Nikmatnya Sruput Kopi Joss Khas Jogjakarta

loading...
Haloo sobat media2give^^ Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai Nikmatnya Sruput Kopi Joss Khas Jogjakarta.Jogja menjadi tempat yang pas buat kalian yang hobi jalan-jalan karena di tempat itu terkenal dengan pesona alamnya dan juga tempat untuk berbelanja yang dikenal dengan nama Malioboro.Tak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Jogja jika melewatkan tempat tersebut.Selain itu,di kota pelajar ini terdapat sebuah lokasi yang menyediakan minuman yang unik.Minuman ini dinamai Kopi Joss dan sudah populer di kalangan masyarakat Jogja.

Kopi Joss ini terdapat pada Angkringan Lik Man,tempat jajanan favorit dari semua kalangan disana.Angkringan ini udah lumayan legendaris lho,pedagangnya aja adalah generasi awal pedagang di tempat itu yang umumnya berasal dari Klaten.Lik Man sebenarnya adalah nama dari pemilik angkringan tersebut.Dia merupakan putra dari Mbah Pairo,pedagang angkringan pertama di Jogja yang berjualan dari tahun 1950 an.Warung ini mengusung konsep ting ting hik dan di wariskan secara turun temurun kepada Lik Man pada 1969.
Semenjak Angkringan ini mulai populer,banyak pedagang lain yang ikut-ikutan membuka angkringan di sekitar lokasinya,bahkan sampai menjamur banyaknya.Untuk datang ke Angkringan Lik Man ini,kalian bisa berjalan ke utara dari Stasiun Tugu.Angkringan Lik Man kerap juga disebut Angkringan Tugu karena posisinya yang berada di sisi utara Stasiun Tugu.Jika kalian melihat angkringan dengan dua bakul yang dihubungkan dengan bambu,disitulah Angkringan Lik Man berada.Menu jajanan disini beragam,mulai dari nasi kucing,sambal,teri,telur dadar,oseng-oseng tempe dan nasi goreng.

Untuk masalah harga,masih terjangkau kok,nggak mahal meski lebih tinggi di banding angkringan lain di dekatnya.Yang nggak kalah enaknya adalah minuman di angkringan itu.Kopi Joss menjadi minuman andalan yang paling banyak di pesan pengunjung.Disebut Kopi Joss karena kopi ini di sajikan dengan di beri arang.Wah,apa enak tuh rasanya? jangan salah sangka dulu,aroma kopi disitu berbeda dari kopi kebanyakan.Akan ada bau-bau terbakar yang membuat kopi ini nikmat.Kopi Joss enak diminum saat masih panas dan jangan heran kalau rasanya pahit.


Tapi dibalik rasa,ada kelebihan yang dimiliki Kopi Joss ini,yaitu kadar kafeinnya yang rendah karena sudah di netralisir oleh arang.Saat arang yang masih membara di masukkan ke gelas kopi,maka aka terdengar bunyi Josssss.. Dari situlah awal penamaan kopi yang satu ini.Apa nggak bahaya minum kopi di campur arang? menurut penjualnya,arang yang dipakai bukan sembarang arang,melainkan arang khusus yang sudah dibersihkan dan hanya digunakan sekali pakai saja.

Minum Kopi Joss di Angkringan Lik Man paling pas waktu malam hari,udara sedang dingin,mantap deh minum kopi hehe.. Nah,buat kalian yang belum pernah merasakan nikmatnya Kopi Joss bisa coba saja datang ke Angkringan Lik Man,dan jika tidak sempat kalianpun bisa membuatnya sendiri di rumah.Berikut ini bahan-bahan dan cara membuat Kopi Joss yang di perlukan :

Bahan-Bahan :
1. Kopi bubuk 
2. Air mendidih
3. Gula secukupnya
4. Arang bersih 
5. Gelas

Cara membuat :
1. Seduh kopi bubuk dan gula di dalam gelas yang sudah di isi air mendidih
2. Untuk takaran gula tergantung selera
3. Bakar arang sampai merah membara
4. Masukkan arang ke dalam gelas kopi
5. Jossss.. kopi pun siap di minum

loading...

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*