Rider MotoGP Berstatus Satellite Factory Full Support

loading...

Haloo sobat media2give^^ Pada artikel ini Saya akan berbagi informasi tentang Rider MotoGP Berstatus Satellite Factory Full Support.Pada dasarnya tim balap MotoGP di bagi menjadi 2 kelas yaitu Tim Pabrikan (Factory Team) dan Tim Satelit (Satellite Team).Apa yang membedakan kedua tim ini? Factory Team merupakan tim yang di bentuk dari manufaktur dengan dana yang banyak.Dana mereka di dapatkan dari dukungan sponsor.

Tim Pabrikan leluasa melakukan riset pengembangan motor dan merekrut pembalap yang di inginkan,sebab mereka punya kekuatan finansial.Factory Team adalah tim utama sehingga hanya rider dengan potensi juara tinggi yang biasanya di pilih Tim Pabrikan.Sedangkan Satellite Team merupakan anak dari Factory Team.Tim Satelit selalu mengandalkan bantuan dana dari Tim Pabrikan.

Meskipun sebenarnya mereka bisa mendapatkan sponsor sendiri.Namun untuk memperoleh pembalap,Satellite Team mesti membuat pilihan antara menerima rider yang di tunjuk sponsor Tim Pabrikan untuk masuk Tim Satelit atau mencari sendiri rider lain dengan dana yang di miliki.Tim Satelit ternyata ada yang di perlakukan lebih di banding Tim Satelit lainnya dalam hal bantuan dari Tim Pabrikan.

Tim Satelit yang seperti ini di sebut dengan Satellite Factory Full Support.Apa bedanya dengan Satellite Team biasa? Tim Satelit baru bisa merasakan motor,mesin dan teknologi Factory Team di musim berikutnya.Artinya motor yang di gunakan rider Tim Satelit berasal dari motor Tim Pabrikan tahun lalu.Otomatis soal performanya berbeda karena motor Tim Pabrikan akan selalu lebih kompetitif di race.Sebab motor itu memakai part dan komponen terupdate yang belum di rasakan Tim Satelit.

Tapi beda lagi dengan Satellite Factory Full Support.Tim ini masih termasuk Tim Satelit,namun di beri jatah mesin dan sasis yang sama seperti motor Pabrikan di tahun tersebut.”Full Support” disini maksudnya Full Support for Engine and Chassis.Sementara untuk komponen lain,tidak di support lebih oleh Factory Team.Di MotoGP ada rider Tim Satelit yang mendapat perlakuan khusus ini.Siapa saja mereka? Simak ulasan lengkapnya berikut ini :

Rider MotoGP Di Satellite Factory Full Support

1. Marco Simoncelli

Musim kompetisi 2011 Marco Simoncelli pernah masuk dalam Satellite Factory Full Support.Akhir 2010 Honda berencana menurunkan 4 rider Factory : Dani Pedrosa,Casey Stoner,Andrea Dovizioso dan Marco Simoncelli.Namun untuk Honda Repsol hanya di isi 3 rider,tanpa Simoncelli.Kenapa? Honda mengubah rencana dengan hanya memakai 3 pembalap di Tim Pabrikan karena biaya yang di butuhkan sangat besar.

Simoncelli yang berstatus rider Pabrikan pun tetap berada di tim Honda Gresini,namun sebagai “Rider Pabrikan Titipan” dengan maksud supaya tim Honda Gresini bisa lebih beprestasi dengan adanya rider hebat seperti Simoncelli,setidaknya selama 1 musim.Status Rider Pabrikan itu di benarkan ayah Simoncelli,Paolo saat di wawancara Matteo Guerrinoni.Paolo mengatakan jika sebetulnya Simoncelli itu adalah Rider Pabrikan Honda (2011).

Kondisi Simoncelli ini sama dengan Rossi saat di Nastro Azzurro 2001.Simoncelli tetap di berikan jatah mesin dan sasis terbaik.Sayangnya untuk update komponen dan respon keluhan bagi Simoncelli tidak bisa sebebas Pedrosa/Dovizioso.Contohnya ketika Simoncelli mengeluh soal aerodinamika yang menghambat laju motornya di tes pramusim.

Motor RC212V pada dasarkan di kembangkan dengan mengacu pada Pedrosa sebagai rider pengembang Honda.Sedangkan postur Pedrosa dan Simoncelli jauh berbeda.Simoncelli yang super tinggi butuh perlakuan khusus supaya motornya bisa kompetitif di trek lurus.HRC baru menanggapi keluhan Simoncelli di GP Phillip Island.HRC mengirim teknisi dari Tim Pabrikan untuk set up perangkat elektronik.

Simoncelli lalu melakukan Test Wind Tunnel untuk mengetahui kondisi motornya setelah di setting.Hasilnya terbukti di race berikutnya (GP Estoril) Simoncelli bisa selesai balapan di urutan ke 4,posisi yang tadinya tak bisa di capai Simoncelli dengan Honda Gresini.

2. Cal Crutchlow

Selain Simoncelli,ada rider Honda dengan tim berstatus Satellite Factory Full Support.Dia adalah Cal Crutchlow.Crutchlow awalnya masuk ke CWM LCR Honda (2015) seusai hengkang dari Ducati Team.Waktu itu dia menggunakan motor dari Tim Satelit.Performanya kurang menggigit sampai akhirnya Honda menyediakan support di tahun 2016 untuk Cal.Crutchlow di sediakan mesin serta sasis motor Pabrikan.

Kejutan langsung muncul dengan prestasi Crutchlow yang menanjak.Tahun 2016 dia memperoleh 4 kali podium dengan 2 kali kemenangan.Hebatnya Cal mampu menang dengan motor Satelit,meski tidak sepenuhnya Satelit saat juara di GP Brno 2016.Kemenangan itu mengulang sukses rider asal Inggris yang bisa menang balapan.Kali terakhir terjadi adalah 35 tahun lalu dimana Barry Sheene berhasil juara seri di GP Anderstop 1981.

Bahkan dia kembali menang saat menjalani balapan di GP Phillip Island 2016.Crutchlow sukses menang race karena dukungan mesin dan sasis dari HRC.Sayangnya LCR Honda tidak cepat berkembang karena statusnya tetap Tim Satelit dan ada sponsor lain yang memberi sokongan dana.Ternyata sponsor itu berasal dari Castrol yang selama ini menjadi rival Repsol dalam bisnis produksi oli.

Jadi wajar saja jika Tim Pabrikan tidak mau terlalu banyak membantu,sebab LCR Honda tidak mau melepas Castrol sebagai sponsor utamanya.Repsol tentu tidak rela bila sampai LCR Honda melebihi kehebatan Honda Repsol karena mereka sudah mengucurkan dana besar untuk Honda.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*