkan lagu barat dari Nirvana,Pearl Jam,Coldplay,U2 dan Creed.Tujuan utama Peterpan ini aslinya hanyalah menjadi band pengisi tetap di kafe.Namun takdir berkata lain saat Noey,basis Java Jive menyaksikan penampilan Peterpan di kafe Sapu Lidi.Kebetulan saat itu Noey sedang mencari band untuk mengisi album kompilasi Kisah 2002 Malam.

Noey memberi tawaran pada Peterpan dan disetujui hingga akhirnya Peterpan mengirimkan 3 demo lagu yaitu Mimpi Yang Sempurna,Kita Tertawa dan Taman Langit.Setelah di seleksi,di pilihlah Mimpi Yang Sempurna untuk masuk ke album kompilasi.Tak diduga berkat lagu ini,album itu laku keras dan penjualannya mencapai 150.000 kopi.Peterpan mulai dikenal hingga mendapat kesempatan manggung di TV pertama kali untuk mengisi acara ulang tahun TransTV pada 15 Desember 2002.

Di tahun 2003,mengetahui band ini sangat berpotensi untuk sukses,perusahaan rekaman Musica Studio pun mengontrak Peterpan.Album pertama Peterpan bertajuk Taman Langit rilis di bulan Juni 2003.Penjualannya meledak hebat,menembus angka 650.000 kopi.Akibat keberhasilan itu,Peterpan mendapat penghargaan Multi Platinum untuk album Taman Langit.

KISAH LAGU YANG TERDALAM

Nah,salah satu lagu di album Taman Langit yang paling berkesan di hati adalah Yang Terdalam.Pasti kalian juga setuju kan kalau lagu ini ngena banget dihati? Lagunya memang bagus dengan iringan musik yang santai namun dipenuhi dengan kenangan mendalam seperti judul lagunya sendiri.Lagu ini mampu membuat siapa pun larut dalam kisah yang di hadirkan di dalamnya.

Lagu Yang Terdalam mengisahkan sebuah rasa sayang terhadap seseorang.Rasa sayang yang berbalut tanya,apakah rasa ini salah? dan apakah salah untuk menanti dan berharap dia mencintaiku? (Mungkinkah jika aku bermimpi? Salahkah tuk menanti?).Rasa cinta yang sangat dalam,bahkan rela di tunggu sekalipun itu penantian yang lama (Hingga saat kau tak kembali, Kan ku kenang dihati saja).

Tapi akhirnya cinta itu hilang dan mati karena perasaan sayang yang tak terbalas.Cukuplah hanya sekedar kenangan yang disimpan dihati saja.(Kau telah tinggalkan hati yang terdalam,Hingga tiada cinta yang tersisa di jiwa).Hmm,bisa bikir baper juga kan mendengar lagu ini? hehehe…

LOKASI SYUTING VIDEO KLIP

Selain lagunya yang menyentuh hati,ada hal lain yang menarik dari pembuatan lagu Yang Terdalam.Apa itu? Sudah pasti Lokasi syuting video klipnya.Kenapa ini menarik? Soalnya banyak yang penasaran,dimana sih tempat syuting video klip Yang terdalam? Sebagian Sahabat Peterpan mungkin udah tau ya,sebab beredar informasi jika lokasi syuting video klip itu ada di daerah Menteng,Jakarta.Lebih tepatnya lagi di daerah Sabang.Apa benar disitu? Biar nggak penasaran,yuk kita telusuri lebih dekat ke TKP hehehe…

Disini Saya mencari info dengan bantaun Google Map untuk mencocokkan lokasi dengan yang ada di video klip.Saya mencari tau berdasarkan petunjuk/clue nama-nama toko yang terbaca di video klip Yang Terdalam.Yah,semacam jadi detektif gitu lah hahaha… Seperti yang kita tau daerah Sabang atau yang lebih dikenal dengan Jln. H. Agus Salim itu banyak berjejer toko-toko karena memang disitu adalah kawasan ruko.

Pertama,untuk meyakinkan apakah benar lokasinya di Menteng,Jakarta mari kita cek gambar berikut ini :

Gambar 1

Lihat disitu ada Ariel yang nongol dari sebuah tikungan.Dilihat dari lokasi,itu merupakan perempatan.Terdapat lampu merah dan papan petunjuk jalan (dilarang belok kanan).

Gambar 2

Perhatikan baik-baik,ada bajaj yang lewat di belakang Ariel.Ok,berarti benar ya ini di Jakarta? Yap,di Indonesia tahun 2003-2004 dimana lagi ada bajaj kalau bukan di Jakarta? hehehe.. Sip,udah fix lokasi syutingnya memang di Jakarta.

Gambar 3

Ariel mulai berjalan dan dibelakangnya kelihatan papan dengan tulisan BIKIN KUNCI Jln. H. Agus Salim 56 A.Nah,dari petunjuk itu Saya mulai ngecek di Google Map.Dan ketemulah nama tokonya.Coba bandingkan,gambar disisi kanan itu lokasi toko sekarang.Cocok kan? Lihat baik-baik gambar kanan dan kiri,ada lampu merah dan papan nama toko.

Gambar 4

Rupanya Toko itu bernama TOKO JAYA,spesialis BIKIN KUNCI.Kalau di gambar video klip alamatnya agak burem,di Google Map terlihat jelas.Jika di ketik TOKO JAYA Jakarta,maka akan muncul gambar seperti diatas.TOKO “JAYA” BIKIN KUNCI Jln. H. Agus Salim 56 A.

Gambar 5

Scene selanjutnya adalah kamera yang berpindah fokusnya setelah tadinya menyorot Ariel yang berjalan beberapa meter,kini pindah fokus ke Lukman yang sedang menyeberang jalan.Ariel menjauh dari sorotan kamera.

Gambar 6

Ariel sudah hilang dari kamera.Kemana dia? Yang jelas sosoknya sengaja di hilangkan sementara karena kamera gantian menyorot Lukman.Di belakang Lukman nampak sebuah Foto Studio bernama DUNIA KITA.Di Jakarta Studio Foto itu masih ada,alamatnya di Jl. H. Agus Salim 48 A,Menteng.

Gambar 7

Apa bener itu Studio Foto yang ada di Jakarta? Iya jelas,bisa dilihat kok dengan membandingkan foto di sebelah kanan dan kiri.Area Foto Studio DUNIA KITA itulah batas dimana dalam video klip terjadi pergantian objek yang di sorot dari Ariel ke Lukman.

Gambar 8

Biar makin jelas,coba lihat dengan teliti nama Foto Studio di Jakarta ini? Sama persis kan dengan yang nampak di video klip Yang Terdalam? Cuma sekarang bentuk Studionya agak beda dikit,tapi namanya tetap sama seperti dulu.

Gambar 9

Ini scene dimana Lukman udah sampai di seberang jalan.Kamera menangkap sebuah toko lagi yang tulisannya samar-samar.Kalau kalian bisa baca,toko itu tertulis nama ADI WARNA.Kita cocokkan lagi dengan Map,ternyata ADI WARNA letaknya persis di samping Foto Studio DUNIA KITA tadi.

Gambar 10

Kamera pindah lagi bergeser ke samping dan tiba-tiba Ariel muncul dari kiri.Hmm,jadi Ariel tadi ngilang pindah kesitu ya? hehehe… Adegan berikutnya Ariel berjalan beberapa meter lalu dia belok menyeberang jalan dan fokusnya ganti ke Reza dan Uki yang nongol dari kiri.Tak berselang lama giliran Andika yang muncul dari kiri di depannya Reza dan Uki.

Gambar 11

Indra pun ikutan muncul dari kiri,pas di depan kamera.Andika yang ada di belakangnya ikut jalan bersama Indra.Disitu keliatan nomor 53 di salah satu bangunan.Nomor 53 menandakan kalau posisi mereka berdiri ada di Jln. H. Agus Salim 53.

Gambar 12

Lagi-lagi Ariel nongol dari kiri kamera,sementara Andika masuk ke salah satu toko.Ariel tadi kan nyeberang ya? Kok munculnya dari kiri lagi ya? Memang gitu konsep video klip ini,menyorot 1 orang sampai titik tertentu dia ngilang dan ada orang lain yang muncul lalu ngilang juga dan orang pertama tadi muncul kembali di depan orang yang hilang dari sisi kiri kamera.Endingnya Ariel berhenti karena ada yang nelpon,kemudian dia mengambil HP di saku jaket dan menjawab panggilan di Hpnya.

Gambar 13

Nah ini scene akhir video klip itu,kamera menyorot Ariel yang makin lama makin jauh dan kameramen menggeser kameranya ke kiri hingga menyorot tempat jualan Stempel.

Gambar 14

Perhatikan lagi di gambar terakhir,terlihat ada tempat jualan Stempel YEYE.Setelah di cek di Google Map,Stempel YEYE masih ada,lokasinya tidak jauh dari tempat Ariel terakhir berdiri tadi.

Gambar 15

Liat posisi berdiri Ariel.Kira-kira dimana itu pasnya? Di video klip,Ariel melewati 2 warung sebelum berhenti.Kalau di Map,kira-kira di gambar kanan itulah posisi Ariel berdiri saat mengangkat telepon.

RUTE PERJALANAN

Kalau kalian pengen tau sejauh apa lokasi yang dipakai syuting video klip,kalian bisa cek pada gambar berikut ini.Ini adalah rute yang digunakan/disorot kamera selama pembuatan video klip.

Kita mulai dari lokasi awal.Lokasi awal adalah di perempatan saat Ariel pertama muncul (perempatan Jln. H. Agus Salim).Lihat Pin merah bawah… Ariel jalan sampai ke Jaya Toko,lalu lanjut lagi sampai Dunia Kita.Sampai di Dunia Kita,giliran Lukman yang disorot dan kamera pindah ke seberang jalan.Rute berikutnya dari seberang jalan Dunia Kita,lurus kedepan dimana Reza,Uki,Andika dan Indra muncul.

Terus jalan sampai Jln. H. Agus Salim 53.Lihat lagi Gambar 11 sebelumnya.Di temboknya ada nomor 53 kan? Nah dari situ kita tau batas dimana Ariel muncul lagi dari kiri kamera.Beberapa meter di depan toko dengan angka 53 Andika masuk toko kan? Yap,berarti Ariel ngilang di Foto Studio DUNIA KITA tadi dia nongolnya di toko di samping Jln. H. Agus Salim 53.Nah,kalau jalan ke depan lagi akan mentok sampai pertigaan Jln. H. Agus Salim 47.

Disitulah ada tempat jualan Stempel YEYE.Dan disitulah ending video klip ini.Jadi area yang dipakai syuting itu mulai dari Lokasi Awal (Jln. H. Agus Salim 56) sampai Foto Studio DUNIA KITA dan belok kanan (menyeberang jalan),lanjut lurus sampai Jln. H. Agus Salim 57 (tempat Stempel YEYE).

Udah jelas kan bagaimana lokasi syuting video klip Yang Terdalam sebenarnya? ^^ Semoga info ini bermanfaat buat kalian yang ingin tau pasti kondisi lokasi syuting pembuatan video klip Peterpan di daerah Menteng.

loading...
loading...
loading…


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*