Pengalaman Website Kena Suspend Rumahweb (503 Service Unavailable)

Haloo sobat media2give^^ Jumpa lagi nih dengan kalian,setelah sekian lama nggak update karena memang belum ada waktu.Terlalu banyak kegiatan dan kesibukan di dunia nyata sih hahaha.. Yap,tapi nggak apa-apa lah,yang penting sekarang bisa balik sharing-sharing info lagi buat kalian.Kali ini Saya mau mengulas informasi mengenai Pengalaman Website Kena Suspend Rumahweb (503 Service Unavailable).

Bisa di bilang itu salah satu hal sulit dan menyedihkan buat Saya,selain kejadian lainnya yang lebih berat sebenarnya juga pernah Saya alami.Yah,sebagai admin website memang gini resikonya,kalau ada masalah,diri sendiri yang harus cari solusinya.Semuanya berawal dari beberapa hari yang lalu ketika Saya sedang mengecek web pribadi saya di www.media2give.com.

rumahweb-suspended2

Namun betapa kagetnya saat bukan halaman home yang biasanya Saya lihat muncul,tapi justru pesan bertuliskan 503 Service Unavailable.Nah lho,kenapa nih web Saya? Sepertinya mendadak tidak bisa di akses,padahal nggak di apa-apain.Duh,langsung pusing nih kepalaku.Buru-buru cari info mengenai error ini,soalnya web ini Saya pakai tiap hari,jadi kalau nggak bisa di buka,Saya jadi bingung nggak bisa buat artikel.

Setelah kesana kemari mencari rezeki.. eh salah! mencari info maksudnya hehehe.. akhirnya Saya mulai mengerti bahwa pesan error itu juga di alami banyak orang dan sering di jumpai para pengguna internet.Kode 503 pada pesan 503 Service Unavailable ini sebetulnya merupakan kode khusus yang di gunakan untuk mengenali sebuah kasus.Kode 503 artinya sedang ada masalah pada koneksi status yang melibatan HTTP.

Jenis-Jenis Pesan Error 503

503 Service Unavailable
503 Temporarely Service Unavailable
HTTP Service Error “503”
503 Errors
HTTP 503
HTTP Error 503

Penyebab 503 Service Unavailable

Jaringan internet tidak berjalan dengan normal dan timbul masalah karena server website yang di pakai kemungkinan dalam masa perbaikan/maintenance.Server ini maksudnya adalah hosting aktif yang di gunakan pada website.Umumnya error jenis ini hanya bersifat sementara saja dan akan kembali normal jika server sudah stabil.Kalau gitu nggak perlu panik jika ada pesan error itu muncul,tinggal coba tekan F5 atau refresh browsernya.

media2give-error-503

Tapi kalau masih nggak bisa juga,kita cuma bisa menunggu sampai servernya selesai di perbaiki.Ok,sampai disitu Saya merasa sedikit lega,mungkin memang hanya masalah di penyedia hostingnya.Saya menggunakan hosting dari Rumahweb,sebuah situs penyedia hosting terpercaya.Dan kasus semacam ini baru pertama kali Saya alami hehehe..

Meskipun sudah tau penyebabnya,entah kenapa Saya mulai cemas lagi dan pengen cepet-cepet beres masalahnya.Lalu Saya buka halaman Troublshooting di Rumahweb karena di situ banyak masalah-masalah yang di jelaskan solusinya.Rupanya Saya makin paham kalau server itu muncul problem akibat tidak mampu menampung permintaan HTTP dari browser,di karenakan server telah melebihi batas yang di tentukan.

strg

Hah? melebihi batas yang di tentukan? apa maksudnya? Jangan-jangan ada kaitannya dengan hosting Saya.Saya pun mengecek Cpanel dan melihat pemakaian Resource CPU/Memory.Wah,baru tau kalau penggunaan memory nya udah melebihi batas.Saya memang cuma menggunakan 1 Cloudnet saja dengan spesifikasi seperti ini :

UNLIMITED Traffic per bulan
1 GB Disk Space
1 Domain, UNLIMITED Subdomain
UNLIMITED mail account
2 FTP account
2 database MySQL
CloudFlare

Nah,jika di perhatikan memang benar sudah kelewat batasnya nih,tulisan di Disk Space-nya juga berubah warna jadi merah (1029.5 MB used of 1 GB).Oh,jadi ini toh sumber masalah utamanya.Namun yang lebih membuat Saya terkejut,status website Saya jadi Suspended! Belum jelas,Suspend karena apa.Apa gara-gara Resource CPU penuh atau karena hal lain.

account-plesk-media2give-copy

Sebab tanggal 18 Desember 2016 Saya di kirimi tagihan/invoice dan baru Saya bayar 3 hari kemudian (21 Desember 2016).Di Invoice itu ada peringatan “keterlambatan pembayaran akan kena Suspend”.Masalahnya adalah Saya bayarnya sebelum jatuh tempo,jadi seharusnya nggak telat dong ya.Jatuh temponya tanggal 1 Januari 2017.

tagihan-invoice-media2give-copy

tanda-terima-pembayaran-media2give-copy

Di bukti pembayaran yang Saya terima,statusnya sudah PAID.Artinya uang sudah masuk ke billing Rumahweb.Waktu Saya konfirmasi pembayaran juga sudah DONE.Jadi nggak masalah dong pembayarannya? Bingung mana yang benar,Saya pun menghubungi pihak Rumahweb untuk menanyakan hal ini.

konfirmasi-pembayaran-tagihan-done-copy

Nunggu beberapa jam,akhirnya di bales juga email Saya hehehe.. Bagian teknis Rumahweb menjelaskan bahwa space hosting yang Saya gunakan sudah overquota hahaha.. Di suruh mengurangi penggunaan spacenya atau opsi lain dengan upgrade ke paket yang lebih besar.Akhirnya Saya putuskan untuk upgrade saja,yah meski harus bayar lebih sih,nggk apalah yang penting website Saya bisa di akses lagi.

rw1-copy

Paket 2 Cloudnet jadi pilihan Saya dengan space 2 GB,2 kali lipat yang Saya pakai sekarang.Kira-kira butuh waktu beberapa jam sampai website Saya bisa di buka lagi seperti biasa dan masalah pun teratasi.Sedikit saran buat kalian yang punya masalah seperti Saya,ada baiknya cek pemakaian Resource nya.Jika sudah over,ya mendingan di upgrade saja biar normal lagi tuh website dan nggak Swaping lagi hehehe..


SAMSUNG Galaxy On7 - Black

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*