12 Hal Lucu Yang Terjadi Saat Race MotoGP

loading...
Haloo sobat media2give^^ Kembali lagi nih bersama Saya di artikel ini ya hehe.. Pada kesempatan ini saya akan mengulas informasi menarik tentang MotoGP lagi.Yap,lebih tepatnya soal 12 Hal Lucu Yang Terjadi Saat Race MotoGP.MotoGP musim 2015 ini lagi heboh dan panas-panasnya persaingan diantara para rider yang ingin menunjukkan skills dan keahliannya dalam melibas setiap tikungan di sirkuit.

Banyak rider yang ikut ambil bagian dalam kompetisi ini,baik dari yang masih berusia muda maupun rider senior seperti Valentino Rossi,sang pemegang gelar 9 kali juara dunia dan terkenal dengan sebutannya,The Doctor.Nah,ngomongin tentang MotoGP,rasanya nggak lengkap jika kita tidak menilik kejadian apa saja yang sedang ramai menjadi sorotan para penikmat tontonan MotoGP ini.Apalagi kalau bukan perseteruan 3 rider papan atas,Rossi,Marquez dan Lorenzo.


Ketegangan antara Rossi Vs Marquez bahkan sempat terjadi di race Sepang yang lalu dan mengakibatkan Rossi terkena hukuman penalti 3 point dan mesti susah payah start dari posisi belakang di seri pamungkas GP Valencia.Sebenarnya Rossi merasa keputusan sanksi pada dirinya ini tidak adil dan dia berusaha mencari keadilan dengan mengajukan banding pada Race Direction dan ditolak.

Upaya Rossi tak berhenti disitu,karena Rossi juga mengajukan permintaan untuk menangguhkan atau setidaknya mengurangi hukuman penalti itu pada lembaga yang lebih tinggi kedudukannya,yaitu CAS.Tapi hasilnya tetap saja sama.Nampaknya untuk meraih gelar juara tahun ini sangat berat dan mungkin ini akan jadi tantangan sendiri buat Rossi untuk membuktikan diri bahwa perjuangan sampai akhir nanti adalah bentuk dari semangatnya meraih titel ke 8 di kelas MotoGP.

Masalah menang/tidaknya yang penting tetap berusaha maksimal untuk menggapainya.Selain Sepang Clash,keseruan MotoGP ternyata bisa kita saksikan dari beberapa kejadian yang barangkali tidak disangka bisa terjadi.Hal-hal lucu di MotoGP ini bisa membuat penontonnya tertawa karena aneh dan menimbulkan penasaran,kok bisa sampai terjadi ya? Kalau untuk para rider yang mengalami kejadian ini,pasti kesal ya yang di rasakan hehe.. 

Mereka cuma ingin membalap seperti biasa,tapi eh nggak di duga ada saja hal-hal yang merugikan rider-rider ini.Sementara untuk penonton,kejadian ini dapat menjadi hiburan tersendiri,sekaligus sebagai pendingin suasana di tengah sengitnya persaingan di kelas para raja balap MotoGP.Kejadian lucu ini meliputi kesalahan seorang rider,kurang konsentrasi saat membalap dan juga kesalahan teknis/kurangnya ketelitian saat mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk motor.Kira-kira selucu apa sih? Yuk,langsung saja disimak bersama.. 

Rantai motor Andrea Iannone copot 
Kejadian ini muncul saat Free Practice 3 GP Sepang 2015.Adalah rider Italy,Andrea Iannone yang kena apes.Di tahun ini Ducati mengganti kepala mekaniknya dan membuahkan hasil yang bagus dengan performa motor.Terbukti di race Qatar,dua ridernya sukses naik podium.Nah,di samping kehebatannya itu,kejadian lucu tak luput menimpa ridernya,Andrea Iannone.


Entah karena persiapan yang belum sempurna ataupun  ada bagian yang belum terpasang dengan pas di motor,akhirnya saat di geber,rantai motonya malah lepas dari tempatnya.Hmm,nggak jadi balapan deh Iannone hehe.. Padahal udah semangat berapi-api nih buat mendapatkan pole position.Jadi kesel deh kalau begini ya,niat hati ingin mencoba kemampuan settingan motor dan mencari yang pas tapi harus terhenti akibat kesalahan teknis.

Finish dengan gaya lucu Niklas Ajo
Niklas Ajo ini adalah rider Moto3 yang sempat terlibat perselisihan dengan Fenati sehingga membuatnya uring-uringan.Sejak saat itu namanya mulai menjadi perhatian penikmat balapan Moto3.Tak cuma itu saja,ternyata di Moto3 Assen 2015 dia kembali jadi pusat perhatian setelah finish dengan gaya yang lucu.


Di tikungan terakhir sirkuit Assen,ban belakang motornya selip dan tiba-tiba tubuh Ajo terpental dari motor,sementara tangannya masih memegang stang.Tak mau crash,Ajo pun berusaha mengendalikan motor meski dengan gaya lutut menyeret.Untungnya dia berhasil finish tanpa cedera,tapi pelindung lututnya menjadi rusak dan ujung sepatunya juga terkoyak akibat gesekan dengan aspal.


Rantai Karel Abraham mendadak lepas
Sebelum ada kejadian Iannone yang bermasalah dengan rantai motonya,di tahun sebelumnya ada juga rider yang mendapatkan problem yang sama dengan Iannone.Dia adalah rider dari Ceko,Karel Abraham.Pembalap yang satu ini punya presatasi yang lumayan saat di kelas 250cc.Tapi ketika naik ke MotoGP,tak pernah terdengar prestasi bagusnya lagi.Abraham ini punya sirkuit sendiri yang juga di pakai untuk race MotoGP.


Sirkuit itu adalah Brno,yang jadi kebanggaan negaranya.Sayangnya,meski membalap di Home Racenya,dia belum mampu menunjukkan diri sebagai peraih podium Brno.Peristiwa lucu pada Abraham terjadi di Free Practice Jerez 2011.Saat itu rantai motornya copot tanpa di ketahui alasannya.Buat yang nonton pasti ketawa nih ngeliatnya hahaha.. Kalau buat si rider,mungkin jadi malu ya kalau tiba-tiba rantainya copot gini.

Persneling motor Nicky Hayden lepas 
Satu lagi rider yang tertimpa kesialan saat akan menguji motornya di lintasan.Dia adalah juara dunia MotoGP 2006,Nicky Hayden.Hayden yang bergabung bersama tim Aspar setelah pindah dari Ducati,mencoba mencari waktu terbaiknya saat mengikuti sesi kualifikasi GP Motegi 2014.Nah,tapi tampaknya ada yang aneh dengan motornya karena waktu di pacu di lintasan,eh tau-tau ada yang copot dari motornya.


Dan benda itu rupanya persenling.Seperti yang kita tau bahwa motor di MotoGP ini butuh persneling untuk mengatur kecepatan.Nah kalau nggak ada persneling jadi lebih susah buat mengendalikan motornya.Jika kejadiannya seperti ini sih udah bubar deh balapnya hahaha.. Kok sampai copot ya? apakah kurang kencang pemasangannya? Hmm,aneh juga memang,masih jadi tanda tanya nih.Mungkin ini urusan bagian mekaniknya ya,yang harus memastikan semuanya beres sebelum di coba.

Michael Laverty dorong motor sampai finish 
Lagi-lagi ada kejadian lucu di MotoGP yang di alami salah satu ridernya.Kejadian ini menimpa Michael Laverty saat race sedang berlangsung di Motegi 2013.Sirkuit ini terkenal dengan cuacanya yang panas karena berada di kawasan Asian,dimana orang barat biasanya nggak betah kepanasan.Dengan panasnya matahari tak menghalangi para rider menampilkan aksi terbaiknya di race.Tapi untuk Laverty beda lagi ceritanya.Dari sejak start sampai last lap semuanya berjalan lancar dan tidak ada masalah yang terjadi.


Namun ketika mendekati garis finish,sesuatu yang tidak di duga muncul.Motor Laverty kehabisan bahan bakar dan tidak dapat berjalan lagi.Padahal garis finish sudah dekat,tepatnya 100 meter di depan Laverty.Alhasil dia pun terpaksa mendorong motornya sejauh itu untuk bisa finish.Udah tanggung dikit lagi selesai.Sudah pasti capek dorong motornya ya,sebab motor itu bobotnya lebih dari 150 kg.Bayangkan sendiri gimana rasanya dorong motor seberat itu hehehe..

Valentino Rossi menarik-narik baju Marshall 
Ketika Rossi memutuskan pindah dari Yamaha,itu adalah keputusan yang sulit karena Rossi telah lama bersama Yamaha dan mengembangkan motor ini dari yang dulunya di pandang sebelah mata,sampai kini bisa kompetitif.Rossi ingin juara dengan motor Ducati,karena motor ini asli buatan Italy.Jadi jika bisa juara dunia,maka akan jadi sesuatu yang spesial,karena rider Italy juara dunia dengan motor Italy.Namun semuanya tak berjalan sesuai rencana.Ducati yang dipakai Rossi sering mengalami masalah,terutama saat pengereman.


Ban depan sering mengunci dan susah di belokkan.Tahun 2011-2012 mungkin bisa dibilang menjadi tahun terberat untuk Rossi.Di samping cobaan yang diterimanya di Ducati,masih ada saja hal menghibur yang dilakukan Rossi meski ini bukan di rencanakan.Pada Free Practice Sepang 2012,Rossi mengalami crash dan Marshall langsung mendekat membantu.Salah satu dari mereka ingin membawa motor Rossi pergi,entah karena macet atau gimana.Yang jelas Rossi seperti tidak terima dan menarik-narik baju Marshall seolah berkata “Woy,balikin motorku,aku masih mau balap nih” hahaha..

Julian Simon finish sambil dorong motor
Peristiwa ini mirip dengan yang di alami Laverty tadi,tapi beda penyebabnya.Di kelas Moto2 saat di langsungkan balapan di sirkuit Le Mans 2012,tak ada yang menduga jika akan ada kejadian semacam ini.Dan yang jadi aktor pelakunya adalah Julian Simon.Rider ini sedang berada di puncak klasemen dan menguasai perolehan point sebelum kesialan mendatangi dirinya di Le Mans.
Tidak ada yang aneh saat race berjalan,hingga pada akhirnya kejadian lucu ini terlihat.Karena sedang berusaha mendapatkan point yang banyak,Simon mencoba menggeber motornya sekencang mungkin.Kurang hati-hati saat menikung,membuatnya crash di tikungan terakhir Last Lap.Mesin motornya langsung mati dan mau tak mau Simon harus mendorong motornya sampai finish.Aksi Simon ini mendapat apresiasi dari penonton karena di anggap aksi heroik.Simon pun mesti puas menempati posisi ke 12.

Selebrasi terlalu dini Julian Simon
Lagi-lagi rider ini bikin heboh ya hehe.. Tapi kalau peristiwa lucu yang ini terjadi waktu Simon masih ada di kelas 125cc.Saat mengikuti race di Catalunya 2009,Julian Simon sedang berebut tempat pertama dengan 3 rider lainnya.Simon berhasil membuat gap dengan rider-rider itu.Anehnya,waktu race menyisakan 1 lap lagi,secara mendadak Simon melambaikan tangan ke penonton dan mengira sudah finish dan memenangi lomba hahaha.. Padahal masih kurang 1 lap lagi.


Namun Simon tidak sadar,sepertinya dia salah baca papan pengumuman di sisi sirkuit.Karena aksi konyolnya itu,ketiga rider yang ada di belakangnya langsung buru-buru mendekati Simon untuk menyalipnya.Andrea Iannone yang pas berada di belakangnya,berhasil menjadi juara pertama,di ikuti Nicolas Terol dan Sergio Gadea.Sementara Simon finish di urutan ke 4.Yah,nggak jadi seneng deh,gagal naik podium nih Simon hehe.. Makanya kalau lagi balap konsentrasi harus full ya biar nggak rugi nantinya.

Johann Zarco di overtake di Last Lap
Kejadian lucu lainnya dialami oleh rider asal Perancis,Johann Zarco.Saat masih mengikuti kompetisi di kelas 125cc,Zarco pernah membuat blunder/kesalahan fatal di akhir race Misano 2011.Zarco yang kala itu tengah berusaha memperoleh 25 point untuk menjadi pemenang balapan,harus menerima kenyataan dirinya di kalahkan oleh kompetitornya.Zarco yang sedikit lagi menyentuh garis finish,masih di tempel ketat oleh rivalnya,Nicolas Terol.


Entah karena ingin mengetahui jarak atau bagaimana,Zarco ini menoleh kebelakang.Mungkin untuk memastikan posisi Terol ya.Tapi berkat aksinya itu,kesempatan terbuka bagi Terol.Kesalahan ini cukup di ingat penonton karena terjadi tepat di depan garis finish.Padahal jika menoleh,tentunya kecepatan motor akan berkurang karena fokus rider akan ke belakang.Dan benar saja,Zarco di salip Terol dan membuatnya kaget.Nah lho,udah aman di posisi 1 tau-tau jadi posisi 2 deh hahaha.. Kalau jadi Zarco pasti siapa saja bakalan kecewa ya.

Alvaro Bautista gagal selebrasi
Tahun 2009 di kelas 250cc Alvaro Bautista membuat sesuatu yang mengejutkan penonton.Bautista terkenal dengan rider yang punya semangat tinggi dan termasuk jajaran rider papan atas di kelas 250cc.Dia bersaing dengan rider lainnya untuk memperebutkan gelar juara dunia.Saat mengikuti race di Brno,Bautista akhirnya menempati posisi ke 3 sehingga berhak untuk naik di podium.


Sebenarnya tidak ada yang terjadi sampai race usai.Seperti biasa,para rider yang mendapat podium langsung melakukan selebrasi dengan motornya.Begitu juga dengan Bautista yang melakukan aski Wheelie,dengan mengangkat ban depan motornya tinggi-tinggi.Tapi sepertinya dia terlalu tinggi mengangkatnya sampai ban belakang tidak kuat lagi menumpu berat motor dan ridernya.Bautista pun terjatuh bersama motornya dan ini menjadi tontonan lucu untuk para penonton hahaha..

Selebrasi Lorenzo’s Land yang gagal
Sejak ikut dalam kelas MotoGP,Jorge Lorenzo menjadi rider yang paling sering mendapatkan podium selain Rossi,Stoner dan Pedrosa.Jika Rossi memiliki segudang selebrasi unik dan seru,Lorenzo pun nampaknya tak mau kalah.Dia ingin membuat selebrasi yang menjadi ciri khasnya sendiri.Oleh karena itu terciptalah selebrasi yang di namai Lorenzo’s Land.


Selebrasi unik ini dilakukan dengan cara menancapkan bendera dengan lambang kesukaan Lorenzo sebagai tanda bahwa Lorenzo lah yang menjadi penguasa di sirkuit itu.Dengan bendera yang menancap,menandakan itu adalah bagian wilayah kekuasaannya.Tapi kali ini ada yang tidak biasa dengan selebrasi itu.Musim 2015 di sirkuit Jerez,Lorenzo kembali memenangi balapan dan langsung mengambil bendera untuk di tancapkan di gravel.Tapi karena tekstur tanahnya kurang keras,bendera itu tidak mau berdiri menancap dan membuat Lorenzo frustasi lalu melemparkannya ke tanah.

Ban motor Maxime Berger copot
Sebetulnya Maxime Berger ini bukan rider MotoGP,tapi karena aksinya unik jadi saya bahas juga disini sebagai bonus hehe.. Yap,Berger ini adalah rider Superbike yang menggunakan motor Ducati.Kompetisi Superbike memang tidak sepopuler MotoGP.Motor di Superbike adalah motor sport yang di setting untuk balapan,sementara motor di MotoGP memang khusus di buat untuk race saja.Kejadian lucu menimpa Berger di Donington Park 2011.


Seperti aturan race di Superbike,race di lakukan 2 kali.Pada race pertama di sebuah tikungan,Berger di ikuti pembalap lainnya.Dan saat mencoba melakukan manuver menikung,ban belakang motornya tiba-tiba terlepas dan menggelinding jauh.Langsung saja setelah itu Berger crash.Motornya jatuh bersama ridernya dan membuat yang melihatnya tertawa.Ban motor kok bisa lepas gitu? hahaha.Kejadian ini mengingatkan kita dengan film Warkop yang ada adegan ban lepas juga tuh dan adengan di serial Mr Bean,tapi kalau yang itu yang lepas ban mobil ya hehe..

loading...
loading...

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*