Sirkuit MotoGP Paling Berbahaya Berdasar Rekor Crash

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya akan mengulas informasi menarik seputar Sirkuit MotoGP Paling Berbahaya Berdasar Rekor Crash.Kecepatan tinggi dan manuver cepat adalah ciri khas dari MotoGP.Tidak main-main,kecepatan motor bisa menembus lebih dari 350 km/jam.Oleh karena ini faktor Safety harus di utamakan,sebab itu menyangkut keselamatan pembalap.Untuk menunjang hal ini maka pengamanan dilakukan mulai dari baju pelindung atau lebih dikenal dengan istilah Wearpack.

Kemudian bantalan pengaman di siku dan lutut untuk menjaga agar sendi tidak bergeser/terluka karena Crash.Selain dari sisi internal,perlu juga keamanan dari external seperti kondisi aspal,dinding pembatas,area Gravel,lampu penerangan sirkuit dan lampu sinyal yang memberikan kode tertentu,misalnya lampu di Pit,lampu Dashboard motor sampai lampu khusus jika Wet Race.Persiapan yang matang dapat menentukan aman/tidaknya balapan yang akan berlangsung.

Dan sudah menjadi tugas Race Director untuk mengecek seluruh detailnya untuk menjamin keselamatan para Rider MotoGP.Tapi yang namanya balapan,resiko cidera tetap tidak dapat di hindari.Karena memang begitulah race MotoGP yang menyajikan keseruan aksi saling susul memperebutkan posisi puncak.Namun terkadang bentuk sirkuit itu sendiri yang berpengaruh pada munculnya insiden-insiden di lintasan.Masing-masing sirkuit dibangun dengan desain yang tidak sama.

Termasuk bentuk tikungan dan cara melewatinya dari sudut satu ke sudut lainnya.Ada sirkuit yang dibuat dengan banyak tikungan cepat,tikungan lambat,Chicane,Hairpin,Stop and Go dan juga Corkscrew.Bentuk lintasan pun beragam karena di beberapa trek ada kontur naik turun,bahkan ada juga area Bumpy yang menyulitkan pembalap untuk melibasnya.Butuh skills dan jam terbang tinggi agar bisa memahami cara membalap dan memilih Racing Line yang tepat saat balapan.

Beberapa sirkuit menghadirkan tantangan besar untuk di taklukkan.Namun taukah kalian bahwa sebagian sirkuit MotoGP termasuk trek yang berbahaya? Lalu kira-kira sirkuit mana yang paling ganas di MotoGP? Jawabannya ada di kampung halaman Valentino Rossi,di Italia.Tak di sangka sirkuit Misano yang memiliki panjang 4.064 km (2.525 mil) ternyata dinobatkan sebagai sirkuit paling berbahaya di MotoGP.Kenapa?

Sirkuit yang biasa digunakan untuk WSBK,Formula Renault,FIA Sportscars dan MotoGP ini telah banyak memakan korban.Tikungan 10 (Tramonto) adalah area paling mematikan bagi pembalap.Tahun 2010,pembalap Moto2 asal Jepang,Shoya Tomizawa meregang nyawa di Misano.Ini menunjukkan bagaimana beresikonya trek ini.Bahkan tikungan 11 (Curvone) dan tikungan 16 (Misano) tak kalah menantang maut dari tikungan Tramonto.

Renovasi sudah di lakukan di bagian sirkuit,termasuk menghapus 2 tikungan itu atas usul dari Rossi.Alasannya adalah karena tikungan itu terlalu dekat dengan tanah dan kerikil diluar trek,sementara pembalap sering melebar di 2 tikungan tersebut.Jika ban menyentuh tanah,ban motor akan selip dan tergelincir hingga Crash.

Tahun 2017 saja,di Misano terjadi 141 insiden yang di akumulasi dari sesi Free Practice sampai Race.Free Practice 1 memunculkan 33 kasus Crash.81 insiden lain dapat dirinci menjadi 26 insiden pada sesi Warm Up dan 55 insiden ketika Race.Dari 55 kali insiden ini bisa dibagi lagi ke 3 kelas : Moto3 (23 insiden),Moto2 (23 insiden) dan MotoGP (9 insiden).

Pembalap Yang Crash (Moto3)

Enea Bastianini (dua kali),Gabriel Rodrigo,Nakarin Atiratphuvapat,Tatsuki Suzuki,Jakub Kornfail,Adam Norrodin,Bo Bendsneyder,Lorenzo Dalla Porta,John McPhee,Niccolo Antonelli (dua kali),Danilo Guevara,Martin,Bezzecchi (dua kali),Sasaki,Arbolino,Kaito Toba,Kevin Zannoni,Aron Canet dan Patrik Pulkkinen.

Pembalap Yang Crash (Moto2)

Luca Marini,Mattia Passini,Lorenzo Baldasarri,Franco Morbidelli,Tarran Mackenzie,Edgar Pons,Xavi Vierge,Jorge Navarro,Isaac Vinales,Xavier Simeon,Oliveira Fernandez,Iker Lecuona,Andrea Locatelli,Joe Roberts,Tetsuta Kagashima (2 kali Crash),Remy Gardner (2 kali Crash),Alex de Angelis,Stefano Manzi,Takaaki Nakagami dan Simone Corsi.

Pembalap Yang Crash (MotoGP)

Karel Abraham,Cal Crutchlow,Jorge Lorenzo,Loris Baz (2 kali),Hector Barbera,Aleix Espargaro,Sam Lowes dan Tito Rabat.

Berdasar catatan rekor insiden terbanyak sepanjang sejarah MotoGP,Misano menempati urutan paling atas.Dan itu terjadi pada musim kompetisi 2017.Banyaknya insiden ini di sebabkan oleh hujan yang mengguyur sirkuit.Total Crash mencapai angka 141.Selain Misano,ada pula sirkuit lain yang masuk dalam kategori “Most Dangerous Circuit” di MotoGP.Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada daftar trek MotoGP paling berbahaya berikut ini.

Sirkuit Dengan Insiden Terbanyak

Misano (2017) = 141 insiden

Estoril (2010) = 130 insiden

Misano (2014) = 109 insiden

Donington Park (2007) = 109 insiden

Le Mans (2009) = 96 insiden

Le Mans (2017) = 94 insiden

Donington Park (2005) = 93 insiden

Le Mans (2012) = 93 insiden

Assen (2017) = 91 insiden

Phillip Island (2016) = 90 insiden

loading...
loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*