Tips Main Game MotoGP Agar Seperti Rider Asli

loading...
Haloo sobat media2give^^ Ketemu lagi ya dengan kalian di posting ini.Hmm,kira-kira mau bahas apa ya yang enak untuk kali ini? Oiya,ini aja deh,Saya akan berbagi Tips Main Game MotoGP Agar Seperti Rider Asli.Yap,game MotoGP adalah salah satu game favorit Saya yang paling sering di mainkan di laptop,selain PES dan game strategi seperti Lord of The Rings : Battle For Middle Earth.Sebenarnya Saya bukan gamer mania yang mengkoleksi banyak game.

Hanya beberapa game saja yang Saya senangi karena berkaitan dengan strategi ataupun sport.Nah,kalau game Sport,MotoGP 8 adalah game paling menarik buat saya untuk di mainkan,karena disitu kita dapat merasakan sensasi membalap seperti rider MotoGP sungguhan.Bicara soal MotoGP,pastinya nggak bisa terlepas dari rider-rider juara,misalnya saja Valentino Rossi,Casey Stoner,Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo.Loh,kok Marc Marquez nggak ada? 

Karena disini saya hanya akan membahas cara bermain di game MotoGP 8 saja.Marc Marquez ada sih,tapi pas tahun 2008 dia masih di kelas 125cc.Kenapa game MotoGP 8 yang dipilih? bukannya sekarang sudah ada game MotoGP 2015 dengan tampilan yang lebih bagus dan rider terupdate juga? Memang sih,jika di bandingkan dari versi game sebelumnya,game MotoGP 2015 tentu memiliki keunggulan dari segi grafis,gambar dan cara memainkannya.Namun di game MotoGP 8 punya tingkat kesulitan yang lebih besar daripada game MotoGP 2015.

Letak kesulitan itu adalah pada persaingan antar rider.Kalau kalian baru pertama mencoba game ini,jangan heran kalau lawan-lawan kalian akan bermain kasar.Di MotoGP 8,rival kita tidak ada yang mau mengalah,dan sekali kita mengovertakenya,mereka akan berusaha keras langsung membalap.Bahkan seringkali sampai menyenggol/menabrak motor kita.Apalagi kalau kita ada di jalur balap mereka dan lebih lambat dari rider di belakang kita,pastilah bakalan kena sodok motor yang lainnya.


Akibatnya cukup fatal,karena kita bisa keluar jalur atau bahkan crash.Yah,bisa dibilang game MotoGP 8 ini ekstrim mainnya.Alasan lainnya kenapa saya memilih MotoGP 8 adalah karena faktor spek yang dibutuhkan untuk main game.Game tahun 2008 kalau di bandingkan dengan game 2015,speknya akan berbeda jauh.Spek ini merupakan syarat dan kemampuan laptop/PC untuk dapat menjalankan game dengan lancar.Coba lihat bedanya persayaratan komputer untuk main game MotoGP 8 dan MotoGP 2015 ini :

MotoGP 08 – PC Minimum system requirements

OS: Windows XP/Vista
Processor: Pentium 4 Processor
Memory: 512 Mb
Hard Drive: 8 Gb free
Video Card: nVidia GeForce 6600 / ATI Radeon X1600 (Shader Model 3.0)
Sound Card: DirectX Compatible
DirectX: 9.0c
Keyboard
Mouse
DVD Rom Drive

MotoGP 15 – PC Minimum system requirements

Operating system: Windows Vista | 7 | 8 | 8.1
Processor: Intel Core i3-530 2.93 Ghz | AMD Phenom II X4 850 @ 3.30 Ghz
Memory: 4 GB RAM
Graphics: Nvidia GeForce GTX 460 | ATI Radeon HD 6790 – 1 GB VRAM
Hard Disk Space: 30 GB
DirectX version: 10
Sound Card: DirectX Compatible


Di game MotoGP 8,kita cuma perlu komputer/laptop dengan RAM 512 Mb dan Free Hard Drive 8 Gb.Sementara kalau main MotoGP 2015,komputernya harus memiliki minimal RAM 4 Gb dan Free Hard Drive 30 Gb.Wow,gede banget kan? hehe.. Belum lagi untuk VGA nya yang butuh spesifikasi tinggi juga.Tapi kalau laptop kalian kuat buat main sih,nggak apa-apa.Itung-itung main yang 2008 dulu lah,buat belajar MotoGP 2015.

Cuma main game aja kok perlu belajar segala? Iya,maksud Saya belajar untuk main game dengan baik.Saya sering melihat gamer lain itu kalau main asal geber aja,yang penting bisa overtake rider lain dan menang.Kadang-kadang yang main itu nggak peduli apakah cara balap mereka itu sudah benar/belum.Cara menggeber motor yang benar adalah yang sama persis seperti rider-rider asli di MotoGP.Susah dong kalau di suruh mirip? Nggak juga sih,tergantung dari bagaimana cara kita mempelajarinya aja.

Buat kalian yang masih penasaran,gimana sih biar jago mainnya tapi dengan gaya balap seperti rider MotoGP,bisa ikuti tips dan tutorial yang Saya berikut berikut ini.Tutorial ini Saya buat berdasarkan pengalaman Saya bermain selama berbulan-bulan hehehe.. Semoga saja bermanfaat,terutama bagi yang baru pertama kali main dan kesulitan menggeber motornya dengan baik.Ok,langsung aja cekidot ^_^

Persiapan Sebelum Mulai Bermain MotoGP 8 

1. Sering nonton video MotoGP
Nonton ini bukan sekedar melihat biasa dan menjagokan rider idola untuk menang ya,melainkan lebih kepada mengamati cara rider melibas tikungan.Seperti yang kita tau,ada berbagai tipe tikungan di MotoGP seperti Hairpin dan Chicane.Perhatikan cara rider memposisikan motor dan mengambil tikungan dari sisi luar/dalam.

2. Mengatur tombol main agar enak dipakai
Main game MotoGP 8 ini bisa menggunakan Joystick ataupun Keyboard.Kalau pakai Keyboard,pastikan mengatur tombol gas dan rem di posisi yang dekat dengan jari kita sehingga mudah di jangkau dan bisa merefleks cepat saat menghadapi kondisi sulit di lintasan.

3. Menjaga emosi dan konsentrasi
Meskipun ini hanya game,tapi jika sudah larut dalam permainan,kita bisa saja terbawa emosi.Mungkin ini tidak akan terasa kalau mainnya di level easy/medium.Tapi coba saja kalian main di level Hard,nanti adrenalin dan emosi pasti meningkat.Di game ini kita startnya selalu dari grid paling belakang/posisi terakhir.Itu berlaku untuk yang main tipe Quick Race.Mengovertake 17 rider lain itu tidak mudah dan jika bermain dengan Real Lap,konsentrasi perlu dijaga terus agar tidak sering melakukan kesalahan.


4. Memilih level yang mudah dulu
Kalian yang baru pertama nyobain game ini jangan keburu langsung main level yang sulit ya,karena bisa dipastikan nggak akan menang hehehe.. Untuk itu,lebih baik jika mencobanya dari level easy dulu,baru setelah mulai bisa main di tingkatkan lagi ke level medium,hard dan champion.Yang penting itu mainnya sudah bener dulu,tau caranya belok dan menyalip lawan seperti rider MotoGP.Jangan asal-asalan ya,biar hasilnya memuaskan.

5. Jangan melamun waktu main
Nah,ini kadang terjadi terutama kalau kita main yang Real Lap yang membutuhkan waktu lama,sekitar 40-50 menit sekali main,persis dengan kondisi pembalap asli kalau balap lama selesainya.Dalam waktu yang lama itu,mata kita melihat ke layar terus dan memikirkan jalan di depan,apakah belok ke kanan,kiri,belok tajam ataupun belokan yang susah.Bisa saja kan waktu main karena waktunya lama,kita tanpa sadar melamun.

Walau cuma sebentar dan ngeblank alias lupa di depan itu harus belok ke mana.Akibatnya motor kita akan sering melebar dan memberi peluang rider lain mengejar kita,sehingga kita kehilangan posisi.Ok,kalau persiapan mainnya sudah beres semua,saatnya untuk mencoba main game MotoGP 8 ya.Perlu di perhatikan bahwa kita juga harus tau dulu apa arti dari tanda-tanda di lintasan.Selain itu juga belajar teknik membelok dengan rapi.


Karena semakin rapi kita membalap,jarak tempuh dalam 1 lap itu bisa di selesaikan lebih cepat.Saat start menjadi momen yang krusial karena disitulah kita mencari posisi yang aman untuk maju ke baris depan.Jika mainnya di level Hard,pas start jangan terlalu lama menunggu dan sebisa mungkin lansung menyodok maju ke depan.Kenapa? Selepas start,lawan kita akan berusaha untuk kabur dan secepat mungkin pergi.Sedangkan kita startnya dari posisi ke 18.

Kalau kita kelamaan berkutat di posisi 10 ke bawah (posisi 13,14,15 dst),maka gap waktu dengan posisi pertama akan jauh.Semakin lama kita meladeni lawan di urutan bawah,makin jauh kita tertinggal dari rider baris depan.Mereka akan membuat gap yang jauh,dan menurut pengalaman saya,jika gap kita dengan rider di posisi pertama lebih dari 3 detik,maka sulit buat kita untuk jadi juara.Nah,untuk lebih jelasnya lagi,silahkan di simak trik-trik berikut ini ya ^^

Riding Model
Riding Model ini adalah pilihan gaya balap kita yang akan di terapkan pada motor yang dipakai dalam game.Ada 3 jenis riding model : Arcade,Advanced dan Simulation.Masing-masing model mempunyai tingkat kemiringan sudut yang berbeda-beda saat menikung.Arcade adalah yang normal dipakai,sementara Advanced memungkinkan motor lebih miring di tikungan dan yang Simulation,motornya akan sangat miring.Pilih saja yang Arcade biar nggak gampang crash ya.


Transmission
Transmission ini merupakan pengaturan untuk perpindahan gigi motor yang membatasi kecepatan.Kalian bisa memilih mau yang Automatic ataupun Manual.Sesuaikan saja dengan apa kalian mainnya.Misalnya kalau main pakai Keyboard,gunakan saja yang Automatic biar nggak repot mindahin gigi motornya.Sedangkan kalau pakai Joystick mungkin memilih yang Manual bisa jadi tantangan sendiri.Kita yang mengatur kecepatan saat ada di kecepatan tinggi/rendah dengan gigi motor itu.

Karakteristik Motor di MotoGP 8
Game ini di buat pada bulan Oktober tahun 2008 yang semua ridernya di buat dengan kondisi mirip seperti rider aslinya.Di tahun 2008 kita tau juara dunianya adalah Valentino Rossi.Jadi sudah pasti,kalau pakai motornya Rossi lebih di unggulkan dari motor lainnya untuk main game.Setiap rider punya karakteristik motornya sendiri-sendiri.Di tahun ini juga ada 4 rider jagoan yang selalu berada di papan atas klasemen.Selain Rossi,ada rider lainnya seperti Stoner,Lorenzo dan Pedrosa.Antara pabrikan motor,mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dani Pedrosa (Honda Repsol RC212V)


Kelebihan :
Motor honda milik Pedrosa punya keunggulan dari segi tarikan gas.Terutama saat Speed Cornering di tikungan.Honda Repsol mampu di gas dengan cepat dengan kecepatan yang langsung naik secara drastis.Motor ini selalu kencang ketika keluar tikungan dan bisa langsung geber pol sehabis menikung.Dari segi bobot,Honda Repsol adalah yang paling ringan,sehingga lincah dan agresif jika di pakai.

Kekurangan :
Agresifitas motor menjadi 2 sisi coin,disatu sisi menguntungkan tapi di sisi lainnya juga sulit di kendalikan.Honda Repsol punya power yang besar,sedangkan kekuatan remnya tidak sekuat gasnya.Sehingga motor ini terasa galak jika digunakan untuk mengovertake rider lain.Cornering/kemiringan sudut juga jadi masalah karena Honda tidak bisa menikung terlalu rebah.

Valentino Rossi (Yamaha YZR M1)


Kelebihan :

Jika bicara soal kemampuan motor,Yamaha milik Rossi lah yang jadi juaranya.Motor ini punya balance yang bagus dan mampu menikung dengan mulus tanpa goyang atau muncul guncangan seperti Honda dan Ducati.Yamaha YZR M1 sangat cocok dipakai untuk duel satu lawan satu di track yang tidak banyak lintasan lurusnya.Motor ini bisa meliuk-liuk dan memaksimalkan kemampuan kita untuk melibas tikungan serapi mungkin.

Kelemahan :
Yamaha YZR M1 Rossi punya problem besar di power,karena motor ini menggunakan mesin Big Bang,bukannya Screamer yang full power seperti Ducati dan Honda.Di track yang ada lintasan lurus yang panjang,motor Rossi sering kalah,apalagi di track yang bertipe stop and go,dimana ada tikungan sangat lambat dan setelah tikungan harus langsung di pacu kencang.Yamaha Rossi untuk naik gasnya lebih lama dan akan terasa setelah keluar tikungan.Motor ini sering ketinggalan dengan motor lain yang bertenaga lebih besar.

Jorge Lorenzo (Yamaha YZR M1)


Kelebihan :

Basic motor Lorenzo sama seperti motornya Rossi yang punya kelebihan dari segi keseimbangan dan kemampuan untuk dekat di tikungan saat membelok.Perbedaan yang terasa jelas adalah pada motor Lorenzo,powernya sedikit lebih besar daripada motornya Rossi.Di tunjang lagi dengan karakteristik Lorenzo yang agresif,sehingga meski powernya kalah dari Honda/Ducati,Yamaha YZR M1 Lorenzo cocok dipakai untuk memecahkan Lap Record karena ini adalah motor yang kencang.

Kekurangan :
Lagi-lagi masalah Yamaha adalah di power.Motor Lorenzo kurang memiliki tenaga untuk bersaing dengan motor lain di lintasan yang bukan tipenya Yamaha.Jika sudah ada gap yang jauh dari motor di depan,memakai Yamaha YZR M1 akan susah untuk mengejar.Bahkan kalau main di Real Lap,kita harus geber habis-habisan,ibarat kata udah ngos-ngosan untuk mengejar Ducati/Honda.Selain itu Yamaha YZR M1 Lorenzo punya titik lemah di braking.Rem motornya kalah kuat jika di bandingkan dengan Rossi.

Casey Stoner (Ducati Desmosedici GP 8)


Kelebihan :
Mungkin nggak perlu di tanya lagi ya,kekuatan motor ini ada di powernya yang super mantap.Track lurus sangat cocok dengan Ducati karena motor ini bisa dengan mudah meninggalkan lawannya dan membuat gap yang jauh dan tidak bisa di dekati motor lainnya.Ducati juga memiliki kekuatan rem yang kuat untuk meredam power besarnya yang meledak-ledak.Dari segi bobot motor mungkin memang lebih berat.Ini membuat motor Ducati tidak mudah goyang dan maksimal melaju dengan kecepatan penuh.

Kekurangan :
Ducati adalah motor terbaik tapi tetap saja tidak sempurna.Motor ini sering bermasalah dengan Understeer,dimana motonya susah belok.Sepertinya pengaruh dari rangka motornya juga karena kita menghadapi track dengan banyak tikungan,Ducati sering keteteran dan sulit menang.Masalah lainnya ada di bagian cornering.Saat menikung,motornya tidak bisa rebah dan hanya bisa sedikit miring.Ini menyulitkan kita saat melakukan duel dengan rival lain.Ducati tidak bisa digunakan untuk membalap rapi,karena fokusnya adalah di power motor dan membuat gap,bukan untuk duel jarak dekat.

Arti Tanda-Tanda di Lintasan Balap

1. Map
Map/Peta ini secara default akan aktif sendiri saat kita main.Fungsinya adalah untuk memberitahu kita sedang berada di bagian mana dari track.Rider yang kita pakai akan di tunjukkan dengan point warna putih.Disitu kita bisa melihat jarak dengan rider di belakang kita yang juga di gambarkan dengan point.

2. Turn Sign
Turn Sign ini adalah tanda bahwa di depan kita ada tikungan,sekaligus menunjukkan seperti apa bentuk tikungan itu,apakah tikungan cepat,lambat,chicane atapun hairpin.Di setiap akan masuk belokan,kita otomatis di ingatkan melalui tanda ini agar tidak bablas keluar lintasan hehehe..


3. Warning
Warning adalah tanda peringatan yang menginformasikan pada kita jika di depan ada tikungan yang cukup berbahaya.Tikungan itu harus di lintasi dengan mengurangi kecepatan motor/dengan kecepatan yang rendah.Biasanya tanda ini bentuknya seperti tanda seru berwarna merah.

4. Gap Time
Gap merupakan jarak waktu antara motor kita dengan motor yang ada di belakang atau di depan.Gap ini menggunakan satuan waktu (detik).Jika kita melihat angka gap time dengan warna orange dan ada tanda + di depannya,itu menandakan jarak kita dengan motor di depan.Misalnya +03.717,berati jarak kita lebih dari 3 detik dari motor di depan.Sedangkan kalau yang muncul adalah tanda – (minus) berarti itu jarak keunggulan kita dari rider di belakang.


Cara Overtake Yang Benar di MotoGP 8
Kebanyakan pemain game ini kalau mau menyalip kurang memperhatikan bagaimana cara yang benar,meskipun sah-sah saja sih,mau overtake dengan cara apa.Yang penting kan bisa lewati rider lainnya,tapi kalau mau tau bagaimana cara menyalip yang benar,kalian harus selalu mencoba cara ini.Yaitu dengan mengovertake dari sisi dalam.

Karena kalau kita mengovertake dari sisi itu,otomatis kita menang posisi,jadi tidak perlu memaksa terlalu keras.Sisi dalam tikungan selalu berubah-ubah,tergantung dari arah tikungannya.Sisi dalam ini adalah bagian yang paling dekat dengan pinggir lintasan.Saat start juga penting,karena jika startnya bagus,maka untuk merangsek ke depan bisa cepat.Saat motor saling berdekatan di tikungan pertama selepas start,pastikan motor ada terus di sisi dalam agar tidak tersenggol motor lainnya dan kehilangan posisi.


Jagalah posisi tetap di sisi dalam sampai kita bisa menyalip beberapa motor sekaligus.Baru setelah itu kita bisa mengambil sisi yang berbeda bila sudah dapat posisi yang pas untuk mengejar ke depan.Jangan sampai menabrak rider lainnya karena akab berakibat motor kita melebar dan semakin jauh jaraknya dari motor di depan.

Teknik Melibas Tikungan Dengan Benar
Cara menikung itu menyesuaikan dengan bentuk tikungan.Tugas kita adalah berusaha membuat jalur selurus mungkin untuk mendapat kecepatan terbaik.Ok,biar mudah di mengerti akan saya tunjukkan dalam gambar berikut ini.Ini adalah salah satu tikungan di sirkuit Jerez,Spanyol.

Cara Menikung di Sirkuit Jerez :
1. Arahkan motor ke sisi luar dan dekatkan ke bagian Curbstones.Curbstones adalah gerigi yang di pasang di pinggir lintasan dan di cat dengan 2 warna.Fungsinya untuk meredam kecepatan motor saat menikung dan terlalu lebar.Ketika motor di pacu dengan kondisi miring dan ban menyentuh Curbstones,maka motor akan di dorong masuk ke lintasan lagi.

2. Dekatkan motor di sisi dalam tikungan di depan,arahkan lurus ke sisi luar di depannya lagi.Tahan gas sampai motor akan keluar tikungan.


3.Setelah keluar tikungan,pacu motor ke arah luar tikungan dengan kecepatan tinggi.Usahakan untuk segera mungkin menegakkan badan agar motor tidak sampai melebar keluar track.


4. Sentuhkan ban sedikit ke Curbstones untuk menjaga agar kecepatan tidak terlalu over.Ketika motor sudah stabil,tarik gas sekencang mungkin untuk maju ke depan.


Ok,itu tadi baru teknik dasar ya hehe.. Lanjut lagi yuk ke teknik menikung yang lebih susah.Untuk yang ini Saya mengambil contoh di tikungan naik dengan sudut tajam di sirkuit Estoril.Jika kalian melintasi sirkuit ini pasti menemukan tikungan sulit ini.Kalau salah memposisikan motor,bisa langsung keluar tikungan ataupun crash hehehe..

Cara Menikung di Chicane Tajam Estoril :
1. Saat tikungan mulai terlihat,posisikan motor dekat dengan Curbstones di sisi luar

2. Ketika terlihat ujung Curbstones yang berbentuk lancip,langsung rem motor dengan keras.Ujung Curbstones itu adalah tanda area pengereman.Tentukan sudut kemiringan yang lurus ke Curbsones di depan.


3. Masih di tepi lintasan,posisikan motor sedikit ke sisi tengah untuk bersiap menikung tajam ke kiri


4. Arahkan motor ke sisi dalam tikungan yang naik,lebih tepatnya di pinggir Curbstones


5. Jaga kecepatan untuk masuk di tikungan Chicane ke 2.Arahkan ke sisi dalam tikungan di depannya.


6. Tahan posisi kemiringan motor agar tetap berada di sisi luar tikungan dan mulai tarik gas setelah keluar tikungan.


Ok,untuk tutorial selanjutnya adalah cara menikung si Chicane sirkuit Le Mans.Chicane ini adalah tikungan berbentuk seperti huruf “S” yang membutuhkan keluwesan dan kegesitan gerakan mengayun motor.Untuk melakukannya bisa langsung di simak caranya berikut ini :

Cara Menikung di Chicane Le Mans :
1. Ketika sudah dekat dengan tikungan Chicane,mulailah mengerem dengan posisi motor di dekat Curbstones.Pastikan untuk mengerem lebih awal agar tidak kesulitan membelokkan motor di depan nanti.

2. Arahkan motor ke sisi dalam tikungan dan bersiap menuju tikungan berikutnya

3. Geser motor kembali ke tengah lintasan untuk mendekati sisi dalam Chicane di depan


4. Saat motor sampai di pinggir tikungan,segera tegakkan motor dan jaga keseimbangan


5. Miringkan motor ke kanan lagi untuk bersiap menikung kembali


6. Bentuk sudut lurus menuju ke Curbstones berikutnya


7. Ingat lagi untuk mengerem lebih awal sebelum masuk ke tikungan di depan


8. Arahkan motor ke sisi dalam tikungan dan mendekati Curbstones

9. Atur kecepatan agar melintasi tikungan ini dengan pelan dan tidak sampai melebar keluar


10. Gunakan rem depan ketika sampai di ujung tikungan untuk menghentikan laju motor sejenak


11. Gantung gas agar tetap terbuka dan bersiaplah menuju sisi dalam lagi


12. Dekatkan ke arah Curbstones dengan tetap dalam kecepatan rendah


13. Pertahankan motor agar tetap di tepi sisi dalam


14. Tarik gas setelah selesai melintasi tikungan dengan posisi motor masih miring


15. Posisikan motor di tepi lintasan agar mendapat akselerasi maksimal


Lanjut lagi nih,belum capek kan baca artikelnya? hahaha.. Ok,untuk trik yang satu ini adalah cara menikung di bagian Chicane sirkuit Brno.Hmm,kenapa dari tadi saya memberikan tutorial membelok di Chicane terus? karena ini adalah tikungan tricky yang perlu kombinasi ketepatan,kesabaran dan insting yang bagus agar bisa sempurna melewatinya.Untuk caranya,silahkan di simak petunjuk berikut ini :

Cara Menikung di Chicane Naik Brno :
1. Ambil posisi motor dekat di sisi dalam tikungan dan dekat dengan Curbstones

2. Geser motor ke sisi tengah lintasan untuk mengarah ke sisi dalam selanjutnya


3. Tegakkan motor untuk menjaga keseimbangan sebelum menikung

4. Cari sudut kemiringan yang tepat untuk bersiap menghadapi tikungan tajam


5. Geser motor ke arah tepi lintasan di tikungan dalam


6. Tahan gas sebentar,jangan di tarik sebelum tikungan selesai


7. Ubah posisi ban depan menuju ke sisi luar tikungan


8. Mulai tarik gas untuk mendapatkan kecepatan yang baik


9. Jaga motor dalam kondisi miring agar tidak keluar lintasan


10. Tegakkan motor dan buka gas dengan kekuatan penuh

Teknik Menggantung Gas di Tikungan
Saat menikung,motor kita membutuhkan kecepatan namun tidak dalam porsi yang maksimal.Motor harus tetap melaju tapi jika kita gunakan tenaga gas maksimal,motor justru akan melebar ke luar.Jadi disini harus memainkan gas dengan cara menggantung gas dan menahannya sebelum siap untuk di tarik kencang.Tutorial berikutnya adalah Menggantung Gas di Last Corner sirkuit Estoril.Silahkan di simak lagi caranya berikut ini :

Cara Menggantung Gas di Last Corner Estoril :
1. Saat masuk ke tikungan terakhir,gantung gas dan tahan agar tidak terlalu kencang dengan posisi miring

2. Tunggu sampai ujung Curbstones,arahkan ke sisi luar lintasan


3. Selesai Exit Corner,tarik gas untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi


Track Dengan Kontur Naik Turun
Ada beberapa sirkuit yang membutuhkan kewaspadaan karena bentuk lintasannya yang tidak rata/naik turun.Disini kita di haruskan untuk bersiap dengan pengereman yang keras.Di saat melewati lintasan yang menurun,seringkali motor kita akan Wheelie tanpa di sengaja.Contohnya di sirkuit Sachsenring,ketika masu ke track menurun,motor bisa mengalami Wheelie.
Wheelie adalah kondisi dimana ban depan terangkat tinggi.Ini bisa menjadi trik yang sering di perlihatkan rider untuk selebrasi selepas menang balapan tapi bisa juga karena faktor ketidaksengajaan.Jika Wheelie itu tidak kita inginkan,tindakan yang harus cepat dilakukan adalah menutup gas sebentar dan membiarkan ban motor turun dengan sendirinya,barulah mulai di gas lagi.


Teknik Sliding di game MotoGP 8
Sliding merupakan cara untuk melahap tikungan tanpa menggunakan rem belakang.Teknik dasarnya adalah memiringkan motor dan terus menarik gas dan membiarkan ban belakang semakin menggeser ke sisi lebar.Sedangkan ban depan di tegakkan dan di pakai sebagai penahan agar motor bisa melintasi tikungan tetap pada jalurnya.

Teknik ini berakibat pada kondisi ban yang akan cepat aus,jadi tidak bisa di pakai terus menerus dalam balapan.Tapi kalau bisa kita pakai,akan terlihat keren.Ciri khas motor mengalami sliding selain posisinya yang sangat miring adalah munculnya bunyi decitan pada ban belakang,kadang di sertai dengan asap yang keluar juga.Ok,untuk cara melakukannya,Saya ambil contoh sliding di sirkuit Sepang,Malaysia.

Cara Sliding di sirkuit Sepang,Malaysia :
1. Posisikan motor dekat dan mengarah ke Curbstones

2. Sentuhkan ban depan pada setengah bagian Curbstones di ikuti dengan ban belakang


3. Geser kembali ban depan ke posisi awal di dekat Curbstones


4. Tahan posisi motor tetap di dekat Curbstones dan geser ban belakang agar melebar


5. Ban belakang akan mulai mengalami sliding


6. Tarik lagi gas sampai sliding mencapai puncak maksimalnya


7. Tegakkan motor sebelum grip ban belakang habis agar motor tidak crash


Tikungan Yang Membuat Motor Sliding Keras
Ada beberapa tikungan yang sangat berbahaya dan berpotensi terjadi sliding secara tidak di sengaja.Kita perlu waspada ketika menikung di tikungan ini karena sidingnya akan berakibat crash jika kurang hati-hati.Berikut ini adalah lokasi tikungan yang bisa di pakai untuk mencoba teknik sliding.

Perhatikan tanda point berwarna hijau yang menandakan lokasi tempat sliding terjadi.Tulisan “Warning” berarti itu adalah tikungan yang berbahaya,namun bisa di pakai untuk melakukan sliding.

1. Catalunya,Spanyol
2. Catalunya,Spanyol


3. Laguna Seca,USA
  
4. Sachsenring,Jerman


5. Brno,Ceko


Teknik Stoppie di game MotoGP 8
Stoppie merupakan salah satu teknik yang dipakai di MotoGP.Stoppie dilakukan dengan mengangkat ban belakang motor tinggi ke atas.Stoppie ini kebalikan dari Wheelie dan jarang digunakan secara sengaja karena membuat motor menjadi lambat saat menikung.


Seringkali Stoppie terjadi karena pengereman yang terlalu dekat dengan tikungan.Di MotoGP,rider yang suka memakai Stoppie adalah Marc Marquez.Stoppie dapat dilakukan di sirkuit Sepang,tepatnya pada tikungan terakhir.Lalu gimana caranya agar motor bisa Stoppie? Berikut inilah langkah-langkah melakukannya

Cara Stoppie di sirkuit Sepang,Malaysia :
1. Gas penuh di lintasan lurus sampai menjelang tikungan terakhir
2. Perlambat pengereman sampai sangat dekat dengan tikungan
3. Tekan rem depan sekeras mungkin lalu belokkan motor
4. Posisi motor yang tidak siap akan menaikkan ban belakang karena berat motor berpindah ke depan

Teknik Slip Stream di game MotoGP 8
Apa itu Slip Stream? Teknik ini adalah teknik yang dipakai untuk menghindari terpaan dan tekanan angin dari arah berlawanan.Cara melakukannya dengan berada di belakang motor yang mau di overtake dan ketika sudah dekat,geser motor ke sisi kanan/kiri lawan.Cara ini cukup efektif di lakukan pada track yang memiliki lintasan lurus yang panjang seperti Mugello.

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*