Mengenal Perbedaan Jenis Media Iklan Outdoor

loading...
Haloo sobat media2give^^ Ketemu lagi nih di posting ini ya hehe.. Nah,kali ini Saya mau membahas informasi tentang Mengenal Perbedaan Jenis Media Iklan Outdoor.Iklan di era modern seperti sekarang ini bisa di bilang merupakan bagian penting dari sebuah bisnis/usaha.Karena tanpa iklan,konsumen tidak akan tau tentang produk kita.Berbagai pilihan iklan muncul seiring dengan perkembangan teknologi.
 
Ada iklan di TV,website bahkan iklan dengan papan besar pun cukup di minati.Ngomongin soal iklan nih,tipe iklan yang memakai media berukuran besar itu biasanya di letakkan di luar ruangan.Misalnya saja di jalanan yang sering di lalui kendaraan.Selain itu,tempat-tempat umum adalah lokasi yang cocok juga untuk memasang iklan ini.Tujuan utama membuat iklan dengan papan besar tidak lain untuk menginformasikan kepada setiap orang yang melihat iklannya.
Informasi itu agar mereka tau bahwa di dalam iklan itu ada produk yang bisa di beli sesuai dengan kebutuhan pembeli.Di pinggir jalanan kota,iklan tersebut banyak terpampang dan berjejer di bagian-bagian tertentu yang di anggap sebagai lokasi strategis untuk promosi.Semua produsen atau pelaku usaha pasti ingin agar usahanya cepat maju dan mendapatkan profit tinggi.
 
 
Oleh sebab itu,menggunakan iklan outdoor adalah pilihan yang tepat.Saat ini banyak perusahaan agensi advertising yang melayani jasa pembuatan serta pemasangan iklan papan di luar ruangan.Sehingga siapa saja yang menginginkan agar produknya lebih cepat di kenal konsumen,dapat memanfaatkan jasa itu.Sebenarnya iklan outdoor dapat di bagi menjadi beberapa jenis.Yang paling sering kita dengar namanya adalah Reklame.
 
Apa itu Reklame? Reklame merupakan media periklanan dengan ukuran besar dan di pasang pada wilayah/lokasi yang ramai di lewati orang/kendaraan,seperti di persimpangan jalan raya.Reklame sendiri dapat di golongan ke dalam beberapa macam yang semuanya itu menggunakan papan besar.Lalu apa saja macam Reklame? Ada 7 macam media periklanan outdoor yang paling sering di temui di jalan.Media tersebut adalah Billboard,Baliho,Mobile Digital Billboard,Megatron,Videotron,Neon Box dan Pylon Sign.
 
1. Billboard
Billboard dapat di artikan sebagai Reklame yang bentuknya bidang dengan bahan kayu,logam,kain dan fiberglass.Billboard di pasang untuk kurun waktu yang lama sehingga bersifat permanen.Pemasangan yang tepat untuk Reklame adalah di sisi persimpangan jalan.
 
 
Billboard tidak hanya dapat di pasang pada papan yang tersedia,tapi juga bisa di letakkan menempel pada bangunan konstruksi tetap.Ukuran Billboard ini terbilang cukup besar dan mudah di lihat semua orang di jalan.Isi Billboard berupa gambar yang di desain menarik di lengkapi dengan kata-kata informasi,termasuk juga slogan.Harga untuk sewa Billboard ini bervariasi,tergantung dari ukuran dan letaknya.
 
Billboard berukuran 4m x 8m di hargai Rp150.000.000 – Rp 180.000.000/tahun untuk biaya sewanya.Itu berlaku pada Billboard yang letaknya di tempat ramai dan strategis untuk beriklan.Sedangkan di pedesaan,Billboard di sewakan dengan harga yang jauh lebih murah,sekitar Rp 30.000.000/tahun.Lamanya pemasangan bisa di atur dengan sistem sewa per bulan jika di inginkan.
 
2. Baliho
Tau bedanya Billboard dan Baliho? Baliho sebetulnya hampir sama seperti Billboard,yaitu media iklan luar ruangan dengan bahan dari kayu atau kain.Jika Billboard bersifat permanen,maka Baliho ini di pasang tidak permanen,jadi hanya sementara saja.Seringkali Baliho di pasang ketika ada event yang di adakan dalam waktu yang dekat.
 
 
Saat ada pemilu atau pemilihan Capres,kita akan gampang menyaksikan beragam Baliho terpasang di jalan-jalan.Baliho itu di pakai untuk mempromosikan seseorang ataupun produk yang di jualnya kepada orang lain.Ketika event telah selesai,maka Baliho akan di copot dan space iklannya kembali di tawarkan pada orang lain yang membutuhkan jasa sewa lokasi Baliho ini.
 
Dilihat dari bentuk dan konstruksi,Billboard dan Baliho itu sama saja,hanya segi visualnya saja yang berbeda.Baliho biasa di letakkan pada tempat yang tinggi.Di kota-kota besar,Baliho di sewakan dengan kisaran harga Rp 40.000.000 – Rp 70.000.000/tahun.Harga tersebut bisa lebih rendah saat ada event besar dan diskon di berlakukan agar banyak yang berminat dengan jasa sewanya.
 
3. Mobile Digital Billboard
Media iklan outdoor yang satu ini cukup unik,karena Billboardnya tidak di pasang pada tempat khusus di jalan,tapi justru di pasang pada sebuah mobil/truck.Sisi samping kendaraan itu akan di beri gambar dan tulisan untuk promosi.Jika mobil/truck bergerak,maka orang-orang di sekitar akan tertarik dan melihat gambar iklannya.
 
 
Cara ini efektif dan unik dalam mendatangkan pembeli karena mereka akan menganggap cara promosinya menarik dengan memasang iklan di mobil.Mobile Digital Billboard ini di sebut juga dengan iklan berjalan yang berisi informasi singkat dan padat tentang event yang sifatnya insidentil/segera terjadi dalam waktu tidak lama.  
 
4. Megatron
Megatron  merupakan inovasi baru sekaligus pengembangan dari Billboard konvensional.Bila Billboard biasanya berisi gambar besar dan kata-kata promosi,maka Megatron ini menghadirkan sesuatu yang lebih modern.Gambar tersebut dapat bergerak,tidak hanya diam seperti biasanya sehingga gambar terlihat sebagai sebuah animasi bergerak.
 
 
Ini dapat menyedot perhatian dari pengguna jalan maupun pengendara motor dan mobil di jalan.Bentuknya yang unik menjadikan Megatron ini berkembang dengan cepat menggantikan model Billboard biasa.Umumnya orang cenderung lebih suka menyaksikan gambar animasi di bandingkan hanya menononton gambar diam saja.Yang jelas Megatron ini bukanlah robot Decepticons,musuhnya Optimus Prime ya hehehe.. 
 
5. Videotron
Konsep Videotron ini mirip dengan Megatron.Namun untuk Videotron,media iklan tidak hanya gambar bergerak,melainkan sebuah video yang di putar untuk menampilkan produk ataupun pesan yang di promosikan.Dalam Videotron,media yang di pakai untuk menayangkan video memakai LED.LED adalah jenis pencahayaan yang memakai semikonduktor untuk mengubah energi listrik menjadi cahaya.
 
 
Videotron umumnya hanya di pasang untuk outdoor sebagai penanda tempat sekaligus media untuk menayangkan iklan melalui video.Videotron ini bahkan bisa di fungsikan untuk menampilkan VCR dalam konser musik.Dalam 1 tempat Videotron,bisa di pasang hingga lebih dari 1 video dari pemakai jasa sewa.Jadi beberapa pengguna jasa ini videonya dapat di tayangkan dalam 1 Videotron.
 
Video otomatis berganti sesuai durasi yang telah di sepakati sebelumnya.Videotron membuat orang yang melihatnya tidak mudah bosan.Selain itu,Videotron tahan lama karena bentuknya berupa video.Lain dengan Billboard yang jika sudah lama kondisinya berubah seperti warna gambarnya yang pudar atau rusak.
 
6. Neon Box
Apa itu Neon Box? Neon Box adalah papan iklan yang berasal dari bahan Accrylic dan Colibrite.Neox Box dapat menyala di malam hari karena di dalamnya di tambahkan lampu.Bentuknya dapat di sesuaikan dengan permintaan pemesan.Bagian samping Neon Box memiliki ketebalan yang berbeda pada bidang boxnya.Perbedaan ini berguna untuk menyesuaikan pencahayaan yang pas di dalam Neon Box.
 
 
Bagian yang terlihat menyala itu merupakan Image di depan Neon Box,sering di sebut dengan nama Becklite.Sementara sisi depannya di namai dengan sebutan Flexi Becklite,terbuat dari bahan Vinyl.Neon Box ini memiliki keunggulan karena nama tempat yang di beri Neon Box akan nampak eksklusif dan di waktu hari gelap,tulisannya tetap terbaca dengan lampu yang meneranginya.Mungkin kelemahan jika memakai Neon Box hanyalah pada penggunaan listrik yang membutuhkan daya tinggi sehingga akan memerlukan biaya lebih.
 
7. Pylon Sign
Pylon Sign adalah papan yang dibuat dari Cutting Sticker,Alocopan dan Accrylic Letter yang di pasang dengan posisi vertikal.Pylon Sign menampilkan informasi tentang promosi sekaligus terdapat tulisan sebagai petunjuk/penanda juga.Alocopan pada Pylon Sign ini membuat papan iklannya awet dan tahan lama.Sebab Alocopan adalah bahan yang tahan panas dan air serta tidak cepat rusak.
 
 
Pylon Sign dapat bertahan dalam waktu yang lama dengan kondisi tetap baik,bahkan hingga 10 tahun pemakaian.Kini Pylon di buat dengan berbagai variasi tipe dan bentuk sesuai kreasi dan kebutuhan penggunanya.Namun untuk membuatnya memang di perlukan biaya yang tidak sedikit,karena pembuatan,pemasangan dan menyewa tempat untuk Pylon Sign ini membutuhkan biaya hingga Rp 40.000.000,-

loading...
loading...

3 Comments

  1. @Rahman Wangsyah
    iya bro,krn ukuran baliho yg besar dan harganya lebih rendah dari Billboard sehingga banyak yg memilih baliho.Klo videotron lebih mahal biayanya,lebih dari Rp 180.000.000/tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*