Harga Dan Spesifikasi PlayStation 3 (PS3) Terbaru

loading...

Dunia game terus berkembang dan tak mengenal kata berhenti. Serunya permainan dan tampilan grafis membuat banyak orang yang kemudian tertarik bermain hingga menjadi hobi. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang suka nge-game, telah menguasai beragam trik dan skills untuk menaklukkan misi-misi yang ada di dalam game. Game menghadirkan kesenangan, pengetahuan dan juga mengasah otak untuk berpikir dan merespon secara cepat.

Untuk dapat bermain game, diperlukan sebuah konsol permainan. Bentuknya bervariasi dari jaman ke jaman. Di Indonesia sendiri pernah booming permainan yang di jalankan lewat alat khusus bernama PlayStation. PlayStation terdiri dari generasi yang berkelanjutan, dimulai dengan PlayStation 1, PlayStation 2, PlayStation 3 dan yang terbaru adalah PlayStation 4. Popularitas PlayStation 2 (PS2) tak bisa di ragukan lagi.

Di saat PS2 muncul, para gamer langsung berebut untuk bisa mencobanya. Wajar bila PS2 dianggap sebagai permainan idaman anak-anak. Developer kemudian menciptakan versi baru yang dinamai PlayStation 3 (PS3), mengingat bahwa PS2 sukses besar di pasaran. 11 November 2006 PlayStation 3 untuk pertama kalinya resmi dirilis di Jepang. PlayStation hadir untuk menjadi saingan bagi konsol milik Microsoft, XboX 360 yang lebih dulu rilis pada November 2005.

PlayStation 3 di sambut positif kemunculannya karena versi ini menyuguhkan perbedaan pada fitur yang lebih canggih dari PS2. Secara umum, PlayStation 3 dapat dibedakan menjadi 3 jenis/tipe : PlayStation 3 OFW, PlayStation 3 CFW dan PlayStation 3 ODE.

» PlayStation 3 OFW (Official Firmware)

PS3 OFW adalah PlayStation yang di produksi asli dari Sony dan hanya dapat digunakan untuk memainkan game original saja yang bisa dibeli dari online shop game. Firmware OFW juga resmi dan bisa di update secara otomatis lewat internet.

» PlayStation 3 CFW (Custom Firmware)

PS3 jenis ini sudah di modifikasi pada bagian Firmware dengan Jailbreak sehingga dapat membuka game bajakan/game-game non original. Karena sudah tidak asli lagi,maka kondisi Software dan Hardware tidak terjamin 100% sesuai standar Sony.

» PlayStation 3 ODE (Optical Drive Emulator)

PlayStation 3 tipe OSE hampir sama dengan versi CFW yang memiliki kelebihan dapat dipakai untuk game bajakan. Perbedaannya, PS3 ODE tidak di Jailbreak, tapi Optical Drive telah di modifikasi agar bisa memainkan game yang tidak asli.

Istilah Jailbreak mulai populer sejak tahun 2010. Jailbreak memungkinkan user bermain video game tanpa perlu memakai Blu-ray. Setahun kemudian muncul kembali USB Stick Jailbreak yang bisa di jalankan langsung dari HardDisk. Pada akhir 2011 berkembang lagi bentuk baru Jailbreak, yaitu True Blue. Kegunaannya sama seperti USB Stick Jailbreak.

Macam Bentuk PlayStation 3 Di Pasaran

Pada November 2006 Sony merilis PS3 Fat dengan bentuk yang terlihat lebih besar. PS3 Fat adalah seri pertama dari PlayStation 3. Versi awal ini memiliki banyak tipe kapasitas HardDisk, mulai dari 20 GB, 40 GB, 60 GB dan 80 GB dengan menyertakan Stick SixAxis. Pada rilisan generasi berikutnya, dibuatlah bentuk baru yang lebih tipis dan diberi nama PS3 Slim.

Pada PS3 Slim ini mampu menghasilkan daya listrik lebih tinggi dan ukuran prosesornya berbeda dari PS3 Fat. PlayStation 3 Fat mempunyai kelemahan dan rentan terkena YLOD (Yellow Light of Dead). PS3 Slim dapat disebut sebagai perbaikan dari PS3 Fat. PlayStation 3 Slim juga memiliki generasi awal dan akhir. Generasi awalnya terdiri dari HardDisk 120 GB dan 160 GB dengan dilengkapi Dual Shock 3. Sedangkan untuk generasi akhir terdapat pilihan HardDisk 250 GB dan 320 GB.

Namun dari segi harga memang PS3 Slim realtif lebih mahal. PS3 Slim 120GB memakan lebih sedikit ruang, sekitar 33% lebih kecil dibanding PS3 Fat dan bobot Hardwarenya 36% lebih ringan. Selain itu ada pula PS3 yang berukuran paling ramping, yaitu PS3 Super Slim. Tentunya bentuknya lebih tipis dan mudah dibawa kemana-mana serta hemat tempat penyimpanan dibanding versi PS3 lainnya.

⌈ Spesifikasi PlayStation 3 ⌋

Prosessor PlayStation 3

Cell Processor
PowerPC-base Core @ 3.2 GHz
1 VMX vector umit per core
512KB L2 CachE
7 x SPE @3.2GHz
7 x 128b 128 SIMD GPRs
7 x 256KB SRAM for SPE
1 of 8 SPEs reseved for redundancy
Total floating point performance: 218 GFLOPS

Grafis PlayStation 3

RSX @550MHz
1.8 TFLOPS floating point performance
Full HD (up to 1080p) x 2 channels
Multi-way programmable parallel floating point
Shader pipelines

Media Penyimpanan PlayStation 3

Detachable 2.5”HDD slot x I/O
USB Front x 4, Rear x 2 (USB2.0)
Memory Stick standard/duo, PRO x 1
SD standard/mini x 1
Compact Flash (Type I, II) x
Memori PS3
256MB XDR Main RAM @3.2GHz
256MB GDDR3 VRAM @700MHz

Media Komunikasi

Ethernet (10BASE-T, 100BASE-TX, 1000BASE-
T) x 3 (input x output x 2)
Wi-Fi IEEE 802.11 b/g
Bluetooth 2.0 (EDR)
Controller
Bluetooth (up to 7)
USB 2.0 (wired)
Wi-Fi (PSP)
Network (over IP)

Pros :

Lebih kecil, ringan dan dapat menyimpan energi lebih efisien

Cons :

Blu-ray Playback sering lambat merespon dan tidak ada support untuk OS lain

Tips membeli PS3 (Buy PlayStation 3)

» Membeli sesuai budget yang dimiliki

Jika Anda memiliki dana lebih, Anda bisa membeli PlayStation Super Slim 500 GB HDD. Namun jika memilih PS3 dengan harga yang lebih murah, Anda bisa membeli PS3 Fat 500 GB. Pilihan besarnya HDD menyesuaikan dengan seberapa banyak game yang Anda ingin mainkan.

»  Memastikan PS3 yang dibeli asli, Refurbish atau Rekondisi

Pastikan untuk bertanya pada penjual sebelum membeli. Tanyakan informasi lengkap seperti model, besar HardDisk, Firmware dan harganya. Dari informasi tersebut Anda bisa menyimpulkan apakah PS3 yang dijual itu produk baru, Refurbish atau Rekondisi.

» Melihat ciri PS3 Rekondisi dan Refurbish dari Sony

Refurbish adalah produk gagal yang di repair/di perbaiki ulang dan dijual lagi ke pasar dalam wujud produk baru. Biasanya PS3 Refurbish dari Sony terdapat label dengan tulisan “Refurbish” pada label sticker yang menutupi box PS3. Sementara PS3 Rekondisi akan di sertakan dengan box yang sesuai dengan model gambar dari PS3 itu.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*