20 Insiden Yang Disebabkan Agresivitas Marquez

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya akan berbagi informasi seputar MotoGP lagi,yaitu mengenai 20 Insiden Yang Disebabkan Agresivitas Marquez.Marquez punya karakter agresif.Dia selalu mencoba masuk dan melakukan overtake di semua bagian tikungan.Kadang ada rider yang mengeluh dengan gaya balap ini karena dinilai terlalu membahayakan rider lainnya.Tahun 2014 merupakan puncak pencapaian tertinggi bagi rider kelahiran Cervera,Spanyol ini.

Waktu itu dia mendominasi kompetisi dengan banyak kemenangan,hampir tak terkalahkan di semua race.Siapapun lawan yang menghadapinya harus bersiap-siap menerima serangan super ganas dari Marc.Marquez selalu mengandalkan gaya Elbow Down untuk melibas tikungan lebih kencang.Late Braking yang biasa dia lakukan cukup ekstrim,tak jarang sampai menyenggol,bahkan hingga menabrak rider lain.

Di tunjang lagi dengan kemampuan sliding yang membuat motornya geyal geyol ketika akan masuk tikungan,Marquez menjadi sulit di tandingi.Sedikit ada celah terbuka,disitu Marquez akan langsung menyerang,meskipun sering juga posisinya 50-50 sehingga kontak fisik tak bisa di hindari.

Walaupun balapan itu memang keras dan memakai kekuatan fisik,namun tetap saja ada aturan dan etika yang harus di patuhi.Marquez terkadang suka melupakan hal ini ketika adrenalinnya memuncak.Banyak pembalap yang akhirnya menjadi korban agresivitas Marc.Melebar keluar lintasan atau jatuh adalah resiko jika berduel sengit dengan Marquez.

Aksi sodok menyodok telah melekat dan malahan jadi ciri khas Marquez.Sayangnya jika sudah kelewat batas dan membahayakan pembalap lain,Marquez justru akan mengalami kerugian,misalnya bila sampai terkena sanksi dan penalty.Sepanjang karirnya sebagai pembalap professional,Marquez telah membuat banyak aksi berbahaya.Berikut ini ada 20 Aksi Agresif Marquez yang perlu kalian ketahui bersama.

20 Insiden Akibat Marquez Agresif :

1. GP 125cc Phillip Island 2008 ∼ (Korban » Simone Corsi)

Saat sedang melintas di trek lurus,Marquez ada di posisi yang dekat dengan tepian lintasan.Corsi yang tadinya di posisi ke 10 dengan cepat menyusul dari belakang dan sudah di samping Marc.Marquez adu kencang di Straight Line.Sebelum Corsi makin mendekat,Marc memposisikan siku terbuka,seperti mengambil ancang-ancang.

Ketika Corsi datang,Marquez sudah siap,lalu menggunakan sikunya untuk mendorong Corsi keluar trek.Atas tindakan berbahaya ini Marquez di beri sanksi tambahan waktu 1 detik.Marc finish di urutan 8,tapi setelah di tambah penalty,dia turun posisi ke urutan 9.

2. GP 125cc Le Mans 2009 ∼ (Korban » Joan Olive)

Marquez tidak mampu memaksimalkan keuntungannya saat memimpin Grid Start di GP 125cc Le Mans 2009.Saat race berlangsung,Marquez dan Olive tengah beradu kemampuan dan berada di urutan ke 2 dan 3.Namun karena terlalu memaksakan diri,Marquez akhirnya terlibat sebuah insiden.

Marc Crash dan membawa jatuh Olive yang waktu itu kehilangan kendali motor Derbi-nya.Akibatnya posisi yang mereka perebutkan di ambil alih oleh Julian Simon yang bisa membuat gap hingga 19 detik.

3. GP 125cc Indianapolis 2010 ∼ (Korban » Marc Sendiri)

Pada Lap 10 Marquez menghadapi problem serius pada Front End,menyebabkan motornya melompat ketika mengerem dan menghajar area “Bumpy” di trek.Marc tak bisa menjada keseimbangan dan keluar lintasan.Posisinya melorot dan tercecer di urutan 14.

Marquez yang waktu itu memiliki Pace 2 detik lebih kencang dari para rivalnya,dengan cepat menyusul hingga naik ke posisi 8.Namun Race Director rupanya mendeteksi Marc telah sengaja memotong jalur.Akhirnya dia di ganjar penalty tambahan waktu 20 detik.Akibatnya peringkatnya saat finish turun ke posisi 10 setelah menerima tambahan waktu.

4. Moto2 Jerez 2011 ∼ (Korban » Jules Cluzel)

Hujan turun deras di sirkuit Jerez kala Marquez membalap di GP Jerez.Kru tim memberi instruksi agar Marc tidak mengambil resiko lebih,mengingat kondisi trek yang sangat licin.Start dari posisi 4,Marc membuka balapan dengan laju yang bagus.

Kesalahan kecil menyebabkannya turun ke posisi 11 di Lap pertama.Setelah ban cukup panas,Marquez berusaha mengejar dan bergabung dengan grup depan.Di belakangnya ada Cluzel.Marquez membuat manuver menikung terlalu cepat.Cluzel kaget dan terlambat mengerem hingga menyebabkan keduanya jatuh di Lap 9.

5. Moto2 Phillip Island 2011 ∼ (Korban » Ratthapark Wilairot)

Di sesi Free Practice 1 sirkuit Phillip Island 2011,Marquez secara tak terduga menghantam keras motor Wilairot dari belakang.Kejadian ini bermula ketika Backmarker yang bertugas mengibarkan bendera sedang memberikan informasi lewat bendera bahwa sesi itu telah selesai.

Marquez tidak menyadarinya dan tetap memacu motor di Finish Line.Pada tikungan ke 3 motornya menabrak kencang motor Wilairot.Pembalap asal Thailand itu langsung jatuh dan di larikan ke rumah sakit.

“Saat sesi latihan usai,Saya ingin kembali ke garasi dan melewati tikungan 3.Saya tidak melaju kencang,tapi kontur aspal membuat motor Saya bergerak cepat sampai mengenai Wilairot,kata Marquez.”

6. Moto2 Valencia 2012 ∼ (Korban » Dominique Aegerter)

Marquez menjalani race dari urutan ke 33,posisi paling belakang.Marquez di jatuhi sanksi tersebut karena menyebabkan pembalap lain Crash di sesi latihan.Dengan ambisi yang meledak-ledak,Marquez buru-buru tancap gas ketika lampu hijau menyala di depan garis start.Marc beranjak naik ke urutan 11 seusai melahap 14 tikungan.

Dia sedang dalam misi besar dan sulit untuk mendapat podium.Sampailah Marc di belakang Julion Simon dengan gap 9 detik.Marquez berusaha melewati Dominique Aegerter,tapi justru terlalu kencang masuk tikungan dan menyenggol keras Aegerter.

7. Moto2 Valencia 2012 ∼ (Korban » Simone Corsi)

Pada Free Practice 2 seri Valencia 2012 Marquez ingin mencapatkan catatan waktu terbaik.Dia secara cepat memutari trek dengan mencari Lap Time tercepat yang bisa di cetak.Sayangnya karena terlalu agresif dan kurang sabar,Marquez terlibat kecelakaan yang di alami Simone Corsi.

Di Tikungan 7 Marc berbelok ke kanan,tapi di sampingnya ada Corsi.Faktor kurangnya perhitungan jarang membuat manuvernya menyenggol Corsi hingga Crash.Alhasil Marc terkena sanksi start dari posisi terakhir.

8. Moto2 Motegi 2012 ∼ (Korban » Mika Kallio)

Marquez memang terlalu sering melakukan aksi berbahaya ketika overtake.Itu terjadi juga di Free Practice 2 sirkuit Motegi.Ketika pembalap di depannya,Mika Kallio sedikit bermasalah dengan motornya,Marc yang ada di belakang Kallio tidak mau mengalah dan memaksa menyalip dari sisi dalam.

Dampaknya,bukannya bisa menyalip tapi justru Marc menabrak bagian belakang motor Kallio,mendorong motornya melintir hingga kehilangan kendali.Kallio pun terjungkal hebat gara-gara Marquez.

9. Moto2 Qatar 2012 ∼ (Korban » Thomas Luthi)

Marquez sukses memenangkan balapan di Losail,Qatar pada 2012.Di Last Lap dia mengatasi perlawanan Iannone dan keluar sebagai juara.Tapi keberhasilan itu ternoda ironi akibat kesalahan Marc saat menyalip Thomas Luthi pada akhir lomba.

Marquez mengambil Racing Line Luthi dan menutup jalurnya,bahkan tak menyisakan ruang aman untuk mengalah.Luthi pun tak punya pilihan lain selain keluar trek karena sama sekali tak ada space untuk bertahan.Marquez memaksa Luthi melebar.Ini adalah manuver yang tidak fair.

10. Moto2 Catalunya 2012 ∼ (Korban » Pol Espargaro)

Ulah nakal Marquez sepertinya tak pernah berakhir.Kali ini Pol Espargaro yang jadi korban.Pada seri Catalunya 2012 Marc membuat Espargaro Crash di Lap 21.Awalnya Marquez melebar dan berusaha kembali ke jalur yang benar.Espargaro ingin masuk dari celah yang terbuka di sisi kiri Marc.

Marquez tidak mau mengerem dan terus menikung.Espargaro kehilangan keseimbangan dan jatuh setelah di senggol Marc.Marquez di hukum sanksi berupa penalty 1 menit dan podium 3 nya di copot hingga turun ke posisi 23 karena melanggar regulasi balap.

11. MotoGP Aragon 2013 ∼ (Korban » Pedrosa)

Aragon merupakan trek yang berada di Spanyol,tanah kelahiran Marc.Oleh karenanya dia tampil ngotot sepanjang balapan.Termasuk saat berduel sengit melawan Pedrosa.Marquez mencoba membayangi Pedrosa dan menempel ketat.

Kesalahan dia lakukan saat menyentuh kabel kontrol motor Pedrosa.Pedrosa tiba-tiba kehilangan cengkraman ban belakang serta mengalami guncangan dan jatuh Highside.Penyebabnya tidak lain karena Marquez memutuskan kabel sensor Pedrosa.

“Traksi kontrol tidak berfungsi saat saat menikung. Marc sudah melebihi batas kemampuan,tapi ngotot sampai telat mengerem.Dia menyentuh motor Saya dan ketika Saya buka gas,kabel traksi putus,jadi Saya Crash,kata Pedrosa.”

12. MotoGP Jerez 2013 ∼ (Korban » Lorenzo)

Sirkuit Jerez masuk dalam kalender MotoGP yang di gelar di awal musim.Marquez baru saja naik ke MotoGP dan termotivasi mengikuti jejak idolanya,Valentino Rossi.Marquez ingin menunjukkan kejutan bahwa dia bisa mengulang Epic Battle Rossi dulu.Itu di tunjukkan saat melawan Lorenzo di Jerez 2013.

Marquez menunggu kesempatan sampai tikungan terakhir.Lorenzo mengerem dan terdapat ruang terbuka di sampingnya.Marc mulai melancarkan aksinya yang terlihat meniru overtake Rossi pada Gibernau tahun 2005.Namun Marc melakukannya dengan menyenggol Lorenzo sampai hampir Crash.

13. MotoGP Silverstone 2014 ∼ (Korban » Lorenzo)

Marc ingin membalas kekalahan dari Lorenzo di GP Silverstone musim sebelumnya.Marquez tampil habis-habisan di musim 2014.3 Lap terakhir terjadi aksi saling menyusul antara Marc Vs Lorenzo.Berkali-kali Marquez menyeruduk YZR-M1 Lorenzo dan mendorongnya ke sisi luar.

Benturan ini mengakibatkan Lorenzo kehilangan momen penting.Lorenzo hanya membalasnya dengan overtake balasan,meski tetap tidak mudah menyaingi Pace Marquez.

“Dia mencoba menyalipku di Gear 1 dan Saya berusaha mencegahnya. Saya membuka gas lebih awal,tapi dia langsung menyenggolku.Di tikungan berikutnya dia mengulangi hal yang sama hingga membuatku kehilanggan tujuh persepuluh detik,kata Lorenzo.”

14. MotoGP Sachsenring 2014 ∼ (Korban » Iannone)

GP Sachsenring cukup aneh,sebab banyak pembalap yang start berdempetan dari Pit Lane.Mereka berdesak-desakan untuk mencari posisi terdepan.Satu kejadian yang menarik perhatian adalah waktu Marquez tengah bersiap di posisinya.

Dia menyerempet Iannone dan menyenggolnya sambil terburu-buru bergegas menuju tempat Start.Insiden ini memang tidak berbahaya,tapi memberikan gambaran bagaimana emosi Marc yang sudah memanas dan kurang tenang merespon rider di sekitarnya.

15. MotoGP Assen 2015 ∼ (Korban » Rossi)

Assen merupakan trek favorit Rossi,sebab disini Rossi yang paling sering menang.Pada tahun 2015 Marquez cukup percaya diri bisa mengalahkan Rossi di sirkuit yang memiliki tikungan Chicane yang tricky itu.Duel mereka berlangsung lama.Marquez cuma membayangi Rossi dan mulai menyerang di Lap 20.

Tak lama,tepatnya 3 Lap kemudian Rossi merespon lewat aksi overtake yang rapi.Posisi puncak di kuasai Rossi lagi.Pada Last Chicane di Lap pamungkas,Marquez menusuk dari sudut sempit.Rossi mencegahnya dan menyudutkan posisi Marc.Tak mau menyerah,Marquez tanpa ampun menabrak Rossi di 3 area : lutut,siku dan bahu.Rossi terpaksa melindas gravel,tapi akhirnya Rossi juara.

16. MotoGP Argentina 2015 ∼ (Korban » Rossi)

Marquez membuat kesalahan besar dengan mengganti ban belakang Extra Hard ke ban Hard.Rossi sendiri tetap memilih Extra Hard untuk Rear Tyre.Marquez kabur sejak start di mulai.Dia ingin secepat mungkin melesat di depan sendirian.

Mulanya cara itu berhasil,tapi menyisakan 15 Lap Rossi mampu memangkas gap.Marc kehabisan grip ban belakang.Rossi terus mendekat hingga 2 Lap terakhir.Di tikungan 4 Rossi menyalip Marc,tapi Marquez nekat membalas di tikungan 5.Karena motor Marc terlalu dekat,akhirnya dia tersenggol Rossi dan Crash.

17. MotoGP Sepang 2015 ∼ (Korban » Rossi)

GP Sepang 2015 menandai hubungan tidak sehat antara Marquez dan Rossi.Insiden di Assen nampaknya masih berbekas di hati Marc.Ketika race berlangsung,Marquez seperti bermain-main dan menahan Rossi agar gap dengan Lorenzo jauh.Terbukti saat di lewati Lorenzo,Marc tidak membalas.

Tapi giliran Rossi yang overtake,di balas mati-matian secara agresif.Ujungnya,Marquez jatuh setelah berbenturan dengan Rossi.Meski tak finish,Marquez sukses membuat Rossi terkena penalty dan start di urutan terakhir GP Valencia 2015.

18. MotoGP Silverstone 2016 ∼ (Korban » Cal Crutchlow)

Apes mendatangi Crutchlow saat harus meladeni perlawanan Marquez.GP Silverstone 2016 merupakan bukti bagaimana agresivitas Marquez yang kelewat batas.Crutchlow mendapat tekanan dari Marc untuk berebut posisi 2.Lap 17 pada tikungan ke 15 Marquez terlalu berambisi menyalip.

Crutchlow yang ada di depan sudah mengerem,sementara Marc masih saja menarik gas kencang.Lutut Crutchlow akhirnya di hantam di kecepatan 320 km/jam.Akibatnya kaki Crutchlow mati rasa selama beberapa saat.

19. MotoGP Silverstone 2016 ∼ (Korban » Scott Redding)

Duel memukau Marquez Vs Redding sejatinya pernah terjadi di kelas MotoGP pada gelaran balap di sirkuit Silverstone 2012.Keseruan itu muncul kembali,tapi dengan cara yang lebih dramatis.Di GP Silverstone 2016 Marc tertangkap kamera sedang melakukan start agresif.

Tak bisa mengendalikan motor dengan tenang,ban depan motor Marquez menyundul ban belakang Scott Redding.Untungnya tidak sampai terjatuh,namun cara Marc menyerang ini sangat tidak aman bagi pembalap lain,bahkan dapat memicu emosi lawan.

20. MotoGP Losail 2017 ∼ (Korban » Iannone)

Iannone tampil bersama tim barunya,Suzuki.Ini adalah saat pembuktian bagi Maniac Joe karena dia tak lagi mengendarai Desmosedici yang Powerfull.Motivasi tinggi dan hasil positif pasca tes pramusim menjadi suntikan semangat bagi Iannone menjalani race di Losail 2017.Iannone mengawali lomba dari posisi 2.

Memasuki Lap 11 di tikungan ke 5 Iannone bersaing melawan Marquez.Terus adu skills,Marc sedikit unggul dan berada di depan Iannone.Di tikungan 10 Marquez tiba-tiba mengerem dan Iannone kaget sampai Crash ketika ban depannya menyenggol ban belakang Marc.Marquez di anggap sengaja mengerem agar Iannone terganggu.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*