Zkala: Berbagi Ilmu Pengetahuan Demi Mencerdaskan Bangsa

loading...

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki sejarah panjang. Kemerdekaan yang di peroleh oleh negeri ini di dapatkan melalui sebuah perjalanan yang panjang. Kini, setelah lepas dari masa-masa kegelapan, sudah saatnya Indonesia bangkit. Salah satu faktor penunjang kekuatan suatu negara terletak pada sektor pendidikan. Tidak dapat di pungkiri bahwa pendidikan memegang peranan krusial dalam menentukan kemajuan di berbagai bidang kehidupan.

Pendidikan di mulai sejak usia dini. Bentuknya pun beragam, mulai dari pendidikan formal hingga non formal. Tuntutan kemajuan jaman mau tidak mau membuat manusia perlu menguasai ilmu dan teknologi. Di masa sekarang, Indonesia tengah berusaha menyamakan level dengan negara-negara maju. Status negara berkembang yang kini disandang, sepatutnya dijadikan pelecut semangat untuk meningkatkan mutu dari sumber daya manusia itu sendiri.

Gejolak sosial yang kerap terjadi menimbulkan kegelisahan dan seharusnya di atasi dengan kecerdasan dan logika, bukan hanya mengandalkan sudut pandang dari satu sisi saja. Berkaca pada logika, kebenaran dan kecerdasan, sejatinya bangsa ini sudah mempunyai misi mulia yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Jika Kita ingat, terdapat kutipan yang berbunyi “untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.”

Itu menandakan bahwa sebenarnya dari jaman dahulu Indonesia ingin menunjukkan diri mampu bersaing lewat ilmu pengetahuan. Bukti lain memperlihatkan jika orang Indonesia itu banyak yang berprestasi, contohnya saja di Olimpiade tingkat Internasional, dimana pelajar Indonesia sering memenangkannya. Yang harus dibenahi dari sistem pendidikan Kita adalah masalah ketimpangan antara si cerdas dan mereka yang kurang dalam bidang akademik.

Pembinaan yang benar bisa saja memunculkan manusia cerdas yang bukan hanya intelektualnya saja. Nyatanya di dunia kerja, ilmu bukan segalanya. Sebab keterampilan dan skills lebih di utamakan. Berkaitan dengan berbagai fenomena pada negeri ini, hadir wacana baru untuk membuka wawasan bersama. Segala hal tentang ilmu pengetahuan di tuangkan dalam bentuk pembahasan, mulai dari isu soal lingkungan, budaya, agama dan politik di ulas tuntas di www.zkala.web.id.

Situs ini memberikan beragam jenis ilmu untuk menjawab masalah sosial yang melanda Indonesia. Dengan mampu berpikir kritis lewat kebiasaan untuk membaca dan tanggap pada gejala-gejala di masyarakat, maka dapat lahir pemikiran dan gagasan baru agar mampu mengentaskan problem yang cukup kompleks. Pada dasarnya, pendidikan tidak boleh di pandang sebagai alat untuk menaikkan derajat sosial ekonomi saja.

Tapi juga harus mampu memanusiakan manusia. Artinya menjadikan manusia Indonesia sebagai manusia yang seutuhnya. Manusia yang mengerti tentang kebudayaan, nasionalisme, kemajuan ilmu pikir dan memiliki kompetensi mumpuni untuk bersaing menghadapi bangsa lain yang pemikirannya sudah canggih. Zkala mengajak Kita untuk mengerti berbagai hal tentang Indonesia dan ilmu pengetahuan.

Dengan sajian menarik, di harapkan orang-orang mudah memahami akan pentingnya menguasai ilmu demi terwujudnya pribadi yang cerdas secara pola pikir, kemampuan otak dan kecerdasan emosi. zkala.web.id berkomitmen untuk terus menambah paparan informasi seputar pengetahuan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu tidak salah bila Zkala dijadikan referensi untuk memperkaya cakrawala Kita dalam memandang sebuah ilmu pengetahuan.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*