Cara Mudah Capture GIF Animasi Dengan GifCam

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya akan membagikan informasi penting tentang Cara Mudah Capture GIF Animasi Dengan GifCam.Ngerti nggak apa itu GIF? Hmm,sepertinya sudah pada hafal ya dengan format gambar yang satu ini.GIF berupa animasi gambar bergerak biasanya digunakan untuk berbagai keperluan dan mudah di temukan di media sosial,forum dan web online.

Fungsinya dari format GIF ini bermacam-macam,mulai dari sekedar untuk seru-seruan (untuk MEME),pemanis tampilan,media untuk memperjelas informasi dan alat promosi bisnis.Penggunaan GIF ini tergantung dari tujuan pengguna.Di dunia usaha GIF sering dipakai dalam wujud banner iklan untuk memasarkan suatu produk.Lebih dari itu,bagi penulis konten di blog/konten video creator YouTube,GIF dapat digunakan untuk membuat tutorial tertentu.

Misalnya saja tutorial mengedit,menciptakan gambar dan petunjuk/urutan langkah-langkah memakai aplikasi,seperti bagaimana cara menginstall dan menggunakannya dengan benar.GIF atau Graphics Interchange Format pada dasarnya merupakan format grafis yang acap kali di jumpai untuk kebutuhan desain website.Dibanding format gambar JPEG,GIF memiliki kombinasi warna lebih sedikit.

Namun mampu merecord background dan menyimpan dalam bentuk animasi.GIF bekerja dengan metode kompres dengan CompuServe.Format GIF hanya dapat menyimpan gambar 8 bit saja.Format seperti ini adalah standar yang biasa dipakai dalam publikasi online.Karena support dengan pemakaian Multiple Bitmap,maka GIF dapat menghasilkan gambar animasi.Proses kompres pada GIF dinamai dengan sebutan Lossless Compression.

Artinya GIF akan membuat file sekecil mungkin lewat proses kompres dan meminimalkan perubahan sehingga kualitas gambar relatif tidak berkurang banyak.Dibanding format video,GIF lebih irit Space Bandwith.Oleh karena banyak pembuat tutorial memilih memakai GIF daripada mengupload video di website.Di media kini GIF marak bermunculan.Rata-rata bentuk GIF itu diambil dari potongan adegan dan scene film/video.

Lalu apakah bisa membuat Screen Capture menjadi GIF? Ya,jelas bisa.Output Capture nantinya akan berubah menjadi format GIF sehingga dapat bergerak.Contohnya saja merekam gerakan di layar monitor dan merekam video menjadi GIF.Untuk melakukannya dibutuhkan aplikasi Capture GIF Animations.Nah disini Saya akan bagikan aplikasi yang sederhana dan mudah dipakai.Apa itu? GifCam namanya.

Dari semua software Screen Capture GIF yang pernah Saya coba,GifCam adalah salah satu yang paling simple.Mungkin bisa dibilang ini aplikasi paling gampang digunakan bagi orang awam/yang tidak terlalu mengerti tentang mengedit gambar.GifCam tampil dengan Interface Transparent Window dan memungkinkan kita untuk mengcapture GIF.Saat digunakan akan muncul bingkai di layar.Target Capture bisa di tentukan pada area tengah aplikasi ini.

Kelebihan :

» Support High dpi Display

» Dapat dipakai pada OS Windows (Win XP,Win Vista,Win 7,Win 8 dan Win 10)

» Mendukung sistem 32 bit dan 64 bit

» Software Portabel tanpa perlu Install

» Fitur Add Delay untuk menghapus duplikat Frame

» Ukuran aplikasi kecil (1.56 MB)

» Tidak makan banyak Memory

Download GifCam Screen Capture

Cara Menggunakan :

1. Buka GifCam terlebih dulu

2. Atur ukuran Windows dengan Drag bagian ujungnya sesuai objek Capture

3. Klik tanda panah kebawah di bagian menu Rec

4. Pilih FPS sesuai kebutuhan (makin besar kualitas makin bagus)

FPS = Frame Per Second/jumlah frame yang di Capture dalam 1 detik

5. Pilih Customization bila ingin memodifikasi ukuran GIF

6. Klik tombol Rec > Tunggu sebentar

7. Klik Stop untuk menghentikan Record

8. Klik tanda panah kebawah di menu Save

9. Pilih Quantize (Recommended)

10. Klik tombol Save 

Hasilnya Gini!! Hati-Hati Salkus hehehe…

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*