Persamaan Dovizioso & Rossi Saat Gagal Juara Dunia Di Valencia

loading...

Haloo sobat media2give^^ Jumpa lagi dengan kalian di posting ini ya hehehe… Pada pembahasan kali ini Saya akan berbagi informasi tentang Persamaan Dovizioso & Rossi Saat Gagal Juara Dunia Di Valencia.Yap,gelaran balap MotoGP 2017 telah berakhir.Perebutan gelar juara dunia dimenangkan oleh Marc Marquez.Namun musim ini banyak menyimpan kenangan dan momen berharga bagi Andrea Dovizioso.Kalau bicara soal Marquez mampu juara dunia,itu sudah biasa.

Tapi kalau kita menyebut nama Dovizioso sebagai kandidat peraih titel Championship,itu baru wooow!! Kenapa? Siapa sangka seorang Dovizioso dapat bersaing angka di klasemen menghadapi Marquez? Sejak awal musim,Dovizioso tidak masuk dalam daftar favorit juara dunia.Justru Maverick Vinales dan Valentino Rossi yang di prediksi bakal merepotkan Marquez.Apalagi hingga paruh musim pertama,Vinales dan Rossi secara bergantian menguasai puncak klasemen.

Namun siapa sangka,di sisa musim berjalan kondisi berubah drastis.Terutama ketika Dovizioso membuat kejutan,menang di GP Mugello.Sebuah prestasi menawan ditorehkan Dovizioso kala bertarung di sirkuit kebanggan publik Italy.Dovizioso sukses memecahkan rekor sebagai Rider Italy yang bisa juara di Mugello setelah sekian lama trek ini di kuasai pembalap Spanyol.Kejutan berlanjut pada race-race selanjutnya.Publik makin dibuat kagum saat Dovizioso terus mencetak kemenangan.

Sementara Rossi dan Vinales justru mengalami masalah serius pada YZR-M1 hingga membuat penampilan mereka drop.Perlahan Dovizioso naik peringkat sampai pada GP Motegi,dia membuka peluang untuk jadi juara dunia.2 kali berduel sengit sampai garis finish dengan Marquez,Dovizioso nyatanya mampu mengasapi Marquez lewat momen yang sangat menegangkan.Sayang,peluang juara dunia menipis di GP Phillip Island.Dovizioso cuma bisa finish di posisi 13.

Pada GP Sepang,Dovizioso sempat memperpanjang nafas,mendapat secercah harapan setelah memenangi balapan.Gelar juara dunia sudah di depan mata.Selangkah lagi Dovizioso bisa meraih titel prestisius itu.Namun langkah itu sangat berat,mengingat selisih point yang lumayan jauh dengan Marquez.Marc hanya butuh finish ke 11 agar juara dunia,sedangkan Dovizioso harus menang balapan di Valencia + berharap Marquez tidak finish atau selesai balapan diluar posisi 11.

Dan saat-saat yang mendebarkan itu telah terlewati,dimana Marquez lah yang mampu merengkuh gelar juara dunia,sekaligus menjadi yang ke 4 baginya di MotoGP.Di sisi lain,Dovizioso terpaksa menelan pil pahit melihat kekalahannya di balapan terakhir,balapan penentuan sekaligus satu-satunya kondisi balapan yang belum pernah dihadapi Dovizioso sepanjang karirnya.Meski kalah,tapi Dovizioso cukup bijaksana menerima kenyataan.

Dia lebih berpikir tentang hal positif di musim ini,sebuah progress signifikan dari Ducati untuk menatap musim-musim di depan dan mencoba kembali bersaing dalam perebutan titel Juara Dunia MotoGP.Uniknya,apa yang terjadi pada Dovizioso ini memiliki banyak persamaan dengan apa yang menimpa Rossi di tahun 2006.Dulu Rossi juga kehilangan peluang besar jadi juara dunia di Valencia.Lalu apa saja hal-hal yang sama antara gagalnya Rossi dan Dovizioso di sirkuit Ricardo Tormo?

Persamaan Rossi & Dovizioso Gagal Juara Dunia (GP Valencia)

1. Sama-Sama Kalah Dari Rider Honda Respol

Tahun 2006 Rossi bersaing ketat melawan Hayden.Rossi beberapa kali terkendala oleh problem motor.Hayden sendiri sepanjang musim tak pernah mengalami masalah berarti.Bahkan dia nyaris tak pernah Crash di balapan,kecuali saat di tabrak Pedrosa di GP Estoril yang hampir memupuskan harapan Hayden jadi juara dunia.

Rossi sudah berusaha bangkit dengan menjuarai beberapa seri,tapi di seri pamungkas dia kalah saing dengan Hayden.Dovizioso mempunyai cerita yang serupa,di kalahkan oleh pembalap dari Tim Repsol Honda.Marquez mengulangi sejarah masa lalu,meneruskan prestasi pendahulunya yang sukses memenangkan balapan terakhir.Dari 2 Rider Honda ini,Tim meraih kesuksesan ganda di era yang berbeda.

2. Sama-Sama Pembalap Asal Italy

Rossi adalah pahlawan untuk publik Italy.Nama besarnya sulit ditandingi olahragawan di bidang lain.Tak cuma di negeri sendiri,kepopulerannya meluas sampai ke penjuru dunia.Rossi merupakan Rider tersukses dari Italy setelah masa kejayaan Giacomo Agostini bertahun-tahun silam.

Sama dengan Rossi,Dovizioso juga berasal dari Italy.Keduanya memang punya hubungan baik di dalam atau luar Race.Meski Dovizioso tidak terlalu dekat dengan Rossi,namun mereka tak pernah punya masalah satu sama lain.Bersama Desmosedici,kini Dovizioso menjelma menjadi Rider yang patut di perhitungkan untuk berebut titel Chamiponship.

3. Sama-Sama Crash Di Valencia

Dovizioso tak bisa mengendalikan motor dan terjatuh di Valencia.Dovizioso tak punya cukup kecepatan ketika berusaha mengejar pembalap di baris depan.Saat itu Marquez salah mengerem dan melebar keluar trek.Disitulah muncul kesempatan bagi Dovizioso sehingga dia mau tidak mau harus mendorong motornya lebih keras.

Tapi tekanan dan kehilangan konsentrasi menyebabkannya Crash di saat yang penting.Sama halnya dengan Rossi yang jatuh di Valencia.Rossi kehilangan fokus dan tertekan di balapan terakhir,walaupun sebenarnya sudah unggul point dari Hayden.Dia melakukan kesalahan karena terlalu rebah saat menikung.Alhasil ban motornya kehilangan traksi dan tergelincir ke aspal.

4. Sama-Sama Jatuh Di Hairpin Corner

Sirkuit Ricardo Tormo,Valencia di desain dengan panjang 2.486 mil dan terdiri dari banyak tikungan yang memerlukan pengereman keras dan intens.Valencia bukan termasuk Fast Track,tetapi lebih mengarah ke sirkuit yang Tricky.Jarak tempuh 1 Lap cukup pendek sehingga jumlah Lap-nya banyak,mencapai 30 Lap.

Di beberapa sektor,ada bagian yang bisa digunakan untuk overtake.Beberapa tikungan perlu di libas dengan skill ekstra.Rossi dan Dovizioso sama-sama jatuh di Hairpin Corner,yaitu tikungan yang bentuknya seperti tusuk konde dan arahnya memutar balik.Rossi Crash di tikungan ke 2 pada Lap 5.Sementara Dovizioso Crash di tikungan 10 saat Lap tersisa kurang dari 10 putaran menuju garis finish.

5. Sama-Sama Kurang Menyukai Trek Valencia

GP Valencia lebih sering di dominasi oleh motor Honda.Hanya Lorenzo seorang,satu-satunya Rider Pabrikan Yamaha yang mampu menang disini dari 5 tahun terakhir.Selebihnya,Valencia dikuasai oleh Marquez dan Pedrosa yang sama-sama berasal dari Tim Honda Repsol.Dalam catatan prestasi,Rossi dan Dovizioso terbilang kurang memuaskan jika turun di GP Valencia.

Dari tahun 2013-2017,Rossi hanya bisa finish di urutan 4,5 dan sekali mencicipi podium 2.Sementara Dovizioso,dengan Ducatinya tak pernah sekalipun naik podium,apalagi menang.Dovizioso cuma mampu finish di urutan 7,9 dan 4.Peringkat 4 adalah pencapaian terbaiknya selama membalap di Valencia dibawah naungan Ducati Team.

6. Sama-Sama Kehilangan Poin Berharga

Rossi kehilangan keunggulan point di seri terakhir.Padahal dia sudah mendapat keuntungan atas Crash yang dialami Hayden di seri sebelumnya (Estoril).Dari balapan seri perdana,Jerez hingga GP Laguna Seca,Rossi tidak finish 3 kali.Point yang dikumpulkan sebanyak 143 poin.Hayden mengoleksi 194 point,hasil dari 9 podium dan 2 kemenangan.Rossi tertinggal 52 angka.

Dari GP Brno sampai GP Estoril,Rossi memangkas defisit poin.Rossi menghasilkan 101 poin,sedangkan Hayden cuma 42 poin.Setelah GP Estoril,selisih poin Rossi malahan bisa unggul 8 poin dari Hayden.(Rossi 244 – Hayden 236).Namun gara-gara jatuh dan finish di urutan 13,poin Rossi menjadi 247 dan Hayden berhasil podium 3 sehingga poin bertambah 16 menjadi 252.

Hayden menang dengan selisih 5 poin diatas Rossi.GP Sepang 2017,selisih poin Dovizioso dan Marquez ada 21 poin.Mereka sama-sama mencetak 6 kemenangan.Marquez lebih sering tidak finish (3 kali DNF) daripada Dovizioso yang cuma 1 kali tidak finish sampai seri Silverstone.Jatuhnya Dovizioso di Valencia menyebabkan poin makin jauh.Marquez diatas angin hingga menyudahi kompetisi dengan selisih 37 poin dari Dovizioso.

7. Sama-Sama Menang Race 5 Kali/Lebih

Dovizioso menjuarai 6 seri sepanjang musim 2017,yaitu GP Mugello,GP Catalunya,GP Austria,GP Silverstone,GP Motegi dan GP Sepang.Rossi memenangkan 5 Race di tahun 2006 : GP Losail,GP Mugello,GP Catalunya,GP Sachsenring dan GP Sepang.

Uniknya,6 kemenangan yang diraih Dovizioso berhasil menyamai rekor Casey Stoner tahun 2008 yang juga menang di 6 balapan dalam 1 musim.Dovizioso menggunakan motor yang kompetitif dan tidak bermasalah lagi pada problem Understeer.Rossi agak berbeda,karena dia harus berjuang tertatih-tatih mengejar poin akibat motornya yang sering rewel dan membuatnya kehilangan 3 Race berharga.

8. Sama-Sama Kalah Dari Lawan Yang Pakai Kode

Ketika tau Rossi Crash saat balapan berlangsung di Valencia,Tim Honda segera memberi sinyal pada Hayden.Rossi rupanya masih bisa menyalip beberapa Rider di depannya.Dari posisi 20 setelah Crash,Rossi naik sampai di urutan 13 dan tak bisa bertambah lagi.Hayden menerima pesan di Pit Board bertuliskan L3 ROSSI P3 (Lap tinggal 3 putaran,Rossi ada di urutan 13).

Ini hanya pesan biasa,namun yang menarik adalah pesan di Pit Board Pedrosa.Tertera tulisan MODE +6 MELAN.MODE disini berarti jaga jarak,maksudnya Pedrosa disuruh jaga jarak,jangan terlalu dekat dengan Hayden dan memberinya info bahwa Melandri ada di belakangnya.Ketika mendapat kode,Pedrosa akan melindungi Hayden agar tidak ada yang mengganggunya dalam usaha mencari poin untuk juara dunia.Di GP Valencia 2017 hal ini terulang dalam versi lain.

Di Lap 16 Pedrosa diberi kode TTTTTT (Titanium).Ini kode penyemangat yang menunjukkan kalau Pedrosa sedang dalam Pace luar biasa.Pedrosa memperoleh instruksi mendekati Marquez,bukan untuk menyalipnya.Tapi melindungi Marc dan menunggu kesempatan saat Zarco di overtake Marc.Ketika itu terjadi,Pedrosa akan langsung ikut menyalip Zarco,tapi dia tidak akan menyalip Marquez karena tugasnya adalah membantu melawan semua Rider yang menghalangi Marc.

9. Sama-Sama Kalah Di Seri Terakhir (Penentu)

Jika gelaran balap MotoGP mencapai Valencia,maka artinya MotoGP siap berakhir untuk musim tersebut.Valencia dipilih untuk seri terakhir.Bila penentuan pemenang dilakukan di Valencia,musim kompetisi itu pasti berjalan seru dan ketat.Tak jarang pemenang baru diketahui di akhir Race.

Rossi dan Dovizioso sama-sama terjungkal di seri terakhir,MotoGP Valencia.Bukan cuma mereka yang kalah karena membuat kesalahan.Banyak pembalap lainnya kalah saing di balapan terakhir akibat mendapat banyak tekanan untuk menang.Biasanya mereka akan mendorong motor lebih kencang hingga ketika konsentrasi terganggu,resiko Crash meningkat.

10. Sama-Sama Dianggap Pahlawan Walaupun Kalah

Dovizioso tak mampu mewujudkan mimpinya,meraih gelar juara dunia.Strategi Tim Ducati tak berjalan mulus.Lorenzo yang diduga akan membuka jalan bagi Dovizioso,nyatanya tak menuruti instruksi Tim.Lorenzo berniat membantu Dovizioso dengan menariknya kedepan.

Namun usaha itu gagal,malahan Lorenzo sama sekali tak membiarkan Dovizioso lewat.Dovizioso juga merasa tak punya cukup kecepatan untuk menyerang.Alhasil dia kalah dan masuk Pit seusai Crash.Sambutan dan respek datang dari semua kru,staff dan petinggi Ducati.Dovizioso kalah,tapi di hargai usahanya,bahkan dia diperlakukan seperti pahlawan.

Rossi pun menerima respek yang sama setelah gagal meraih kemenangan di Valencia 2006.Rossi menuju Pit Box dan sudah di nanti kedatangannya oleh para kru dan mekanik.Mereka memberikan selamat pada Rossi,meski dia kalah.Ucapan ini adalah selamat atas usaha yang telah di tunjukkan Rossi.Vale kalah secara terhormat dan tetap dianggap pahlawan bagi kubu Yamaha.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*