15 Rider Spanyol Hasil Tempaan Kejuaraan Balap Nasional

loading...

Haloo sobat media2give^^ Pada kesempatan ini Saya akan membahas informasi mengenai 15 Rider Spanyol Hasil Tempaan Kejuaraan Balap Nasional.MotoGP dalam 5 tahun belakangan ini selalu di dominasi oleh pembalap Spanyol dalam perebutan titel Championship.Terhitung sejak 2012-2016 saja,juara MotoGP tak pernah lepas dari Spanyol.Jorge Lorenzo juara dunia 2012 dan 2015.Sementara Marc Marquez juara pada tahun 2013,2014 dan 2016.

Musim kompetisi 2017,bahkan Spanyol punya 10 wakil Rider yang ikut dalam kejuaraan MotoGP.Padahal total pembalap yang berpartisipasi sebanyak 22 Rider.Artinya separuh pembalap di MotoGP itu orang Spanyol.Tidak cuma disitu saja,malahan Spanyol juga mendominasi sirkuit penyelenggaraan balap.4 dari 18 trek yang dipakai untuk MotoGP berada di Spanyol,seperti sirkuit Jerez,Catalunya,Aragon dan Valencia.Sampai-sampai,bos Dorna (Carmelo Ezpelata) pun asalnya dari Spanyol.

Kok semuanya dikuasai Spanyol ya? hehehe… Mungkin ada yang heran juga,kenapa bisa Spanyol sekuat ini berperan pada balap.Jika diingat lagi,tahun 2010 semua juara dunia di tiap kelas diperoleh oleh pembalap Spanyol.Lorenzo di kelas MotoGP,Toni Elias di 250cc dan Marc Marquez juara dunia kelas 125cc.Hebat banget kan? Disapu bersih semuanya.Walaupun kalau yang menang Spanyol terus kadang bikin bosan melihatnya.Yang lain pada kemana? hahaha…

Suka tidak suka memang begitulah kenyataannya.Penonton akan sering menyaksikan La Rojigualda (bendera Spanyol) berkibar di podium tertinggi.Disinyalir kesuksesan ini didapat berkat dukungan penuh dari banyak pihak pada dunia balap.Perusahaan di Spanyol menaruh perhatian besar dalam pengembangan bakat anak-anak muda yang potensial dan memiliki skills tinggi.

Dengan banyaknya sponsor,anak-anak yang tertarik pada balapan bisa mengasah kemampuannya hingga menjadi Rider professional.Sebetulnya Spanyol pernah mengalami masa kelam pada era 80-an sampai 90-an.Mereka punya pembalap sekelas Manuel Herreros yang jadi juara 80cc 1988.Lalu ada Alex Criville,juara dunia kelas 125cc dan Sito Pons yang memegang titel juara kelas 250cc.Sayang di kelas premier Spanyol tak sukses.

Penyebabnya adalah karena pabrikan Jepang tidak tertarik memberi support untuk pembalap Spanyol.Kok bisa? Selama 40 tahun,diktator Spanyol (Jenderal Franco) membuat aturan pembatasan impor motor Jepang ke Spanyol.Maksudnya agar pabrikan lokal seperti Bultaco,Ossa,Derbi dan Montesa tidak kalah saing.Namun ini justru merugikan dunia balap di Spanyol.Pabrikan lokal tak bisa menghindari kebangkrutan.

Terpaksa,aturan pembatasan itu perlahan mulai mengendur.Alhasil Honda,Suzuki,Kawasaki dan Yamaha bisa masuk ke Spanyol dan mengakuisisi pabrikan Spanyol.Kondisi buruk berubah semenjak tahun 1993 ketika digelar kejuaraan balap bernama Open Ducados International Championship.Kemudian makin banyak bermunculan ajang balap lainnya sehingga membuka peluang anak-anak untuk berlatih dan bersaing dengan motor balap yang menyesuaikan usia dan postur tubuh mereka.

Pedrosa (Baris Atas Urutan 3 dari Pojok Kanan)

3 kejuaraan lain yang tak kalah populer adalah Aprilia Bancaja,Caja Madrid dan Movistar Activa Cup.Bankia terlibat sebagai sponsor besar untuk mendanai balapan tersebut.15 Rider hebat yang terjun di kelas Moto3 (125cc),Moto2 (250cc) dan MotoGP saat ini ternyata jebolan dari 3 kompetisi bergengsi di Spanyol itu.Alvaro Bautista,Jorge Lorenzo dan Joan Olive merupakan hasil didikan di balapan Caja Madrid Cup bersama pembalap lainnya seperti Hector Faubel,Julian Simon,Niklas Ajo,Sergio Gadea,Joan Perello,Luis Salom dan Efren Vazquez.

Kiri ke Kanan : Bautista,Lorenzo,Olive (CAJA MADRID)

Nicolas Terol (Kiri) & Hector Barbera (Tengah)

Dulu Sito Pons,Carlos Cardus dan Jorge Martinez ikut dalam Bultaco Streaker Cup.Sementara di ajang lain diikuti oleh Alex Criville,Carlos Checa dan Emilio Alzamora.Aprilia Bancaja hadir untuk menggantikan Caja Madrid yang berhenti memberikan sponsor bagi ajang balapan dan memilih fokus untuk mendukung Derbi Team dalam kompetisi Derbi Cup.Hector Barbera,Sergio Gadea dan Mateo Tunisia adalah beberapa Rider yang ikut di ajang ini.

⌈ Rider dengan tanda warna coklat ⌋

» Rider Spanyol yang ikut balap nasional dan sekarang ada di kelas Moto3,Moto2 dan MotoGP

Rider Jebolan Aprilia Bancaja,Caja Madrid dan Movistar Activa Cup

Kelas Moto3

Niklas Ajo,Luis Salom,Hector Faubel,Nicolas Terol dan Joan Olive

Kelas Moto2

Xavier Simeon,Sergio Gadea,Julian Simon,Axel Pons,Alex de Angelis dan Efren Vazquez

Kelas MotoGP

Hector Barbera,Jorge Lorenzo,Alvaro Bautista dan Dani Pedrosa

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*