Prospek Bisnis Budidaya Kenari Terkini

loading...
Burung kenari merupakan salah satu jenis burung eksotik yang ada saat ini.Dalam bahasa Inggris,burung kenari biasa disebut dengan Canary.Burung ini pertama kali dibesarkan di penangkaran sejak abad ke-17 dan dibawa oleh pelaut Spanyol ke Eropa.Burung ini kemudian menjadi jenis yang mahal karena di kembang biakkan di kerajaan Spanyol dan Inggris.Burung kenari mudah dikenali dari ciri fisiknya yang mungil,mempunyai bermacam-macam corak warna dan yang tak kalah pentingnya lagi adalah suaranya.

Ya,seperti yang kita tau,burung kenari terbilang mempunyai kicauan yang istimewa dan terdengar merdu,lain dari tipe burung lainnya.Ada beberapa varian warna yang sering dijumpai pada kenari ini seperti kenari dengan warna kuning,hijau dan merah.Karena suaranya yang indah,burung kenari sering di ikutkan dalam perlombaan/kontes.Kontes ini dinilai berdasarkan suara kicau burung tersebut dan keindahan warna pada tubuhnya.Oleh karena itu,tidak heran jika kini banyak orang yang mulai memelihara burung kenari.Bahkan ada yang sampai menyediakan dana besar untuk sekedar membeli jenis kenari yang disukai.


Bagi pemilik kenari pasti akan bangga bila mempunyai burung yang kicauannya menjadikan hati yang mendengarkannya menjadi nyaman.Burung kenari terkenal juga pandai menirukan suara burung lainnya.Bagi pecinta burung kenari mungkin sudah terbiasa mendengar YS,F1,F2,F3,F4Loper,AF dan AFS ya,tapi mungkin bagi yang masih awam atau tidak terlalu mengenal burung kenari masih penasaran,kira-kira apa arti dari istilah itu.Huruf F tersebut berarti keturunan.F1 berarti keturunan pertama,F2 berarti keturunan kedua dan seterusnya.

Istilah keturunan ini muncul karena adanya persilangan antara jenis kenari yang berbeda sehingga menghasilkan jenis baru.Tujuannya adalah memperbanyak jenis/tipe burung kenari dan mencari burung kenari yang berkualitas.Jika 2 kenari dengan kelebihan yang berbeda di silangkan,maka keturunannya akan memiliki kelebihan dari kedua induknya sehingga bisa memadukannya menjadi satu.Agar lebih jelas tentang istilah tadi,mari disimak pembahasan berikut ini.

Istilah-istilah burung kenari :
1. YS : YorkShire,yaitu kenari impor dari negara Inggris yang memiliki bentuk tubuh besar dan panjang
2. Kenari Lokal : Kenari yang banyak di kembang biakkan di Indonesia
3. F1 : Kenari hasil persilangan kenari YorkShire dengan kenari Lokal
4. AF : Kenari hasil persilangan kenari YorkShire dengan F1
5. AFS : Kenari hasil persilangan kenari F1 dengan kenari F1
6. Loper : Kenari hasil persilangan kenari AF dengan kenari Lokal

Sementara dari jeninya,burung kenari ini bisa dibagi menjadi beberapa tipe yang sebagian diantaranya cukup populer :

1. Kenari YorkShire


Kenari ini merupakan persilangan dari kenari Lanchasire dan kenari Belgia.Kenari ini memiliki ciri khas kaki yang panjang dan mampu berdiri dengan tegak.

2. Kenari Norwich 


Burung jenis ini memiliki bentuk tubuh bulat berisi dan bulunya yang tebal.Bagian dadanya lebar dengan punggung yang pendek dan lebar juga.

3. Kenari Border


Kenari ini hidup di daratan antara Inggris dan Skotlandia.Bentuk tubuhnya hampir sama dengan kenari Norwich,yaitu bulat.

4. Kenari Glotser

Kenari tipe ini adalah yang paling mungil dibandingkan kenari lainnya.Panjang tubuhnya hanya mencapai 11 cm dengan ciri khas pada warna bulunya yang kuning,sementara sayapnya kehijau-hijauan dan ekornya berwarna putih.

Bagi seorang Breeder (istilah untuk menyebut peternak),memelihara kenari bukan hanya sekedar hobi saja,melainkan dapat menghasilkan keuntungan dari sisi ekonomi.Budidaya pengembangbiakan kenari sudah banyak dicoba para pecinta kenari karena harga burung ini yang stabil dan untuk beberapa jenis,harganya lumayan tinggi.Meskipun begitu,peminatnya bukan berkurang,justru semakin bertambah dari tahun ke tahun.

Kenari yang paling mahal adalah jenis YorkShire dengan kisaran harga jual antara Rp 5.000.000 sampai Rp 10.000.000.Urutan berikutnya adalah kenari Lanchasire dengan harga antara Rp 5.000.000 sampai dengan Rp 8.000.000.Harga yang mahal bukan? ya,jika di kembang biakkan dengan baik,tentunya bisa dibayangkan berapa rupiah yang bisa di dapatkan peternaknya.

Prospek bisnis budidaya kenari ini cukup menjanjikan dan untuk memulainya,beberapa hal penting perlu dipahami seperti soal pakan,kebersihan kandang,mengenali jenis sakit yang di alami kenari dan mencari persilangan mana yang bisa menghasilkan kenari berkualitas tinggi.Jika dipelajari dengan baik,bisnis budidaya kenari ini sudah cukup untuk memberikan omset yang tinggi bagi mereka yang mengembang biakkannya.

loading...
loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*