Telkomsel Kena Hack Netizen Malah Dukung Pelaku

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya akan membahas informasi hot tentang Telkomsel Kena Hack Netizen Malah Dukung Pelaku.Apakah kalian pengguna layanan Telkomsel? Jika iya,mungkin berita ini bisa jadi sangat mengejutkan.“TELKOMSEL KENA HACK” ya begitulah kabar yang tersiar di berbagai media online.Ternyata website sebesar Telkomsel bisa juga di bobol oleh hacker ya.Hmm.. bener-bener menakutkan nih.

Telkomsel merupakan provider yang terkenal karena layanan internetnya yang cepat,lebih kencang daripada provider lain.Sinyal Telkomsel juga kuat di berbagai wilayah,bahkan di daerah yang jauh dari pusat kota sekalipun.Namun dengan pelayanan yang memadai itu,pastinya juga sebanding dengan tarif yang berlaku di Telkomsel.Ibarat kata “Ada Kualitas Ada Harga”.Dimana provider mampu memberikan layanan terbaik dan kenyamanan untuk pelanggan,di situlah harga akan semakin tinggi.

Sayangnya banyak dari kalangan masyarakat menilai harga yang di terapkan Telkomsel terlalu mahal.Sebagian dari mereka yang tidak menyukai kebijakan penerapan harga yang relatif tinggi itu sering menyuarakan komentar dan kritik pada Telkomsel.Bak angin yang berlalu begitu saja,kritikan mereka rata-rata tidak terlalu di respon Telkomsel.Jelas saja,pengguna mana ada yang mau bayar mahal-mahal.

Tapi di sisi lain Telkomsel juga sudah memperhitungkan tarif yang layak sesuai kualitas layanan terbaik yang mereka berikan.Akhirnya tindakan tak terduga pun muncul.Website Telkomsel jadi korban hacker.Kejadiannya bermula pada malam tanggal 27 April.Situs Telkomsel di www.telkomsel.com tiba-tiba mendapat serangan hacker.Halaman utama web itu di pasangi gambar dengan background hitam.

Pada gambar itu terdapat kata-kata makian dan sejumlah kekecewaan/tuntutan si hacker pada Telkomsel.Entah bagaimana cara si pelaku meretas website Telkomsel,yang jelas dia menyuarakan beberapa tuntutan.Tuntutan utamanya mengenai permintaan penurunan harga kuota internet.Lalu ada juga soal pembagian dan permintaan penghapusan pada aturan pembatasan kuota 2G/3G/4G.

Paket bundling layanan internet HOOQ dan Viu ikut di masukkan pada tuntutan.Menurut sang peretas,paket Bundling dan hiburan itu tidak penting.Menanggapi aksi Deface dari hacker itu,pihak Telkomsel segera bergerak cepat.Akses ke situs utama di batasi dan tidak bisa di buka selama beberapa jam.Namun si hacker lebih cerdas mengutak-atik situs Telkomsel itu.

Dia mengubah Meta Title dan melakukan submit ulang ke Webmaster Tools,sehingga jika user mengetik keyword “TELKOMSEL” di Google,maka yang muncul akan jadi aneh,sebab judul webnya berubah menjadi FUCK TELKOMNYET.Meta Title yang baru terlanjur sudah di rayapi robot Google.Jadi judul situsnya telah berganti dengan yang baru,seperti keinginan hacker.

Menanggapi kerugian karena tindakan Deface itu,pihak Telkomsel pun meminta maaf atas keresahan yang timbul.Adita Irawati,Vice President Corporate Communications Telkomsel mengatakan bahwa Telkomsel sudah memperbaiki halaman situs yang di ubah hacker itu dan tengah berusaha mengembalikan tampilan awal di pencarian Google.

Memang aneh kejadian ini,mengingat Telkomsel pasti punya sistem keamanan tinggi yang di lengkapi protokol Https.Mereka juga memiliki pertahanan kuat dan tim IT yang professional.Tapi nyatanya,situsnya bisa di tembus juga oleh hacker.Yang tidak kalah aneh adalah respon dari Netizen yang mendukung aksi hacker itu.Lah kok bisa? Ya,rupanya banyak orang yang kecewa juga dengan tarif mahal Telkomsel.

Dengan bobolnya situs Telkomsel,setidaknya itu bisa di pahami sebagai cara untuk protes dan sekaligus menjadi perwakilan suara-suara konsumen yang terabaikan.Bukannya sedih,rata-rata masyarakat justru senang.Akhirnya Telkomsel “Kena Teguran” juga lewat serangan sang peretas yang misterius.

Bukti Mahalnya Harga Paket Data Telkomsel

Apa memang benar sih Telkomsel itu mahal di banding provider lainnya? Untuk membuktikannya,silahkan cek saja perbandingan tarif dan kuota dari beberapa provider di Indonesia ini.Perhatikan baik-baik bedanya,kalian akan tau bahwa Telkomsel mematok harga yang lebih tinggi dengan jatah kuota yang hampir sama.Paketan XL HOTROD misalnya,hanya seharga Rp 59.000 (3 GB),sedangkan 2 GB kuota Telkomsel di beri tarif Rp 100.000,hampir 2 kali lipat harga di XL.

Selain itu,Paket Data Telkomsel memberlakukan syarat dan ketentuan yang rumit dan merepotkan.Contohnya saja pembatasan waktu dari jam 00.00-06.00 WIB,lalu juga batasan 3G dan 4G serta batasan Zona/wilayah.Perlu kalian tau,Telkomsel mempunyai banyak Zona.Setiap Zona tarifnya berbeda-beda.

Misalnya di Zona 1 yang mencakup area Banten,Jakarta,Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,harganya tidak sama dari Zona di luar itu.Sekarang ini cuma Telkomsel saja satu-satunya operator yang menerapkan sistem Zona Tarif.Provider lainnya sudah memakai metode harga nasional.

Hacker Pantaskah Dapat Apresiasi?

Secara hukum,jelas tindakan hacker itu ilegal karena menembus situs yang bukan haknya.Kalau pelakunya tertangkap pasti akan terkena hukuman berat.Namun jika kita melihat dari sudut pandang lain,aksi hacker itu bisa saja di beri penghargaan,dengan catatan “Jika Caranya Tepat.” Artinya sebenarnya para hacker ini adalah orang-orang yang butuh perhatian.

Mereka menunjukkan eksistensi lewat berbagai aksi pembobolan situs.Jika di berikan wadah,mungkin keahlian mereka dapat bermanfaat untuk menganalisa kelemahan keamanan (bug) dari suatu sistem.Di luar negri ada hacker yang kemudian di gunakan jasanya untuk perusahaan/lembaga negara,tapi setelah mereka menjalani hukuman di penjara karena tindakan Deface-nya yang merugikan.

loading...
loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*