Dominasi Kemenangan Rider Spanyol Di Sirkuit Italia

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya akan membahas tentang Dominasi Kemenangan Rider Spanyol Di Sirkuit Italia.Perkembangan dunia balap MotoGP berlangsung begitu cepat,bukan hanya pada motor,teknologi dan regulasi saja,namun juga merambah pada pembalap yang ikut berkompetisi di MotoGP.Perubahan jumlah peserta balap sangat terasa,terutama bila kita menilik pada negara asal mereka.Di jaman kelas 500cc,MotoGP banyak di isi oleh pembalap dari negara Eropa.

Uniknya,Amerika Serikat adalah negara yang paling intens menghasilkan Legenda MotoGP klasik.Sebut saja nama-nama terkenal seperti Wayne Rainey,Randy Mamola,Eddie Lawson,Freddie Spencer dan Kenny Roberts.Semuanya berasal dari negeri Paman Sam.Namun seiring waktu,pergeseran pun mulai terjadi.Negara lain mulai bisa mengimbangi pencapaian Rider asal Amerika,bahkan lambat laun pembalap Amerika tersingkir dari persaingan kelas para raja.

Pada MotoGP modern,muncul 2 kekuatan besar yang saling beradu yang senangtiasa melibatkan emosi dan harga diri.Siapakah 2 kekuatan yang bertarung ini? sudah tentu Italia Vs Spanyol.Ya,ketika MotoGP beralih ke 800cc,Spanyol hadir sebagai penantang baru.Sama halnya dengan Italia,saat nama Valentino Rossi mencuat pada musim 2001.Duel pun sering terjadi antara pembalap Spanyol melawan pembalap Italia.

Bertahun-tahun Rossi menguasai podium tertinggi,kini Rider Spanyol mencoba meruntuhkan kejayaan Rossi.Dari tahun ke tahun orang selalu fokus menonton Rossi Vs…. , Rossi Vs…. dan terus begitu.Seolah-olah aktor utamanya itu Rossi.Namun sekarang justru Spanyol yang berhasil menguasai MotoGP.Lihat saja,di tahun ini banyak pembalap Spanyol berbakat seperti Marquez,Pedrosa,Lorenzo dan Vinales.Peningkatan jumlah Spaniard ini mempengaruhi jalannya persaingan.

Sejak Rossi tak bisa juara dunia lagi,invasi Rider Spanyol sangat kental.Yang lebih mengejutkan,pembalap Spanyol ini mulai menguasai trek-trek yang ada di Italia.Seperti yang kita tau,ada 2 sirkuit di Italia yang dipakai untuk MotoGP,yaitu Mugello dan Misano.Anehnya,pembalap Italia tak bisa berbuat banyak di kandang sendiri.Secara jumlah Rider,memang Spanyol diatas Italia.Di tahun 2017 ada 9 wakil dari Spanyol yang membalap,sementara Italia cuma menyisakan 4 Rider.

Total pembalap yang ikut race sebanyak 23 orang.Artinya 39% pembalap MotoGP sekarang berasal dari Spanyol dan Italia hanya memberikan porsi 17% saja pada pembalapnya yang turun di MotoGP.Alhasil,tak sulit bagi Spanyol untuk menaklukkan Italia.Tak disangka,sekalipun membalap di rumah sendiri,bukan jaminan Rider Italy bisa menang.Buktinya dalam beberapa tahun terakhir malahan pembalap Spanyol yang sukses menang di Italia.

Sirkuit Italia sudah seperti area kekuasaan Rider Spanyol.Hasil raihan pembalap Italia sangat tidak relevan dengan dukungan yang di berikan fans disana.Tragisnya lagi,dominasi pembalap Spanyol susah untuk di hentikan di trek Italia.Berulang kali fans gigit jari akibat melihat jagoannya tidak naik podium atau hanya berada di posisi 2 atau 3.Untuk tau bagaimana kuatnya pembalap Spanyol saat tampil di Italia,mari kita cek statistik berikut ini :

JUARA GP MUGELLO

2017 = Dovizioso
2016 = Lorenzo
2015 = Lorenzo
2014 = Marquez
2013 = Lorenzo
2012 = Lorenzo
2011 = Lorenzo
2010 = Pedrosa
2009 = Stoner
2008 = Rossi
2007 = Rossi

JUARA GP MISANO

2017 = Marquez
2016 = Pedrosa
2015 = Marquez
2014 = Rossi
2013 = Lorenzo
2012 = Lorenzo
2011 = Lorenzo
2010 = Pedrosa
2009 = Rossi
2008 = Rossi
2007 = Stoner

Total Kemenangan (Mugello + Misano)

Lorenzo = 8 kali
Rossi = 5 kali
Marquez = 3 kali
Pedrosa = 3 kali
Dovizioso = 1 kali

Presentase Kemenangan

Rider Italia (Mugello) = 27%
Rider Italia (Misano) = 27%

Rider Spanyol (Mugello) = 64%
Rider Spanyol (Misano) = 64%

Lihat! Rider Italia yang bisa menang balapan di kandang sendiri cuma Rossi dan Dovizioso.Itupun jumlahnya sangat sedikit bila dibandingkan dengan kemenangan Rider Spany0l.Kalau di hitung,perbandingannya 14:6 dengan Spanyol yang menang.Harapan publik Italia makin tipis,mengingat yang bisa di harapkan tinggal Rossi dan Dovizioso saja.Sedangkan Iannone mustahil juara di Italia tahun ini karena motornya yang kurang kompetitif.Sedangkan Petrucci,kurang bisa menjamin melihat penampilannya yang tak konsisten.

Kelak jika Rossi pensiun,harapan besar di gantungkan pada pembalap muda Italia dari VR46 Academy.Sebab merekalah yang punya tugas menghapus luka fans Italia setelah Rider Spanyol selalu tersenyum dan merajai sirkuit Italia selama bertahun-tahun.Ingat! ada kebanggaan besar bagi Rider Italia setiap kali membalap di negeri sendiri.Dan kebanggaan itu telah di rusak oleh dominasi Spanyol.Semoga saja pembalap Italia bisa bangkit di masa depan.

loading...
loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*