5 Rider Jagoan MotoGP Ini Malu Karena Di Overlap

loading...

Haloo sobat media2give^^ Pada kesempatan kali ini Saya ingin mengulas informasi yang unik,masih berkaitan dengan dunia balap.Yap,pembahasan utama adalah mengenai 5 Rider Jagoan MotoGP Ini Malu Karena Di Overlap.MotoGP tak pernah lepas dari drama dan duel-duel seru yang sayang untuk di lewatkan.Semua pembalap mempunyai misi yang sama,memenangkan sebanyak mungkin race untuk jadi juara dunia.

Seperti olahraga lainnya,di MotoGP pun kita mengenal adanya regulasi.Dorna sebagai pemegang hak tertinggi untuk mengatur jalannya kompetisi MotoGP,sudah membuat aturan yang wajib di patuhi Rider dan tim.Ada sedikit perbedaan soal komunikasi pada MotoGP,sebab di balapan ini bermunculan istilah-istilah kompleks untuk menyebut atau menandai sesuatu.

Jika di perhatikan baik-baik,Pit Board pembalap saja pasti terdapat kode-kode yang terdiri dari singkatan,angka maupun simbol yang hanya di mengerti Rider.Barangkali kalian juga sering mendengar kata-kata Dog Fight,Pace,Lap Time,Flag to Flag,Braking Point,Overtake,Crossing The Line,Pushback,Blockpass,Slipstreams,Massive,Slow Down,Wheel to Wheel,Corkscrew dan istilah lainnya.Yang paling mudah kita dengar adalah istilah “Overtake”.

Overtake merupakan sebutan untuk situasi ketika pembalap melakukan manuver menyalip,entah ketika adu cepat di lintasan lurus ataupun melewati lawan di tikungan.Namun kadang ada yang menyebutnya dengan istilah “Overlap”.Padahal sebenarnya itu 2 hal yang mengandung makna berbeda.Dari struktur kata,Overlap diambil dari gabungan 2 kata = Over + Lap.Lap itu sama artinya dengan putaran di sirkuit.

1 Lap penuh di hitung dari Start Line sampai kembali lagi ke Start Line lagi.Sedangkan Overlap itu maksudnya mendahului lawan sejauh 1 putaran/1 Lap.Contohnya bila pembalap B di Overlap pembalap A.Artinya jarak mereka terpaut 1 Lap,sehingga pembalap A menyalip pembalap B lagi dari belakang untuk kedua kalinya.Bagi pembalap yang akan di Overlap,biasanya petugas pengibar bendera akan memberinya tanda dengan mengibarkan Blue Flag.

Rider yang melihat ini wajib membuka jalan bagi pembalap di belakangnya dan tidak boleh menghambatnya.Rider yang terkena Blue Flag di larang menyalip pembalap terdepan yang mau melewatinya.Bagi pembalap hebat yang pernah juara dunia MotoGP,di Overlap menjadi momen paling memalukan,sebab seharusnya motor mereka bisa bersaing di baris depan,bukannya ada di urutan paling belakang.

Pembalap jempolan yang kena Overlap akan menanggung beban mental yang berat.Mereka akan jadi bahan tertawaan.Tapi sebagian di antara mereka ada yang tidak peduli,karena mereka tau penyebab sampai di Overlap bukan karena motornya lambat,namun lebih di sebabkan motornya mengalami problem,mungkin masalah teknis/ban.Lalu kira-kira siapa sajakah Top Rider MotoGP yang pernah tertimpa sial di Overtake pembalap lain?

1. Pedrosa Di Overlap Melandri (Phillip Island 2006)

Tahun 2006 adalah tahun perdana Pedrosa tampil di MotoGP.Saat membalap di GP Phillip Island,Pedrosa menghadapi hari yang buruk dalam karir awalnya bertarung di kelas premier.Ketika sesi Warm Up,race sempat di tunda selama 10 menit akibat titik-titik air muncul di aspal,pertanda hujan kemungkinan turun.

Semua Rider bersiap-siap dengan motor pengganti,tapi sebagian pembalap memilih motor dengan setting ban awal (Slick Tyre) karena melihat kondisi trek belum basah,cuma gerimis yang turun.Balapan pun di mulai sampai di Lap 8 ternyata hujan benar-benar turun,bahkan cukup deras.Banyak pembalap yang masuk Pit untuk ganti ban.

Posisi pembalap berubah total.Pedrosa yang keluar Pit merasakan motornya tidak beres.Kecepatannya makin melambat hingga tercecer di urutan 15.Sang pemimpin balapan,Marco Melandri malahan sampai bisa mengoverlap Pedrosa di Lap 24.Ini adalah kejadian memalukan pertama yang di alami Pedrosa pasca pindah ke MotoGP.

2. Rossi Di Overlap Lorenzo (Le Mans 2009)

Kesalahan fatal Rossi di GP Le Mans berawal dari pilihannya masuk ke Pit kala race baru berjalan 6 Lap.Rossi mengganti ban ke Slick Tyre,padahal trek masih basah walaupun hujan sudah berhenti.1 Lap berselang Rossi Crash waktu melintasi area yang licin.Rossi masuk Pit lagi dan menurut peraturan,Rossi harus memakai Wet Tyre jika kembali ke Pit.

Sayangnya saat kembali ke lintasan,Race Director mendeteksi Rossi melanggar batas kecepatan saat berada di Pit Lane.Akhirnya sanksi Ride Through Penalty di jatuhkan pada Rossi.Rossi pun mau tidak mau harus pergi ke Pit mengganti motor,sesuai hukuman itu.Lorenzo yang mempunyai strategi lain dari Rossi,mencoba bertahan dengan ban basah.

Di Lap 13 baru dia mau masuk Pit dan berganti motor.Lorenzo telah membuka gap yang jauh sehingga sekalipun masuk Pit,posisinya masih ada di urutan pertama.Pada Last Lap,Lorenzo datang dengan kencang.Tak butuh waktu lama,Rossi pun di dekati sampai ujungnya dia di Overlap Lorenzo.

3. Stoner Di Overlap Dovizioso (Donington Park 2009)

Stoner yang mengendarai Desmosedici GP 9 tak menyangka Donington Park akan jadi balapan terburuknya.Ducati yang Powerfull secara mengejutkan tak berkutik menghadapi motor Satelit dan tersingkir di baris belakang.Stoner tampil di bawah performa normalnya.Penonton yang melihat kejadian itu bertanya-tanya,ada apa gerangan dengan Stoner? Apakah GP 9 bermasalah?

Rupanya motor Stoner tidak apa-apa,namun dia salah menentukan pilihan ban untuk balap.Balapan di Donington Park di Declare Dry Race oleh pihak Race Director setelah mempertimbangkan keadaan aspal yang masih hangat.Stoner menolak memakai ban kering karena memantau langit yang mendung dan menurutnya pasti hujan turun di race.Akhirnya Stoner menggunakan Wet Tyre.

Sayangnya hujan tidak cepat turun,padahal balapan sudah berlangsung beberapa Lap.Di putaran ke 24 Stoner masuk Pit dengan ban yang sudah aus.Posisinya mundur jauh ke belakang dan tak bisa mengejar lagi ke depan.Sampai balapan selesai Stoner terpaku di urutan terakhir,malahan Dovizioso mudah mengoverlapnya setelah membuat jarak hingga 1 Lap di depan Stoner.

4. Marquez Di Overlap Lorenzo (Le Mans 2016)

MotoGP 2016 menghadirkan perubahan besar pada cara balap Marquez.Jika di tahun sebelumnya dia super agresif,di musim 2016 Marquez mulai sedikit konservatif.Targetnya berusaha menang di balapan,tapi jika tidak bisa,dia hanya akan mengincar podium.Itu di terapkan pula saat membalap di GP Le Mans.Di Lap 16,tikungan ke 5 Marquez terjatuh bersamaan dengan Dovizioso.

Beruntungnya motornya masih bisa jalan meski terdapat bagian yang rusak.Apalagi pembalap di depan Marquez banyak yang Crash sehingga posisinya naik ke urutan 13.Gap Marquez tertinggal 1 Lap dari Lorenzo di tempat paling depan.Marquez pun di Overlap Lorenzo dan pasrah tanpa perlawanan.Misinya hanyalah bisa finish dan mengamankan  3 point penting untuk menambah perolehannya di klasemen.

5. Lorenzo Di Overlap Crutchlow (Brno 2016)

Di Balapan pada sirkuit Brno 2016,Lorenzo terpaksa menelan kenyataan pahit,di Overlap Rider LCR Honda,Cal Crutchlow.2 Race sebelumnya di trek basah Lorenzo menuai hasil buruk,hanya finish ke 10 di Assen dan ke 15 di Sachsenring.Ini musim paling berat bagi Lorenzo di MotoGP.Di Brno Lorenzo masuk Pit 2 kali dan membuyarkan konsentrasinya.

Ketika berada di posisi 10,Lorenzo mendadak pergi ke Pit pada akhir Lap 14 karena ban motornya jebol.Dia mengganti motor dan kru tim memberi setting ban kering.1 Lap berikutnya Lorenzo balik ke Pit lagi karena merasa ban yang dia gunakan tidak cocok,sebab aspal terlalu basah dan licin untuk di lintasi memakai Slick Tyre.Sejak itulah balapan jadi kacau.

Cal Crutchlow yang tampil menawan karena keuntungan ban depan belakang Hard melaju sangat cepat.Saking kencangnya,dia sampai bisa melakukan Overlap pada Lorenzo.Ini momen memalukan sepanjang karir Lorenzo,sebab yang mengoverlap adalah motor dari Tim Satelit yang kondisinya tidak sebagus YZR-M1 miliknya.

6. Lorenzo Di Overlap Rossi (Assen 2017)

Nasib sial menghantui Lorenzo lagi di sirkuit Assen.Hasil balapan di trek basah yang kurang memuaskan sekaligus mempertegas jika Lorenzo mudah keyok jika lintasan basah.Dari sesi kualifikasi,hujan deras membuat Lorenzo drop di urutan 21 untuk Start di Assen.Saat balapan dan trek belum basah,Lorenzo menunjukkan skills apik dan naik ke urutan 12 di Lap 18.

Namun segalanya berubah waktu hujan turun.Lorenzo perlahan melambat dan terkejar pembalap di belakangnya.Sementara di depan ada Rossi,Petrucci dan Dovizioso yang berebut posisi pemimpin lomba.Tanpa di sangka,kecepatan Rossi yang fantastis dalam melahap Lap by Lap,membuat gapnya sangat jauh dari Lorenzo.

Hingga pada Last Lap Rossi berada di belakang Lorenzo dan melakukan Overlap.Lorenzo menengok belakang dan memberi jalan lewat untuk Rossi.Lorenzo akhirnya harus puas finish di posisi 15,terpaut jarak 1 Lap dari Rossi.Kejadian ini seperti balasan pada Overlap Lorenzo pada Rossi di GP Le Mans 2009 yang lalu.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*