Masalah Traffik Blog Anjlok/Turun Saat Lebaran Tiba

loading...
Haloo sobat media2give^^ Kali ini saya akan sedikit berbagi informasi atau lebih tepatnya sih mereview traffic blog ini,khususnya saat lebaran 1 bulan yang lalu.Kenapa saya ingin membahas ini? karena setiap kali tiba waktunya lebaran dari tahun ke tahun,blog media2give selalu mengalami penurunan visitor yang drastis hehe.. Ya mungkin bukan blog ini saja ya yang kena imbasnya.Saya yakin blog-blog lain juga merasakan hal yang sama saat Hari Raya Idul Fitri datang.Di hari itu jutaan umat muslim merayakan Hari Besarnya setelah 1 bulan berjuang menahan lapar dan haus serta meninggalkan segala perbuatan yang tidak boleh dilakukan saat puasa.

Perjuangan itu mencapai akhir saat kumandang takbir di hari terakhir berpuasa di bunyikan.Itu merupakan pertanda kalau bulan kewajiban di bukan Ramadhan sudah selesai.Waktu malam harinya atau biasa kita sebut malam takbiran,umat muslim akan beramai-ramai datang ke masjid dan ada pula yang takbiran sambil keliling desa/kompleks.Esok harinya,semua orang islam menunaikan Shalat Ied di lapangan terbuka/masjid.Nah,ternyata sejak hari pertama di bulan suci Ramadhan,ada yang berbeda nih dengan kondisi di social media seperti facebook.

Facebook cenderung berkurang aktivitas penggunanya walaupun tidak besar.Tapi pas malam hari,waktu dimana umat islam menjalankan shalat Tarawih,kerasa bener gimana sepinya Facebook itu hehe.. Dan nggak cuma di Facebook aja,bahkan di blog pun sama.Pasti ada penurunan visitor,entah berapa persen.Makanya banyak blogger yang mengakali kondisi ini dengan membuat artikel yang berhubungan dengan bulan Ramadhan,Lebaran ataupun membahas informasi seputar mudik.Saya sendiri juga mengurangi aktivitas ngeblog karena sering mempersiapkan hidangan untuk berbuka dan ingin lebih fokus ke ibadah.

Akibatnya,traffik blog menurun dan postingan pun hanya beberapa aja yang terbit.Puncaknya ada di saat lebaran.Visitor blog saya anjlok drastis hahaha.. mungkin kira-kira berkurang sampai 50 %.Banyak bener ya.. dah tekor nih saya hehe.. Bisa di maklumi memang,karena semua orang islam kan pada Sholat Ied,ya jelas aja blog sepi pengunjung.Soalnya mayoritas pemeluk agama di indonesia kan muslim ya.Menurut survey dari BPS dari tahun 1971-2010 penganut agama islam semakin bertambah.

1971: 103 juta muslim (87,5%)
1980: 128 juta muslim (87,9%)
1990: 156 juta muslim (87,2%)
2000: 177 juta muslim (88,2%)
2010: 207 juta muslim (87,2%)

Sedikit mengalami penurunan sih di tahun 2010 sebanyak 1%.Tapi cuma dikit,pengaruhnya nggak signifikan.Traffik blog saya waktu itu bisa dikatakan terjun bebas,langsung ngedrop lah haha.. Umat muslim lagi sibuk dengan merayakan hari besarnya,jadinya semua aktivitas di dunia online langsung menurun tajam.Habis selesai Shalat Ied kan biasa tuh di lanjutkan dengan saling berkunjung ke sanak saudara untuk saling bermaaf-maafan.

Saya sendiri juga ikut tradisi tersebut dan nggak punya waktu mengurus blog.Bisa dilihat penurunan visitor itu pada statistik blog media2give ini.Penurunan mulai terjadi di H-3 lebaran.Udah keliatan tuh grafiknya semakin kebawah sampai pas tanggal 17 Juli 2015,disitulah titik terendah penurunan pengunjung blog.Pageviews blog media dari tanggal 11-17 Juli 2015

 
11 Juli = 3658
12 Juli = 3510
13 Juli = 3589
14 Juli = 3245
15 Juli = 2914
16 Juli = 2161
17 Juli = 1673

Nah,ternyata anjloknya visitor blog tidak berhenti di tanggal 17 Juli aja karena beberapa hari setelahnya pun visitor blog saya masih sepi.Kenapa? alasannya adalah karena banyak orang islam di indonesia yang masih menikmati waktu berkumpul dengan keluarga setelah mudik.Ya,orang-orang kita memang sudah terbiasa dengan mudik/pulang kampung ketika lebaran.Uniknya,di negara islam di eropa saja nggak dikenal istilah mudik loh hehe.. Jadi cuma ada di Indonesia nih,kalau di sana mungkin menyebutnya beda.


Pertanyaannya,trus kapan dong traffic blog saya balik normal lagi? Saya berpikir mungkin setelah liburan lebaran selesai akan kembali normal lagi ya,dan memang benar sedikit demi sedikit visitor blog mulai datang lagi ke blog media2give ini,yah walaupun masih kurang dikit dari biasanya hehe.. Saya pun mencoba untuk menaikkannya lagi dengan rajin posting,sharing artikel ke facebook dan tak lupa yang penting juga adalah blogwalking.

Turunnya visitor saat hari besar itu sudah wajar,tidak perlu terlalu di pikirkan,karena hari itu juga momen penting yang hanya ada setahun sekali.Udah dulu ya hehe.. saya cuma mau share pengalaman ngeblog aja kok,barangkali sobat blogger lainnya juga mengalami seperti yang terjadi dengan blog media2give saat lebaran datang? share aja di komentar kalau ada cerita yang seru dengan blog kalian saat lebaran ya ^^

loading...
loading...

3 Comments

  1. kalau trafik menurun pastinya juga sudah banyak yang alami untuk para blogger mas, termasuk saya pun juga begitu, tetapi kita harus punya strategi kembali agar blog kita bisa semakin baik dan menaikkan trafik yang anjlok

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*