Teknik Hard Brake Ala Marc Marquez Terungkap

loading...

Haloo sobat media2give^^ Kali ini Saya akan berbagi informasi mengenai Teknik Hard Brake Ala Marc Marquez Terungkap.Ketika sedang On Fire,Marquez sulit di kejar/di ikuti kompetitornya.Salah satu kunci kenapa Marc bisa sangat kencang adalah cara dia mengerem di tikungan.Barangkali banyak yang heran,kok si Marquez ini suka geyal-geyol kalau mau nikung ya?

Rupanya itu adalah teknik Marquez dalam menaklukkan tikungan agar bisa melintasinya lebih cepat.Faktor rem memegang peranan penting,karena alat itulah yang membantu Marc berhenti di tikungan untuk bersiap membelok.Mengerem keras di tikungan di kenal dengan istilah “Hard Braking.” Hard Brake membutuhkan kemampuan rem depan yang bagus.

marc-brake5

Di tambah lagi dengan kebiasaan Marc yang suka melakukan Elbow Down dan Knee Down,dimana lutut dan sikunya sampai menggesek di aspal.Gaya ini sebenarnya meniru Kevin Schwantz sebagai pelopor style baru dalam menikung di balap 500cc.Tak cuma itu,Marquez juga menggunakan Late Braking yang juga menjadi senjata andalan Rossi.

marc-brake4

Late Braking berfungsi menjaga keseimbangan motor ketika masuk tikungan terlalu kencang.Mengenai cara mengerem Marc,Rossi sampai dibuat heran melihat bagaimana Marquez melakukannya.Bahkan menurut kepala mekanik Rossi (Galbusera),cara mengerem Marc cukup aneh.

“Marquez mengerem sangat dalam.Hanya dia yang melakukan itu.Dia masuk ke tikungan dengan cara yang tidak lazim.Seperti yang Anda lihat,dia memaksakannya sampai batas akhir.Namun dia tetap bisa melintasi tikungan dan menghemat waktu,” kata Galbusera.

Teknik mengerem Marc murni skills/bantuan elektronik?

Banyak yang mengira kalau Honda menggunakan teknologi ABS (Anti-Lock Braking System) yang membuat ban tidak terkunci saat terjadi pengereman keras.Tapi sebenarnya di MotoGP tidak memakai sistem itu.Kenapa ya? bukannya akan lebih bagus? Menurut Marc,saat di tanya soal ABS setelah mencobanya,dia menjelaskan kalau ABS memang menghilangkan resiko kesalahan.

marc-brake3

Untuk keselamatan berkendara di jalan memang cocok.Tapi dia tidak yakin jika di terapkan pada MotoGP.Sebab tanpa ABS,elektronik sudah bisa mengatur batasan maksimal pengereman.Sedangkan jika menggunakan ABS,pengereman di lakukan di bawah batas.Untuk lebih jelas,kalian bisa cek Video Marquez Mencoba ABS ini.

Rahasia Teknik Pengereman Marquez

Rata-rata rider MotoGP menggunakan kemampuan rem depan lebih banyak.Ini wajar,karena rem depan berfungsi untuk menghentikan laju motor.Tapi beda halnya dengan Marquez yang justru memakai rem belakang lebih banyak hingga 80%.Cara ini tidak di terapkan di semua tikungan,cuma pada kondisi tertentu saja.

marc-brake1

Misalnya setelah Straight/melintas di trek lurus panjang lalu ada tikungan di depan.Data dari Brembo (penyedia rem untuk MotoGP) dari sirkuit Brno menunjukkan bahwa rata-rata rider menggunakan rem belakang sebesar 30%.Sementara Yamaha hanya memakai 11% rem belakang saja.Rossi menyebut gaya Marc itu datang dari pengalamannya membalap Dirtbikes dan timbul secara alami karena kebiasaan.

Cara Marquez Melakukan Hard Brake

Ok,kini kita lanjutkan ke sisi teknis dan memahami cara Marquez mengerem keras di tikungan.Pertama,setelah melintasi trek luru dan mendekati tikungan,Marquez akan mulai menekan rem belakang dengan keras.

marc-b1

Kemudian di ikuti dengan membuat ban belakang sliding.Sliding ini bertujuan untuk membantu rem depan mengurangi laju kecepatan motor.

marc-b2

Marquez mulai menurunkan kakinya untuk memindah massa/berat ke kakinya sambil tetap mempertahankan posisi tegak motor.

marc-b3

Saat makin dekat dengan titik pengereman normal di tikungan,motor masih tetap melaju dan Marc menekan keras rem depan dan cepat-cepat melepasnya.Akibatnya ban belakang akan Stoppie/naik ke atas.Lalu dia tekan lagi rem depan dan melepasnya lagi.

marc-b4

Dalam kondisi belum stabil,motor langsung di belokkan.Marquez melakukan gerakan pivot dengan tumpuan ban depan,bahkan saat ban belakang masih terangkat.

marc-b5

AKSI MARC MELAKUKAN HARD BRAKING

Cara itulah yang membuat motor Marc geyal-geyol di tikungan.Kenapa nggak mengerem dengan cara normal aja sih? Marc sengaja melakukan itu untuk menghindari Wheelie (ban depan naik).Wheelie ini muncul jika mengerem terlalu dalam dan lama dengan rem depan,lalu membuka gas dengan cepat.Karena saat Wheelie pasti ada momentum yang hilang dan membuat motor sedikit lambat,Marc berusaha menghindarinya dengan cara dia sendiri.The Power Of Geyal Geyol hehehe.. It Works!!

“Tentu semuanya tergantung pada sirkuit dan masalah yang Anda hadapi.Namun Saya pikir Kami menggunakan kombinasi rem yang sama di tikungan.Perbedaanya adalah Saya menggunakan rem belakang di trek lurus untuk mengindari Wheelie.Sedangkan Yamaha dan Ducati lebih sedikit memakai rem belakang karena mereka bisa menjaga keseimbangan roda depan,entah karena apa Saya tidak tau,” kata Marquez.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*