Mitos 9 Iblis Yang Mewakili Dosa Manusia

loading...
Haloo sobat media2give^^ beberapa hari ini nggak sempat update karena banyak kegiatan hehe.. tapi sekarang akhirnya ada waktu deh buat bagi-bagi informasi lagi.Yap,kali ini saya akan membahas tentang Mitos 9 Iblis Yang Mewakili Dosa Manusia.Wah,kalau denger kata iblis,kok serem gitu ya? berasa horror jadinya.Memang iblis ini menjadi musuh yang nyata bagi manusia dan sudah menggoda sejak dulu kala,saat jaman Nabi Adam AS.Bahkan Nabi Adam AS sampai di usir keluar dari surga yang penuh kenikmatan karena bujuk rayu dari iblis untuk memakan buah terlarang.

Iblis di ciptakan dari api dan merasa dirinya yang paling tinggi derajatnya dari makhluk lain.Ketika di suruh tunduk pada Nabi Adam AS,iblis menolak karena sifat angkuh dan sombongnya.Dia bersedia masuk neraka di akhir jaman nanti,tapi dengan satu permintaan.Iblis berharap berada di neraka tidak sendirian,jadi dia ingin membawa sebanyak mungkin manusia untuk ikut bersamanya.Trus apakah iblis dan setan itu sama? Iblis itu bisa di bilang rajanya setan,sedangkan setan sendiri adalah golongan jin kafir yang tugasnya menyesatkan manusia.

Setan dari segi bahasa berarti “sang penentang”,menurut bahasa ibrani.Sedangkan dalam bahasa arab di sebut al-Syaithon atau mengandung makna jauh dan sesat.Setan merupakan sifat yang dipakai untuk menyebut setiap makhluk yang jahat,membangkang,tidak taat dan suka melawan aturan.Pada awalnya istilah ini digunakan untuk memberi julukan pada entitas yang menentang kepercayaan iman manusia dalam Al-Kitab Ibrani.Ada perbedaan arti dari kata setan dan satan.

Setan lebih condong dipakai untuk nama-nama roh jahat (daemon) dan satan lebih condong dipakai untuk menyebut iblis (diabolos).Iblis tidak akan mati karena umurnya di tangguhkan sampai hari kiamat.Iblis memiliki puluhan ribu anak dan semuanya mempunyai tugas dan fungsi masing-masing,yaitu menjerumuskan manusia ke jalan yang salah.Berbeda halnya dengan versi yunani kuno,dengan mitosnya yang menyebutkan bahwa ada 9 iblis yang mewakili dosa manusia selama hidupnya.Siapa saja kira-kira 9 iblis tersebut? biar nggak penasara,langsung aja disimak ya penjelasannya berikut ini :

1. Lucifer (Pride/Kebanggaan)
Kata “Lucifer” dalam bahasa latin berarti “Pembawa Cahaya”,dari 2 suku kata: Lux/Lucis (cahaya) dan Ferre (membawa).Konon cerita,Lucifer ini adalah malaikat yang tercipta dengan sosok terang benderang seperti bintang pagi.Dalam kebudayaan yunani kuno Lucifer dipakai untuk menyebut nama planet Venus yang mempesona seperti bintang pagi.Lucifer di usir dari surga dan jatuh ke bumi.Oleh karenanya ada istilah “Fallen Angel”.Penyebabnya karena Lucifer menjerumuskan Adam dan Eva.


Dalam agama islam,di kenal sebagai Nabi Adam AS dan Siti Hawa.Di bumi,Lucifer bersembunyi di dasar bumi dan membangun kerajaan neraka.Dari situlah muncul kepercayaan bahwa neraka berada di bawah bumi,tepatnya di perut bumi yang dekat dengan panas inti bumi.Lucifer memiliki permaisuri bernama Lilith dan mempunyai beberapa anak: Mammon,Asmodeus,Leviathan,Beelzebub,Satan,dan Belphegor.Lucifer mewakili sifat manusia yang suka membanggakan diri/sombong karena dia keluar dari surga juga karena sifat itu.

2. Mammon (Greed/Keserakahan)
Mammon merupakan iblis kekayaan,keserakahan,dan ketidakadilan.Mammon ini menjadi keturunan pertama dari Lucifer/anak pertamanya.Orang-orang di bumi banyak sekali yang gila dengan harta.Mereka menganggap materi yang di milikinya itu akan kekal dan abadi.Padahal kenyataannya,harta itu hanya titipan dan tidak dibawa ketika sudah mati.Sifat inilah yang harus di jauhi,karena Mammon akan senangtiasa menggoda manusia untuk serakah pada hartanya.


3. Asmodeus (Nafsu Seks Berlebihan)
Asmodeus adalah iblis yang bertugas untuk memutar hasrat seksual manusia.Dia akan selalu membisikkan ke dalam hati manusia untuk membangkitkan gairahnya saat melihat lawan jenis.Saat ini banyak sekali kejadian kasus asusila dimana-mana.Ini di akibatkan oleh manusia yang telah terjerumus oleh sifatnya yang tak bisa mengendalikan nafsu seks.Orang yang mengikuti sifat Asmodeus akan di hukum di neraka tingkat kedua.Asmodeus merupakan raja neraka di bawah Lucifer dan mempunyai 72 pasukan setan di bawah komandonya.


4. Leviathan (Iri Hati)
Leviathan merupakan iblis yang termasuk dalam 7 pangeran neraka dan konon pintu neraka berada di mulutnya (Hellmouth).Leviathan di gambarkan sebagai sosok raksasa laut yang berukuran sangat besar dan bertugas menggoda laki-laki agar saling menghujat satu sama lain.Saling hina ini muncul dari godaannya yang membuat manusia jatuh ke dalam jurang iri hati dan dengki yang berujung pada dendam ketika sudah saling menghina.Manusia bisa saja memiliki sifat ini dan akan merasa tidak senang jika orang lain mendapat nikmat/melebihi kemampuan dan kekuasaannya.


5. Beelzebub (Rakus Makan)
Beelzebub adalah nama dari anak Lucifer dan menjadi bagian dari  7 pangeran neraka.Dia memiliki tugas menggoda manusia agar memiliki sifat rakus makan.Manusia yang tergoda akan makan secara berlebihan,sampai tubuhnya menjadi gemuk dan malas untuk beribadah.Beelzebub akan menyuruh manusia agar memilih-milih makanan agar manusia hanya mau makan yang enak-enak tanpa mau bekerja keras mendapatkannya.Meskipun terlihat sepele,tapi dosa karena rakus makan bisa berubah menjadi dosa besar ketika sudah bertumpuk-tumpuk dan di lakukan berulang kali.


6. Satan (Kemarahan)
Satan merupakan perwujudan dari amarah manusia.Amarah ini berkaitan dengan unsur api,yang menjadi bahan penciptaan iblis.Api bersifat membakar,yaitu membakar kebaikan yang dilakukan manusia.Saat marah,seseorang akan kehilangan akal sehatnya dan waktu itulah Satan menggoda.Nama satan pertama kali dipakai oleh agama abrahamik.Dosa besar yang bisa muncul dari amarah ini adalah membunuh orang lain.Namun bisa juga berubah dengan melakukan bunuh diri.


7. Belphegor (Kemalasan)
Belphegor di gambarkan dalam 2 sosok berbeda,pertama dengan wujud wanita cantik atau iblis bertanduk yang mempunyai jenggot dengan tanduk dan kuku yang tajam.Dia akan mendorong manusia untuk malas berusaha dan bekerja mencari rizki yang halal.Sebaliknya,godaannya berupa bujukan untuk mengajak manusia mencari harta dengan cara mudah seperti korupsi.Setelah manusia menjadi kaya dengan uang itu,dia hanya akan bermalas-malasan yang akhirnya menjadi kebiasaan hidup.


8. Ifrit (Keji)
Ifrit di dalam mitos di ceritakan sebagai iblis yang berwajah mirip dengan serigala,memiliki rambut dan tanduk panjang yang melengkung ke belakang.Sekujur tubuhnya di lapisi dengan api yang sangat menyeramkan.Ifrit mewakili dosa atas perbuatan manusia yang sifatnya licik/keji.Bentuknya adalah kelicikan untuk mendapatkan keuntungan tanpa peduli akibat buruknya pada orang lain.


Di dalam agama islam terdapat kisah tentang Ifrit dengan Nabi Sulaiman,dimana saat Nabi Sulaiman meminta jin yang paling cepat memindahkan istana,Ifrit menawarkan diri hanya dengan sekejap mata,istana itu sudah muncul di hadapan Nabi Sulaiman.Jadi Ifrit baik/buruk? Dilihat dari wujudnya,Ifrit tergolong dalam bangsa jin.Jin ada yang islam dan tidak.Mungkin saja Ifrit yang membantu di jaman Nabi Sulaiman itu termasuk yang muslim,sementara di versi yunani dianggap sebagai iblis.

9. Baphomet (Kesesatan)
Kalau yang satu itu,pasti sudah sering dengar namanya kan? Ya,Baphomet ini adalah iblis yang dipuja oleh kaum Qabalis/penyembah setan.Wujudnya di cirikan dengan bentuk kepala menyerupai kambing dengan tanduk.Pada dahinya,antara kedua tanduk terdapat sebuah simbol pentagram.Sementara tubuhnya di tutupi kain hitam,melambangkan sebuah rahasia.Baphomet adalah makhluk hermaphrodit.Dia memiliki buah dada wanita yang terlihat jelas,dan phallus sebagai lambang kejantanan laki-laki.Sayap di belakang tubuhnya mewakili kemampuan dari Lucifer yang bisa terbang.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*