Arti “The Doctor” Yang Asli (Pengobat Motor Sakit)

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya akan berbagi informasi mengenai Arti “The Doctor” Yang Asli (Pengobat Motor Sakit).Yap,membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan Rossi selalu menarik untuk di bahas.Pembalap yang satu ini adalah Legenda Hidup MotoGP dengan koleksi 9 gelar juara dunia.Jika sudah mendapat gelar sebanyak itu,pastilah usianya tak lagi muda.

Lebih dari 20 tahun Rossi tetap ada di MotoGP,bahkan dirinya dijadikan icon MotoGP,dimana kehadirannya saat race senangtiasa di tunggu para penonton,terlebih lagi fans berat Rossi yang dinamai Rossifumi.Rossi telah banyak bertemu rider dengan karakter dan style berbeda-beda.Kecintaannya sangat besar pada ajang balap MotoGP sehingga umur yang makin bertambah tidak lantas membuatnya menyerah.

Target utama setiap musim akan selalu sama,mencari titel juara dunia ke 10.Di masa lalu Rossi pernah menyajikan tontonan menegangkan ketika dirinya berduel ketat hingga menyentuh garis finish.Saat masih di kelas 125cc dan 250cc Rossi tampil agresif sesuai jiwa mudanya.Semangatnya membara untuk melewati satu demi satu lawannya dan menyelesaikan lomba sebagai juara.Rossi memiliki aura khas bintang terkenal.

Daya magisnya telah menghipnotis banyak orang untuk menjadi penggemarnya setelah melihat aksi-aksi overtake Rossi di balapan.Rossi bukan hanya rider hebat yang membawa motor menjadi juara,tapi juga seorang entertainment sejati.Dia tau bagaimana menarik perhatian orang.Selebrasi merupakan salah satu kebiasaannya untuk merayakan sebuah kemenangan.

Selain selebrasi,Rossi juga mempunyai nama sebutan unik.Julukan milik Rossi sudah ada sejak dia bersaing di kelas 125cc.Nickname Rossi semakin bertambah seiring perjalanan karirnya.Setidaknya ada 3 sebutan bagi Valentino Rossi yang unik dan terkenal sampai kini (Rossifumi,Valentinik dan The Doctor).Disini yang Saya akan bahas hanyalah julukan The Doctor saja karena terdapat fakta menarik tentang sebutan ini untuk Rossi.

The Doctor

Dari semua julukan Rossi,mungkin The Doctor lah yang paling fenomenal.The Doctor pertama kali digunakan Rossi saat masuk ke GP500cc.Julukan ini dapat diartikan sebagai sosok yang mempunyai keahlian.Jika dokter biasanya ahli di bidang kesehatan,maka The Doctor yang dimaksud disini adalah ahli dalam urusan mengendalikan motor.Perkembangan pola pikir Rossi menjadikannya lebih bijak dan dewasa.

“Di GP 500cc kita tak membutuhkan Superhero.Yang di perlukan adalah tenang dan berpikir seperti doktor,kata Rossi.”

Rossi tak terlalu ingin lagi gila-gilaan seperti jaman remaja karena merasa bukan saatnya lagi melakukan itu.Ketika Rossi berada di Nastro Azzuro Honda,kondisi Paddock terlalu serius.Semua orang terpengaruh karakter Doohan yang emosional.Mekanik dan para kru merasa tertekan sehingga membuat Rossi kurang senang.Padahal menurutnya membalap itu harus “Happy & Fun”.Rossi berpikir mengubah keadaan menjadi lebih cair.

Pada salah satu race Rossi berhasil juara,lalu merayakannya dengan selebrasi yang sering dia lakukan dulu.Sejak saat itu Rossi makin sering menciptakan selebrasi unik ketika menang.Di GP Jerez 2001 Rossi memperlihatkan sebuah selebrasi dimana dia membonceng orang yang mengenakan seragam dokter.Ini sebagai simbol bahwa The Doctor telah menguasai sirkuit Jerez.Istilah “The Doctor” juga mempunyai makna lainnya.

Bagi orang-orang Italy,dokter merupakan nama yang sering diberikan bagi seseorang yang mereka hargai.Hal ini di benarkan oleh ayah Rossi,Graziano yang pernah berkata “Di Italy Kami memberikan titel dokter untuk sesorang yang Kami hormati.” Dalam dokumentasi berjudul “Fastest” yang terbit tahun 2011 juga di sebutkan alasan Rossi memilih nama The Doctor.Rossi mengatakan bahwa kebanyakan dokter di Italy memakai nama Rossi/Valentino.Rupanya julukan itu sangat pas untuk Rossi.Kenapa?

Perbandingan Rossi Dengan Dokter

Rossi bukanlah rider sembarangan karena dia mampu juara dunia dengan mesin berbeda,Pabrikan berbeda,teknologi berbeda dan kelas berbeda.Tidak banyak pembalap yang bisa seperti ini.Namun yang lebih penting,Rossi tidak cuma bisa membalap.Dia mengerti tentang motor karena baginya motor adalah teman.Di saat motornya mogok dalam balapan atau Crash akibat kesalahan pada motor,Rossi tidak pernah berlaku kasar pada motornya.

Waktu start akan dimulai pun Rossi terbiasa menyandarkan kepala ke bagian depan motor dengan tujuan untuk menyatukan perasaannya dengan motor.Rossi percaya cara itu memberikan pengaruh positif waktu race.Lalu apa hubungannya Rossi dan dokter? Rossi punya kemampuan lain yaitu menyembuhkan penyakit motor layaknya dokter yang mengobati pasiennya.

“Ketika dia bersiap dengan motornya,Rossi seperti dokter karena memperhatikan banyak aspek.Dia melakukan pengobatan seperti dokter,kata Falcioni (Marketing Manager VR46 Racing) dilansir dari MCN.”

Itu sudah terbukti ketika Vale pindah ke Yamaha tahun 2004.Sebelum Rossi datang,Yamaha M1 2003 tak berkembang.Pembalap seperti Biaggi dan Barros nyatanya gagal mengubah YZR-M1 untuk bisa kuat bersaing menghadapi Honda.Tapi Rossi datang untuk mengubah keadaan.Bisa di ibaratkan M1 saat itu sedang sakit parah karena komplikasi dari berbagai masalah.

Tentunya Rossi tidak sendirian mengobati M1 karena di dukung pula 2 sosok penting : Jerremy Burgess dan Masao Furusawa.Rossi memulai proyek besar,mengoperasi M1.Seorang dokter bekerja dengan pengambilan keputusan yang tepat dan ketelitian tinggi.Itu yang di lakukan Rossi pada M1.Sang pasien (YZR-M1) di tutup dengan kain,sama seperti orang yang mau menjalani operasi lalu Rossi datang membuka kain penutupnya.

Valentino Rossi Surgery

Rossi menempelkan stetoskop pada body M1 sampai detak jantung M1 terdengar.Ketika operasi selesai,saatnya untuk mengetes YZR-M1 agar mengetahui apakah operasi itu berhasil/tidak.Dalam sesi tes di sirkuit Sepang 2004,Rossi ternyata mampu menorehkan catatan waktu tercepat.Sebuah hasil yang sama sekali tak disangka.Tapi itu belum lah berakhir karena ujian yang asli ada di race pembuka MotoGP 2004 di Sirkuit Phakisa (Welkom).

Hasil tes pertama di Sepang (Rossi tercepat)

Para kru dan tim dibuat “deg-degan” melihat aksi Rossi berduel dengan Biaggi yang punya motor dan teknologi lebih canggih.Duel sengit akhirnya dimenangkan oleh Rossi.Ketegangan di Paddock yang tadinya memuncak,berubah jadi luapan emosi kebahagiaan dan sorakan orang-orang,pertanda operasi pada M1 berjalan sukses.Di GP Catalunya 2004 sang dokter menunjukkan dampak operasinya yang lebih luas karena meskipun awalnya yang diobati hanyalah M1 Rossi,tapi metode pengobatan itu di terapkan juga pada motor Yamaha lainnya.

Ketegangan Kru tim Rossi Di GP Phakisa

Hasilnya di sirkuit Catalunya Yamaha untuk pertama kalinya di tahun itu mempermalukan kubu Honda,sebab ada 3 rider Yamaha (Rossi,Melandri,Checa) di posisi 4 besar.Padahal di musim itu Honda unggul dari sisi teknologi dari Yamaha.Rossi yang sukses menang di Catalunya merayakannya melalui selebrasi Burn Out sambil mengenakan kostum dokter sekaligus menunjukkan pada dunia bahwa The Doctor telah berhasil juara dan membawa perubahan besar.

Si dokter gila berkali-kali melakukan eksperimen.Kali ini bukan untuk meningkatkan performa M1,tapi untuk mengalahkan lawan-lawan di lintasan.Rossi yang dijuluki “Raja Tikungan” ini suka melakukan percobaan overtake dengan gaya khas.Rossi biasanya mempelajari cara balap rider di depannya sehingga tidak terburu-buru menyalip.Dia menghafalkan perilaku lawan ketika mengerem,membuka gas dan menikung.

Ini dilakukan Rossi untuk menganalisa kelebihan dan kekurangan lawan serta keunggulan dan kelemahan dirinya sendiri sehingga Rossi tau di sektor mana dia kuat dan di bagian sirkuit mana dia agak lemah.Rossi suka menguntit lawan dalam beberapa lap untuk menjatuhkan mentalnya atau menunggu lawan membuat kesalahan.Di saat itulah aksi overtaking Rossi muncul.Eksperimen gila Rossi dalam menyalip sudah banyak terlihat.

Contohnya waktu mengovertake Gibernau di Last Corner sirkuit Jerez 2005 dan aksinya melewati Lorenzo di tikungan terakhir sirkuit Catalunya 2009.Banyak yang tak mengira tikungan itu bisa dipakai menyalip dengan cara seperti yang Rossi lakukan,tapi itulah bukti kehebatan eksperimen “The Doctor”.

Persamaan Rossi Dan Dokter

1. Ketepatan Mengontrol Motor Saat Menikung

Seorang dokter harus bisa menentukan keputusan yang tepat dan berhati-hati melakukan tugasnya.Misalnya waktu mengoperasi orang.Ini sama dengan cara Rossi yang selalu mengendalikan diri di posisi menikung,bahkan saat menikung untuk melewati rider lain.

2. Mempertahankan Mental Di Level Tinggi

Dokter mesti kuat melihat hal-hal yang menakutkan seperti kondisi organ tubuh pasien.Oleh karena itu dibutuhkan mental tinggi jika menjadi dokter.Sama halnya dengan Rossi yang berhadapan dengan lawan yang punya skills dan kecepatan tinggi.Rossi merasa tertantang menaklukkan mereka seperti dokter yang tertantang menyembuhkan penyakit.

3. Menjaga Konsentrasi Dan Fokus

Dokter bekerja dengan konsentrasi dan fokus penuh agar tidak salah membuat hipotesis atas kondisi pasien.Sama dengan yang terjadi pada Rossi di balapan.Rossi biasanya akan merasakan kondisi motornya di lap-lap awal dan menentukan kapan harus menyerang dan kapan harus menahan kecepatan untuk menjaga tingkat keausan ban yang menjadi strategi jitu mengalahkan lawan.

4. Mempelajari Lawan Di Setiap Corner

Dokter perlu mempelajari penyakit yang ada dalam tubuh pasien dan mencari tau apa penyebabnya.Ini diibaratkan seperti cara balap Rossi yang senang mengikuti Racing Line lawan untuk melihat perilaku pesaingnya di tikungan.Setelah tau kebiasaan lawannya,Rossi akan mencoba melakukan aksi overtake di tikungan yang menurutnya cocok dipakai menyalip.

loading...
loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*