Flashback GP 125cc Sentul 1997 : Rossi Menang Fantastis!

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya akan membahas informasi seputar Flashback GP 125cc Sentul 1997 : Rossi Menang Fantastis! Yap,ini memang cerita yang sudah lama berlalu.Namun memorinya tak akan pernah bisa terlupakan,baik bagi Rossi,para fans dan tentunya warga Indonesia.Kenapa? Indonesia patut bangga karena Valentino Rossi pernah membalap di negeri kita.

Bahkan bukan hanya menjadi peserta lomba saja,tapi Rossi juga mempersembahkan kemenangan berharga untuk timnya.Tahun 1996 merupakan awal mula sirkuit Sentul di tunjuk sebagai arena untuk menggelar balapan kelas premier (GP 500cc),kelas 250cc dan 125cc.Sentul adalah salah satu rencana besar untuk menempatkan Indonesia di dunia otomotif tingkat internasional.Sirkuit sepanjang 4,21 km ini pernah di targetkan untuk di gunakan dalam balapan F1.

Tapi usaha tersebut gagal akibat krisis moneter.Akhirnya Malaysia malahan yang duluan mengambil peluang dengan berhasil menjadi tuan rumah GP500cc dan F1.Di tahun 1996 Rossi pertama kalinya merasakan panasnya suhu cuaca dan persaingan melawan kompetitor di Sentul.Umurnya masih 18 tahun kala tampil di Sentul.Faktor perbedaan kondisi iklim dengan negara Eropa tak menghalangi Rossi untuk menunjukkan semangatnya meraih prestasi terbaik.

Sayangnya tahun 1996 Rossi hanya menempati peringkat ke 11.Musim itu adalah musim perdana Rossi menjadi Rider Aprilia.Rossi butuh adaptasi dengan atmostif balap kelas 125cc,apalagi GP Sentul di gelar di urutan ke 2 sesuai jadwal,sehingga Rossi belum bisa mendapatkan podium kemenangan.Orang-orang belum terlalu mengenal siapa itu Rossi dan sehebat apa skill balapnya.

Fokus perhatian penonton lebih tertuju pada aksi Max Biaggi yang tengah dalam masa puncak popularitas di kelas 250cc.Namun cerita berbeda usai Rossi menyelesaikan 1 musim kompetisi.Tahun 1997 saat kembali lagi ke Sentul,Rossi berhasil jadi juara.Di sirkuit yang di bangun tahun 1992 dan berlokasi di Bogor itu,Rossi mencatatkan rekor baru,menaklukkan Grand Prix 125cc di Indonesia.

Rossi mengawali race dari posisi start ke 4.Di depannya ada Jorge Martinez,Tomomi Manako dan Kazuto Sakata.Rossi berada di posisi 4 karena hanya mampu mencatatkan waktu 1 menit 34,745 detik.Pole Position di pegang oleh Martinez dengan waktu 1 menit 34,393 detik.Race pun berjalan dan Rossi langsung beraksi di lap awal.Lap pertama posisinya naik ke urutan 3 setelah melewati Martinez.

Tak berapa lama kemudian Rossi sukses menggusur tempat ke 2 Manako dan mengejar Sakata yang memimpin balapan.Rossi melakukan overtake menawan di sebuah tikungan dan menguasai jalannya race.Lap 10 Rossi membuka gap sejauh 3,935 detik di depan Sakata.Tak terkejar,Rossi pun memenangi balapan di Sentul setelah berjuang selama 26 Lap.Di depan Finish Line Rossi melakukan Wheelie,mengangkat roda ban depan tinggi-tinggi ke atas.

Jika melihat catatan sejarah MotoGP,Rossi adalah satu-satunya Rider MotoGP saat ini yang pernah mencicipi kerasnya pertarungan di aspal Sentul.Selain Rossi,ada beberapa nama Rider hebat yang pernah membalap di Sentul.Namun semua pembalap itu sudah pensiun sekarang,sehingga cuma Rossi seorang,pembalap veteran yang masih aktif membalap hingga kini dan sempat balapan di GP Indonesia.

Rider Yang Pernah Balapan Di Sentul :

1. Mick Doohan – Sudah Pensiun
2. Max Biaggi – Sudah Pensiun
3. Troy Bayliss – Sudah Pensiun
4. Carlos Checa – Sudah Pensiun
5. Loris Capirossi – Sudah Pensiun
6. Valentino Rossi – Belum Pensiun (2017)

Memori Rossi di Sentul nyaris saja terulang tahun lalu.Hampir saja Rossi mengaspal kembali di Sentul setelah 20 tahun berlalu.Itu terjadi ketika Rossi dan Vinales di undang Yamaha untuk mencoba motor lansiran terbaru,Yamaha R15.Keduanya mengikuti ajang untuk mempromosikan produk Yamaha itu.

Sayang seribu sayang,hanya Vinales yang akhirnya ikut pada program peluncuran Yamaha R15.Rossi ternyata lebih memilih liburan di Labuan Bajo,NTT daripada kembali menunggang motor di Sentul.Meski begitu,kedatangan Rossi ke Indonesia pastinya berdampak besar,baik untuk produk motor juga bagi sektor pariwisata Indonesia.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*