Rossi Pecahkan Rekor Rider Tertua MotoGP Milik Bayliss

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya akan membahas informasi mengenai MotoGP lagi,yaitu seputar Rossi Pecahkan Rekor Rider Tertua MotoGP Milik Bayliss.22 tahun sudah Valentino Rossi berkompetisi di MotoGP.Banyak hal yang di lalui Rossi selama berkarir sebagai pembalap.Momen bahagia dan sedih mewarnai perjalanan panjang Rossi menggapai prestasi tertinggi.

Rossi memulai balapan professional tahun 1996 dan sukses menjadi juara dunia di tahun berikutnya.Ketika pindah ke kelas 250cc,lagi-lagi di tahun kedua The Doctor mampu mendapatkan gelar juara dunia.Rossi memutuskan beralih ke GP500cc untuk memperoleh titel yang lebih tinggi.Musim awal penampilannya,Rossi mesti puas masuk tim Honda Nastro Azzurro karena jatah rider Honda Repsol sudah penuh.

Sehingga Rossi di buatkan tim sendiri.2 tahun menunjukkan progress yang cepat,Rossi kemudian di rekrut Honda Pabrikan di tahun 2002.2 tahun bergelimang juara seri di Honda,Rossi pun mencari tantangan baru dengan hengkang ke Yamaha.Yamaha waktu itu bukan motor yang unggulan.Tapi Rossi dan mekaniknya mengubah Yamaha YZR-M1 menjadi kompetitif dan mengalahkan Honda untuk perebutan titel.

Ketika memasuki usia 30 tahun,sebagian orang mulai meragukan kehebatan Rossi,sebab di tahun 2010 Rossi kehilangan gelar juaranya.Itu adalah kali ketiga Rossi tidak bisa juara dunia,setelah sebelumnya pernah terjadi pada 2006 dan 2007.Tahun 2011 Rossi pindah lagi ke Ducati,tapi disinilah Rossi menjalani getir dan pahitnya kehidupan balap.Tak mampu sekalipun menang di race sempat membuatnya frustasi dan memilih Comeback ke Yamaha di 2013.

Saat Rossi kembali,muncul musuh baru,Marc Marquez,sang pendatang yang luar biasa tangguh.Usia Rossi makin bertambah,namun dia bisa meladeni perlawanan rider muda lain.Dari 2014-2016 Rossi terus berada di urutan ke 2 pada akhir musim.Saat kontraknya habis,Rossi sempat di tanya soal kapan pensiun,sebab dia tidak muda lagi.Rossi menjawabnya dengan jawaban sederhana,“lihat saja nanti,jika Saya masih kompetitif,Saya akan terus membalap.”

Tidak pernah ada pembalap di generasi Rossi yang lebih termotivasi darinya.Rata-rata rider MotoGP hanya bertahan sampai usia 35 tahun,lalu pensiun karena merasa tidak kuat bersaing.Tapi berbeda dengan Rossi,yang sudah berumur 38 tahun dan masih aktif membalap.Rossi tidak membalap hanya sekedar menjadi partisipan saja.Dia ternyata masih bisa juara di race.

Tahun 2016 di Jerez Rossi berhasil naik podium puncak.Kemenangan itu sekaligus menjadi rekor baru,sebab Rossi sukses menggeser posisi Phil Read dari daftar rider tertua sepanjang masa yang menang di kelas premier dari Grand Prix.Rossi ada di urutan ke 9 di bawah Troy Bayliss.Tahun 2017 di Assen,Rossi kembali naik peringkat,menggeser posisi Bayliss.Siapa itu Bayliss? Dia merupakan rider yang bergabung dengan Ducati Marlboro Team tahun 2003,satu tim dengan Loris Capirossi.

10 Besar Rider Tertua Menang Grand Prix (2016)

Marlboro menjadi sponsor Ducati karena sponsor rokok di larang sejak tahun itu di kawasan Eropa.Di ajang World Superbike,Bayliss sudah menjadi juara dunia 3 kali,tahun 2001,2006 dan 2009.Sedangkan di MotoGP dia meraih kemenangan perdana saat GP Valencia,20 Oktober 2006.Usia Bayliss 37 tahun 213 waktu berhasil menjuarai race tersebut.Kini rekor Bayliss di pecahkan oleh Rossi.

Tepat di GP Assen 2017 Rossi telah berusia 38 tahun 130 hari.Artinya dia naik ke posisi 7 dari 10 besar rider tertua yang mampu menang balapan Grand Prix,menggeser Troy Bayliss,juga rider tua lainnya,Nello Pagani.Meskipun ada di urutan ke 7,tapi jika di hitung untuk kelas MotoGP,Rossi lah yang memegang rekor rider tertua yang bisa juara seri.Kenapa? Tahun 2002 Dorna mengubah regulasi mesin ke 990cc dan disitulah muncul istilah MotoGP.

10 Besar Rider Tertua Menang Grand Prix (2017)

Dulu saat tahun 2001 nama balapan itu adalah GP500cc.Jadi bila di hitung mulai 2002 hingga sekarang,hanya 2 orang yang mampu menang balapan saat usianya tua,yaitu Rossi dan Bayliss.Dan Rossi sekarang yang memegang rekor rider tertua dan mampu juara balapan MotoGP.Apakah rekor ini bisa di pecahkan rider lain? Sepertinya sulit karena selama 18 tahun,baru Rossi yang bisa menembus usia 38 tahun dan tetap ikut balapan di MotoGP.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*