Yamaha Pakai Jasa Rider Legenda Untuk Tes YZR-M1

loading...

Haloo sobat media2give^^ Lama juga ya nggak update hehehe… Ok,untuk kali ini ini Saya akan membahas fakta MotoGP yang cukup mengejutkan.Apa itu? Yamaha Pakai Jasa Rider Legenda Untuk Tes YZR-M1.Wah sampai segitunya ya usaha Yamaha agar bisa menemukan settingan terbaik untuk YZR-M1.Sebenarnya Yamaha sudah punya Rider jempolan yang telah menyumbangkan pengalaman,ide,solusi dan prestasi bagi tim ini.Pastinya nggak asing lagi dengar nama Valentino Rossi kan?

Yap,pembalap inilah yang berperan besar pada kesuksesan Yamaha sejak kepindahan Rossi dari Honda pada akhir musim 2003.Bukan sekedar iseng-iseng cari untung di Yamaha,tapi Rossi punya alasan berganti tim.Rossi ingin keluar dari “zona nyaman” dan mencari tantangan baru.Dipilihlah Yamaha sebagai tujuan selanjutnya karena Rossi melihat YZR-M1 ini cukup enak di kendarai,namun sayangnya banyak memiliki problem.

Yamaha tak pernah bisa meraih titel Championship sejak lama.Mereka kalah saing dengan Honda yang terlihat sangat mendominasi kemenangan.Rossi dengan bantuan kepala mekaniknya waktu itu,Jeremy Burgess berhasil mengubah motor yang tadinya dipandang sebelah mata menjadi motor yang cukup kompetitif melawan Honda.Pada debut pertamanya bersama Yamaha tahun 2004,di sesi tes pertama Rossi secara mengejutkan mencatat waktu 2 menit 3 detik.

Catatan waktu ini menempatkannya sebagai pembalap tercepat di sesi latihan itu.Bahkan pada hari ketiga tes di sirkuit Sepang Rossi membuat rekor baru Lap Time baru 2 menit 2,7 detik.Dibalik kesuksesan itu ternyata ada sosok Rider lain yang ikut andil pada pengembangan YZR-M1.Diam-diam Yamaha menggunakan jasa Rider Legenda MotoGP untuk mengetes motor.Input data dari Rider ini nantinya akan berguna bagi pihak Yamaha.

Siapakah Rider Legenda ini? Namanya Randy Mamola.Ada yang kenal? hehehe… Mamola adalah Rider Top di eranya yang tak pernah meraih gelar juara dunia kelas 500cc.Uniknya,Mamola 4 kali memperoleh Runner Up.Sayangnya dia tak sekalipun pernah menikmati manisnya jadi juara dunia.Setelah pensiun dari GP500cc,Mamola menjadi komentator balap motor dan membantu Yamaha dalam pengembangan motor.Mamola bekerja sebagai Test Rider Yamaha.

Saat pertama menguji M1 hasil racikan Rossi,Mamola meniru ritual Footpeg Rossi.Mamola berbicara banyak soal performa Yamaha dibanding kompetitor lainnya.Seperti fakta yang sekarang terpampang jelas di MotoGP bahwa Honda memiliki statistik luar biasa dalam mencapai kemenangan di race.Honda telah menjuarai 29 dari 35 balapan sampai masa kejayaan Rossi di Honda memuncak.

Bahkan Honda sangat kuat di setiap trek.Sebaliknya,Yamaha YZR-M1 adalah motor yang banyak mengalami kendala.Mamola membandingkan motor Yamaha  M1 milik Carlos Checa dengan RC211V Rossi.Hasilnya,Yamaha kalah jauh kemampuannya.Oleh sebab itu,data dari Mamola sebagai Rider Veteran sangat diperlukan Yamaha demi mengembangkan performa motor agar bisa kompetitif.

Pada dasarnya Yamaha YZR-M1 mempunyai banyak PR yang perlu di selesaikan.Power Band menjadi sorotan utama.Bayangkan saja,jika di hadapkan dengan Honda/Ducati,Power Band Yamaha sangat kurang.Defisit tenaga pada M1 menyebabkannya tertinggal beberapa detik di trek lurus.Ketika ditanya tentang peluang Rossi meraih gelar juara dunia selama di Yamaha,beginilah jawaban Mamola.

Apakah Rossi dan Yamaha cukup tangguh di semua race?

» Di beberapa sirkuit “YA” dan di beberapa sirkuit lainnya “TIDAK”

Bisakah Rossi terus meraih gelar juara dengan tim yang berbeda?

» Itu tergantung dari seberapa nyaman dia dengan motornya sejak awal.Sekarang banyak pembalap muda yang sangat lapar kemenangan dan agresif.

Kita semua tau problem YZR-M1 dari dulu adalah kurangnya tenaga yang di hasilkan oleh mesin.Rossi cukup cerdik mengakalinya dengan memindahkan sedikit putaran bawah sehingga lebih mudah di kendalikan,tapi konsekuensinya adalah tenaga dari Top End tidak maksimal.Setelah mencoba motor Yamaha,Mamola berpendapat bahwa tidak mudah meraih juara dunia dengan motor ini.Jadi bila ada pembalap yang juara dengan Yamaha,artinya dia adalah Rider Spesial.

“Jika ada balapan dan semua Rider menggunakan motor dengan teknologi dan mesin yang sama,maka juaranya tetap motor bernomor 46,kata Randy Mamola.”

loading...
loading...
loading…


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*