Mengejutkan! Daya Ingat Rossi Ternyata Sangat Tajam

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya akan membahas informasi mengenai MotoGP.Mengejutkan! Daya Ingat Rossi Ternyata Sangat Tajam.Yap,begitulah kira-kira judul artikel ini hehehe.. Sepertinya Saya tak perlu jelaskan siapa itu Valentino Rossi,sebab pembalap yang satu ini sangat terkenal.Bahkan barangkali ada orang yang belum melihat sosoknya,tapi pernah mendengar namanya,saking populernya rider berjuluk The Doctor ini.

Soal skills tak perlu diragukan lagi karena Rossi pernah merasakan bagaimana liarnya motor 2tak kala membalap di GP 500cc.Begitu juga di era modern,dimana segalanya bergantung pada teknologi.Skills rider tanpa dukungan motor yang mumpuni rasanya sulit untuk meraih titel tertinggi di MotoGP.Semangat dan motivasi tinggi-lah yang membuat Rossi bertahan di MotoGP meski umurnya yang makin bertambah.

Dunia masih mengakui Rossi sebagai rider terhebat yang pernah ada.Apalagi jika Rossi bisa mewujudkan mimpinya menambah gelar juara dunia lagi di kelas premier.Salah satu keahlian Rossi adalah caranya memahami motor.Rossi bukanlah rider yang cuma bisa naik motor dan membuat motor itu memenangkan balapan.Rossi memiliki kemampuan lainnya yang sangat penting.Dia cepat mengerti bagaimana kondisi motornya saat itu.Meski bukan seorang mekanik,namun Rossi bisa menganalisa gejala yang tidak beres pada tunggangannya.

Semua itu di pengaruhi oleh faktor pengalaman.Rossi sudah membalap selama 22 tahun dalam karir professionalnya.Itu merupakan waktu yang sangat lama dan sudah cukup untuk membuat Rossi mengasah instingnya soal motor.Tapi Rossi sebenarnya memiliki bakat lainnya yang sering disebut orang sebagai “bakat alami”.Mekaniknya di Yamaha,Silvano Galbusera sempat dibuat kaget dengan cara Rossi berkomunikasi dengannya di Paddock.

Rossi memang suka membicarakan detail keadaan motornya sesuai yang dia rasakan saat memakai motor tersebut.Menurut Galbusera,Rossi adalah pembalap yang punya daya ingat tajam.Dia berbeda dari rider lain yang pernah bekerjasama dengan Silvano.Rossi mempunyai daya ingat yang tajam.Vale mampu mengingat segala kejadian yang terjadi pada motornya.Dia bahkan tau bagaimana perilaku motor saat di geber.Rossi tau betul di sektor mana dia kuat dan di sektor mana dia lebih lambat.

Rossi dapat mengingat jelas kapan motor mengalami perubahan perilaku yang tidak wajar.Sampai-sampai Rossi bisa menyebutkan di Lap berapa dan tikungan berapa motornya mulai bermasalah.Memori Rossi sangat membantu Galbusera dalam menciptakan settingan yang pas sesuai kondisi lintasan.Bukti bakat alami Rossi bisa dilihat ketika GP Catalunya 2017.Saat itu YZR-M1 miliknya susah di kendalikan.

Anehnya motor ini malahan seperti Ducati karena mengalami Understeer dan problem pada Front End.Masalah yang sama juga di rasakan rekan setimnya,Maverick Vinales.Lalu apa perbedaan mereka dalam menganalisa masalah di motor? Vinales langsung mengatakan ban yang jadi penyebab motornya sulit di kendalikan.Tapi Rossi tidak lantas menuding ban sebagai biang utamanya.

Rossi menjelaskan kalau masalah M1 adalah pada balance yang disebabkan oleh Frame dan sasis.Pihak Yamaha kemudian memberikan desain sasis baru untuk Rossi dan Vinales.Setelah melakukan tes,rupanya jawaban Rossi yang paling tepat.Masalah Yamaha terletak pada sasis.Ini membuktikan bagaimana Rossi mengerti tentang motor sehingga julukan “Rider Pengembang Motor” sangat pas bila di berikan pada Rossi.

loading...
loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*