Review Lengkap Spesifikasi PlayStation 4 (PS4)

loading...

Sony terus meluncurkan produk andalannya,PlayStation. Kini generasi ke-4 dari PlayStation atau biasa disebut dengan PlayStation 4 telah menjadi magnet bagi konsumen dan penikmat game di seluruh dunia. PlayStation 4 (PS4) adalah penyempurnaan dari versi sebelumnya, dengan mengusung konsep baru dan teknologi modern untuk menggantikan teknologi lawas ada ada pada konsol permainan lainnya.

Pada PS4, kualitas layanan dan desain hardware menjadi fokus utama demi menciptakan kenyamanan bermain dan pengalaman menyenangkan menggunakan PS4. Sony sebagai produsen PS4, melihat kompetisi di pasar. Mereka menganalisa temuan pesaingnya, Nintendo yang telah mengembangkan konsol berbentuk ramping. Tak mau kalah, Sony pun berinovasi dengan membuat bentuk yang lebih Slim untuk PlayStation 4.

Slim atau Small adalah kata-kata yang penting perannya, karena itu menyangkut pada ukuran produk, dimana konsumen sekarang rata-rata menyukai produk yang ringkas dan mudah dibawa ketimbang konsol berukuran besar. Dengan bentuk dan varin yang lebih Slim, Sony menawarkan sisi menarik pada PS4 yang dinilai punya kemampuan penghematan energi lebih tinggi. Agar desain konsol menawan, Sony tak lupa menciptakan Casing yang elegan, dibuat dari bahan Glossy dan Matte.

Dibagian belakang PS4 terdapat semacam Grill untuk mengeluarkan udara panas dari dalam ketika PS4 di operasikan. Pengguna juga pasti senang dengan fitur kelengkapan lainnya, seperti Port kabel HDMI, LAN Power Auxiliary dan Digital Output. Dari sisi Controller, PS4 ini menggunakan tipe Dual Shock, sama seperti PS3. Namun Controller PS4 memiliki fungsi tombol yang berbeda.

Misalnya saja tombol Share untuk melakukan Record pada sesi permainan, mengcapture Screenshot, bahkan ada pula fasilitas untuk Live Broadcasting. Di bagian depan Controller ada penambahan lampu unik yang mampu berubah warna jika pemain sedang memainkan mode Multiplayer atau ketika karakter game yang dimainkan berada dalam kondisi bahaya. Kebutuhan gamer akan performa yang kuat selalu diperhatikan oleh Sony. Untuk menunjang hal tersebut, PS4 mempunyai versi lebih lengkap dengan nama PS 4 PRO.

PlayStation 4 PRO di klaim bisa menjalankan game dengan format 4K dan game-game AAA rilisan terbaru dalam Framerate yang lebih nyaman dan visual terbaik. Fitur Boost Mode di tambahkan pada versi PRO yang dapat meningkatkan kualitas Framerate sebagai unsur penunjang tampilan game. Network mengalami perubahan, sebab kini jauh lebih mudah untuk di sambungkan secara Nirkabel.

Fitur baru PS4 juga sekaligus menjadi pemecahan masalah yang sering dihadapi saat bermain game pada konsol lain, yaitu Framerate yang tidak stabil dan penurunan kualitas visual. Playstation 4 PRO memiliki kemampuan 1,3 kali kekuatan CPU dan 2,3 kali kekuatan GPU serta 24% lebih banyak untuk Bandwith Memory. Tentunya dengan segala keunggulan yang ada pada PS4, otomatis akan menambah harga jual PlayStation 4 yang lebih tinggi dibandingkan PS3.

Spesifikasi PlayStation 4

CPU: Single-chip X86 AMD “Jaguar” – 8 Cores
GPU: AMD Radeon Graphic Core Next with 1152 shaders (1.84 TeraFLOPS/s)
RAM: 8 GB GDDR5
Optical Drive: Blu-ray/DVD
Storage: 500 GB 5400 RPM SATA II (Bisa diganti dengan storage lain – minimal 160 GB, lebih tipis dari 9,5mm)
External Storage: No
Second Screen: PS Vita via Remote Play
USB: USB 3.0 (2 ports)
Bluetooth: Bluetooth 2.01 (EDR)
A/V Hookups: HDMI output (4K Support), Optical output
Power Supply: internal
Region Lock: No

Spesifikasi PlayStation 4 PRO

Main Processor: Single-Chip custom Processor
CPU: x86-64 AMD Jaguar, 8 Cores
GPU: 4.20 TFLOPS, AMD Radeon based graphics engine
Memory: GDDR5 8 GB
Storage Size: 1 TB
External Dimensions: 295x55x375mm
Mass: 3,3kg
BD/DVD Drive (Read Only): BD x 6 CAV, DVD x 8 CAV
Input / Output: Super-Speed USB (USB 3.1 Gen.1) port x 3, AUX port X 1
Networking: Ethernet (10BASE-T, 100BASE-TX, 1000BASE-T)x1, IEEE 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.0 (LE)
Power: AC 100-240V, 50/60Hz
Power Consumption: Max. 310W
Operating Temperature: 5C – 35C
AV Output: HDMI out port (Support 4K/HDR), DIGITAL OUT (OPTICAL) port.

Pros :

» Performa sempurna
» Desain konsol lebih minimalis
» Variasi fungsi controller
» Audio output terintegrasi
» OS yg ramah untuk user
» Fitur What’s New sebagai tanda update terbaru
» Penambahan PlayStation Camera
» Dapat memakai Controller PS3 pada PS4

Cons :

» Tidak dilengkapi dengan DLNA Streaming
» Tidak ada Playback MP3

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*