Sasis Kawasaki Lebih Unggul Dari Honda/Yamaha

loading...

Haloo sobat media2give^^ Pada kesempatan ini Saya mau berbagi informasi tentang Sasis Kawasaki Lebih Unggul Dari Honda/Yamaha.Hmm,suka dengan motor nggak? Motor itu kendaraan yang hampir semua orang memilikinya karena berfungsi sebagai sarana mobilitas/berpindah lokasi ke tempat lain yang letaknya jauh.Motor buatan Jepang adalah yang paling sering kita temui jika berada di kawasan Asia,terutama Indonesia.

Ada beberapa produsen motor Jepang yang cukup populer seperti Honda,Yamaha,Suzuki dan Kawasaki.Mulai dari motor Underbone (motor bebek) hingga Sportbike bisa jadi pilihan menarik bila kita ingin memiliknya.Tentunya semua tergantung dari kocek/budget masing-masing ya untuk membelinya.Nah,jika di perhatikan secara teliti,pada tiap motor tersusun dari banyak komponen yang di rangkai menjadi satu kesatuan.

Salah satu komponen yang penting dan tidak tergantikan adalah Sasis (Chassis).Apa sih sasis itu? Mungkin ada yang penasaran/belum tau ya hehehe.. Sebetulnya sasis itu merupakan rangka motor sekaligus bagian dasar untuk mendukung kinerja komponen lain,misalnya transmisi,mesin dan suspensi.Kegunaan lain dari sasis adalah untuk menjaga stabilitas dan kenyamanan pengendara saat sedang memacu motor di jalan.

Umumnya kerangka yang bagus itu terbuat dari bahan yang ringan,tapi kuat dan mampu menahan getaran dari aspal/permukaan jalan.Seberapa kuat sasis dapat di ukur berdasarkan bentuk dan konstruksinya.Desainnya di rancang menyesuaikan dengan jenis motor dan kebutuhan.Sasis sendiri bisa di bagi dalam berbagai jenis.2 diantaranya yang cukup populer adalah Trellis dan Deltabox.

Trellis/Turbular dapat kita jumpai pada Honda CB150R dan motor bertipe Underbone.Trellis mempunyai karakteristik bentuk yang futuristik,tidak terlalu tebal dan relatif lentur.Sementara Deltabox bentuknya kokoh karena biasanya di gunakan untuk motor sport dan Racing.Deltabox cukup berat,namun punya kelebihan pada bentuknya yang Rigid/kaku.Contoh motor sport yang memakai Deltabox adalah CBR150R dan Yamaha YZF-R15.

Sasis jenis Trellis memberikan keuntungan dalam bermanuver dan kenyamanan saat melewati jalanan bergelombang.Sedangkan Deltabox mampu memberikan handling stabil pada kecepatan tinggi.Lalu jika di bandingkan antar tipe motor Jepang,kira-kira mana yang punya sasis terbaik? Menurut Mr Ito,salah seorang Supplier blok mesin khusus Pabrikan Jepang,sasis motor jepang yang paling OK adalah sasis Kawasaki.

Itu bisa di buktikan ketika kita mengendarai motor ini.Stabilitasnya lebih mantap dibandingkan motor lainnya.Kawasaki mempunyai ciri khas sasis yang tebal.Kawasaki pernah ikut dalam ajang balap MotoGP dan Superbike.Tahun 2003 Kawasaki terjun ke MotoGP.Sayangnya di akhir musim 2008 Kawasaki memutuskan mundur dari kompetisi karena masalah finansial dan aturan yang terlalu ketat seperti pembatasan motor dan mesin.

Akibatnya Kawasaki sulit berkembang.Pabrikan itu hanya pernah jadi Runner Up lewat Randy de Puniet di Motegi (2007),Shinya Nakano di Assen (2006) dan Olivier Jacque di Shanghai (2005).Reputasi Kawasaki lebih mengkilap di ajang Superbike dimana mereka selalu menguasai podium juara.Kawasaki sukses menjadi motor juara World Superbike (WSBK) 2013,2015,2016 dan 2017.Dalam produksi,Kawasaki lebih fokus pada motor sport ketimbang motor bebek.

Motor Kawasaki dengan cc besar sangat di minati di pasaran.Tapi jika di pantau dari statistik penjualan secara keseluruhan,Kawasaki masih kalah dari Honda/Yamaha.Presiden Direktur Heavy Industri,Yoshinori Kanehana mengungkapkan bahwa bagi mayoritas orang Jepang,motor besar dengan produksi terbaik adalah Kawasaki.Pernyataan itu di tunjang pula oleh komentar Mr Nakamura.

“Kawasaki bagus.Engine dan Sasis is number one.” Jika Kawasaki di anggap punya Sasis paling OK,lain halnya dengan Honda atau Yamaha.Honda punya kelebihan lain karena motor mereka adalah yang terlaris di dunia.Sementara Yamaha merupakan Pabrikan paling konsisten membuat motor cc kecil (100cc-170cc).Meski Kawasaki Sasisnya mantap,tapi kebanyakan orang Indonesia lebih suka motor yang murah perawatannya.

Maklum,Kawasaki memang awet dari segi suku cadang,tapi sekalinya ganti biayanya mahal untuk mendapatkan suku cadang yang baru.Beda dengan motor bebek buatan Honda/Yamaha yang Sparepart-nya mudah di peroleh.Walaupun kalau di pakai ngebut di jalan,motor bebek bakal terasa ajrut-ajrutan hehehe…

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*