(Aneh Tapi Nyata) Motor 990cc & 500cc Di Satu Tim MotoGP

loading...

Haloo sobat media2give^^ Jika biasanya Saya membagikan artikel informatif seputar MotoGP,kini giliran fakta aneh MotoGP yang akan Saya ulas.Fakta apa ya? (Aneh Tapi Nyata) Motor 990cc & 500cc Di Satu Tim MotoGP.Siapa sangka gelaran kompetisi balap motor yang sangat seru ini selain menyajikan tontonan skills apik para pembalap dan kecanggihan teknologi motor yang terus berkembang,namun rupanya disisi lain terdapat sebuah fenomena yang tidak biasa.

Mungkin lebih tepatnya disebut dengan kejadian aneh.Istilah MotoGP baru muncul sejak tahun 2002.Sebelum periode tersebut,orang-orang menamai kompetisi balap dengan istilah GrandPrix (GP).Tingkatan GrandPrix tertinggi waktu itu adalah kelas 500cc,dimana disini terjadi pertarungan dahsyat motor 2tak.Motor ini dikenal sebagai motor yang sulit di kendalikan.

Bahkan Valentino Rossi saja sering tersungkur kala pertama kali membalap diatas Honda Nastro Azzurro pada awal karirnya di level premier.Butuh waktu lama untuk memahami motor dan mesin.Cara mengendarai motor berkapasitas mesin 500cc pun mesti dilakukan dengan rapi.Contohnya saja saat membuka gas atau berakselerasi keluar tikungan.Tahun 2001 menjadi tahun terakhir mesin 500cc dipakai untuk balapan.

Mulai tahun 2002 Dorna membuat regulasi baru,mengganti mesin 500cc menjadi 990cc.Namun peristiwa aneh terjadi ketika kita melihat dalam 1 tim MotoGP ada 2 motor dengan 2 kapasitas mesin berbeda.Ada 4 tim yang masuk dalam kategori “Tim Unik” ini.Mereka adalah West Pons Honda,Antena 3 Yamaha d’Antin,Fortuna Honda Gresini dan Gauloises Yamaha Tech 3.

Pada tim West Pons Honda,Alex Barros dan Loris Capirossi menggunakan 2 tipe cc mesin yang tidak sama.Barros dengan mesin motor 4tak (990cc),sedangkan Capirossi memakai motor 2tak (500cc).Tapi itu tidak terjadi sejak race pembuka di Suzuka,melainkan di GP Motegi 2002.Kenapa hanya Barros yang memperoleh mesin 990cc? Padahal Capirossi ini juga Rider jempolan lho.

Capirossi merupakan 1 dari 3 Rider (Rossi,Biaggi,Capirossi) era 2000-an yang pernah menang di kelas 500cc.Di tahun 2000 dia mencatat 1 kemenangan saat melakoni balap di GP Mugello dan menempati posisi 7 klasemen akhir dibawah Carlos Checa.Musim 2001 Capirossi meraih posisi ke 3 di klasemen meski tanpa sekalipun juara seri.Sayangnya di tahun 2002 Capirex mendapat motor yang performanya tidak terlalu bagus.Akibatnya Capirossi tidak kompetitif.

Berita mengejutkan di dapat Loris saat pihak Honda mengumumkan hanya akan memberikan mesin 990cc untuk Barros saja di tim West Pons Honda.Capirossi tak diberi akses mencoba mesin 4tak.Di tempat lain,Ducati,Kawasaki dan Aprilia mengajukan tawaran untuk mengontrak Capirossi jika dia tidak mau bertahan di West Pons Honda.Akhirnya Capirossi pindah ke Ducati yang mendeklarasikan debutnya untuk musim 2003.

Apakah Mesin 990cc Berpengaruh Pada Prestasi Rider?

Coba kita lihat penampilan Alex Barros yang lebih beruntung ketimbang nasib Capirossi.Barros pertama kali mencoba RC211V dengan mesin V5 di GP Motegi.Bagaimana hasilnya? Barros langsung keluar sebagai juara di trek itu hingga mampu membuat gap 1.6 detik di depan Rossi yang finish di urutan 2.Barros mencatat rekor sebagai Rider pengguna mesin V5 pertama yang bisa mengalahkan dominasi mesin V5 milik motor Rossi.

Walaupun tidak sama persis juga.Sebab cuma model motornya yang sama,tapi sebetulnya waktu itu Barros memakai mesin lama Rossi.Barros terus menggunakan mesin V5 hingga seri penutup MotoGP.Prestasinya melejit pesat dari ketika memakai Honda NSR500 dengan meraih 2 kali podium selama 12 seri,berubah menjadi 2 kali menang race dan 2 kali podium di 4 seri terakhir.

Bila dibandingkan dengan Rossi,dia menciptakan 1 kemenangan dan 3 kali podium 2 pada 4 seri terakhir.Rata-rata point Rossi 21.25 dan Barros juga 21.25.Artinya perubahan mesin 500cc ke 990cc berpengaruh besar pada prestasi pembalap.Uniknya,cuma Barros yang bisa 2 kali mengalahkan Rossi di dengan mesin V5 di musim itu.Kekalahan kedua Rossi atas Barros terjadi di GP Valencia 2002.

“Saya sangat terkesan dengan kesempatan mencoba RC211V.Ini jelas motor tercepat dan Saya akhirnya punya kesempatan bersaing satu level dengan Valentino Rossi.Tidak mudah meraih hasil terbaik di level tertinggi karena Saya harus menyesuaikan diri dengan motor.Saya pernah naik motor 4 stroke sebentar di Suzuka 8 Hours dan hasilnya bagus,kata Barros.”

Keunggulan Mesin 990cc Dibanding 500cc

» Mesin Halus

Mesin 2 stroke menghasilkan suara mesin yang serak dan kasar seperti suara gergaji.Tapi mesin 4tak berbeda,karena lebih halus mengeluarkan suara dari mesinnya.

» Vibrasi Rendah

Vibrasi adalah getaran pada motor saat melaju di lintasan lurus atau saat deselerasi ketika mau masuk tikungan.Getaran mesin 2 stroke lebih terasa,sementara pada mesin 4 stroke getarannya banyak berkurang.

» Hemat Bahan Bakar

Mesin 2tak selalu menyemburkan banyak asap dari knalpotnya dan membutuhkan konsumsi emisi besar sehingga boros dalam pemakaian.Mesin 4tak mampu meningkatkan efisiensi emisi yang berarti dapat menghemat biaya pengeluaran bahan bakar.

Capirossi “The Power of Kepepet”

Kekecewaan Capirossi berbalik jadi kekuatan lebih.Ketika tau dia tidak dipilih jadi Rider yang berhak memakai mesin V5,Capirossi malah menunjukkan semangat ekstra.Memakai motor 500cc tak membuatnya langsung menyerah menghadapi Barros dengan motor 990cc-nya.Walaupun akhirnya tak bisa mengalahkan Barros,tapi Capirossi mendadak bisa naik podium 3 setelah pada seri-seri sebelumnya tak pernah bisa berada diatas podium.Ini gara-gara kondisi kepepetnya.

Kepepet cuma bisa pakai NSR500 malah berbuah manis.Persis kejadiannya dengan Ducati musim 2016.Saat Tim masih mempertimbangkan siapa yang akan di depak dari Ducati karena datangnya Lorenzo,Ducati memutuskan menyingkirkan Iannone.Sementara Andrea malah menjadi Rider yang membawa kesuksesan perdana bagi Ducati lewat kemenangan di GP Austria.Tapi kok malah dia yang di depak? bukannya Dovizioso saja.Rasa kecewa kadang memang bisa jadi energi tambahan dan itu yang menimpa Capirossi dan Iannone.

Kenapa Honda Tidak Adil Pada 2 Ridernya?

“Tidak Adil” bukanlah kata yang tepat untuk menggambarkan perlakuan Honda untuk pembalapnya.Setiap tim punya pertimbangan sendiri kenapa salah satu Ridernya diberi perlakuan lebih baik daripada Rider lainnya.MotoGP adalah game yang selalu ada yang menang dan yang kalah.Yang tidak di utamakan pasti merasa kecewa,tapi memang begitu kondisinya.

Banyak faktor yang mendasari tim memberikan sesuatu yang lebih untuk pembalap seperti catatan prestasi,kontribusi bahkan untuk kepentingan strategi.Barros mendapat 2 kali podium dengan NSR500 pada musim 2002 (sebelum GP Motegi).Capirossi meraih hanya 1 kali podium (sebelum GP Motegi).Barros 2 kali Crash,Capirossi 2 kali Crash dan absen 2 seri karena cedera.

Barros punya pengalaman naik motor 4tak di Suzuka 8 Hours,sedangkan Capirossi belum pernah mencoba motor 4tak sebelumnya.Dari sini bisa kita lihat bahwa Barros memiliki banyak point-point unggul dibanding Capirossi,dan itu mempengaruhi keputusan tim dalam memberi “Treatment”.Memilih hanya 1 Rider yang menggunakan mesin 4 stroke ini bukan murni keinginan tim.

Saat itu stok motor 990cc terbatas hanya ditujukan untuk Tim Pabrikan saja,sehingga tidak heran kenapa Rossi menggunakan mesin 990cc sejak seri awal.Barros dan Capirossi ada di tim West Pons Honda yang secara status,tim ini adalah Tim Satelit yang tidak dijatah mesin motor 4tak.

Lha Terus Kok Barros Bisa Dapat Mesin 990cc (V5)?

Jadi begini,motor 4tak dengan mesin V5 hanya dibatasi untuk Pabrikan saja karena Honda tengah melakukan pengembangan mesin 4tak yang nantinya akan digunakan Tim Satelit di musim 2003.Tapi HRC berubah pikiran dan berkata “Ok,mungkin kita bisa dapat uang dari motor ini.” Jadi mereka menyewa motor 990cc untuk West Pons Honda dan digunakan pada 4 race terakhir.Motor Barros itu tidak sama dengan motornya Rossi.

Bentuknya saja dari luar sama,padahal motor kepunyaan Barros itu adalah Prototype pertama.Jadi bisa disimpulkan itu motor baru untuk uji coba saja,beda dengan RC211V Rossi yang memang sudah di setting untuk kompetisi.Kenapa kok cuma menyewa 1 motor saja? Kan pembalapnya ada 2 (Barros dan Capirossi)? namanya juga belum waktunya dapat jatah,sudah dikasi 1 ya bersyukur hehehe…

Kalau menyewa 2 nanti akan menandingi Tim Pabrikan Honda Repsol dan sponsor bisa protes jika prestasi Tim Satelit setara dengan Pabrikan,sementara waktu itu sebetulnya belum waktunya Tim Satelit diberi mesin 4tak.Cara ini kemudian diikuti Tim Satelit Yamaha yang kemudian ikut memberikan motor 4tak pada Olivier Jacque (seri 14-16),Shinya Nakano (seri 14-16) dan Norifumi Abe (seri 15-16).

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*