Kenapa Rossi Memakai Mouthguard Sebelum Membalap?

loading...
Haloo sobat media2give^^ Pada kesempatan kali ini saya akan membahas informasi tentang Kenapa Rossi Memakai Mouthguard Sebelum Membalap? Hmm,pernah dengar dengan istilah Mouthguard? Kalau dari artinya sih Mouthguard adalah pelindung mulut.Tapi untuk melindungi dari apa ya? Jika kalian sering mengikuti MotoGP pasti sering melihat salah seorang rider memakai Mouthguard ini.Salah satunya adalah rider bernomor 46,Valentino Rossi yang tahun ini belum berhasil merebut gelar juara dunianya yang ke 10 karena di akhir seri dikalahkan oleh Jorge Lorenzo.

Pada race Sepang,Malaysia Lorenzo mendapat keuntungan akibat Sepang Clash.Insiden yang melibatkan Rossi dan Marquez itu menyulitkan langkah Rossi karena dia mendapat hukuman harus start dari posisi terakhir di seri Valencia.Akhirnya Rossi memang gagal mewujudkan impian gelar juara dunianya.Nah,jika kalian perhatikan ketika sedang melakukan persiapan baik itu di Free Practice,sesi kualifikasi ataupun saat race,Rossi menempatkan sesuatu di mulutnya.Ya,benda itulah yang disebut Mouthguard tadi.

Sejak masuk ke kelas MotoGP di tahun 2000,Rossi berkali-kali tertangkap kamera memakai Mouthguard.Bagi yang masih awam mungkin belum mengerti,kenapa ya harus menggunakan Mouthguard ini? apakah hanya untuk gaya-gayaan saja? Ternyata tidak,karena Mouthguard memiliki fungsi yang vital dalam menjaga tubuh rider,terutama di area mulut.Tujuan utama seorang rider memasang Mouthguard adalah untuk mengurangi potensi cidera pada gigi dan jaringan di sekitarnya.Walaupun jika sudah memakai Mouthguard,tidak menjamin juga terhindar dari gigi yang bisa patah ketika terjadi benturan keras.


Paling tidak,manfaatnya akan terasa sebagai pelindung fragmen di dalam mulut agar tidak terkoyak.Fungsi lainnya adalah untuk mengurangi resiko gegar otak,karena Mouthguard bekerja sebagai Shock Absorber (penyerap kejutan).Tidak semua rider menggunakan Mouthguard ini,hanya jika mereka merasa memerlukan saja,barulah dipakai.Bentuk Mouthguard ini sama seperti bentu gigi rider dan dibuat dengan berbagai variasi.Yang paling banyak di gunakan adalah yang memiliki bentuk menyerupai gigi dan berwarna transparan.


Ketika rider sedang menggeber motor dengan kecepatan tinggi,akan timbul getaran pada tubuh rider itu dan posisi kepala yang dekat dengan motor menyebabkan di bagian dalam helm timbul getaran.Getaran pada mulut muncul akibat gerakan dari rahang atas dan bawah yang bergerak naik turun.Sedangkan di bagian gigi akan terjadi gemeletuk antara gigi atas dan bawah.Dengan adanya Mouthguard,maka gemeletuk pada gigi ini dapat dikurangi.Mouthguard dapat menyimpan gigi di dalamnya dan meminimalkan efek bergema pada tengkorak saat rider mengalami crash.

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*