Solusi Mengatasi Gambar Thumbnail Blog Tidak Muncul

loading...
Belum lama ini saya sempat kaget dengan kejadian aneh pada blog saya.Sewaktu habis posting artikel yang terdapat gambar di dalamnya selalu saja tidak muncul thumbnailnya.Entah kenapa saya juga awalnya nggak ngerti.Malahan saya pikir ada yang bermasalah dengan kode script htmlnya.Udah nyoba di cek ini itu tapi penyebabnya tak kunjung saya temukan.Jadi pusing juga nih hehe.. soalnya kan ini blog nggak apa-apa,lagian juga cuma update artikel,nggak ada setting yang saya rubah,tau-tau gambarnya hilang.

Kalau artikelnya di lihat memang masih ada gambarnya,tapi kalau di halaman home yang biasanya cuma terlihat preview thumbnailnya,gambarnya tidak muncul.Setelah mencoba searching di internet,kali aja dapet pencerahan.Namun tak saya temukan juga apa penyebabnya,sampai ketika saya mencoba mengecek url gambar di salah satu artikelnya.Setelah saya selidiki rupanya baru sadar kalau ada perubahan di bagian url gambar yang tadinya menggunakan HTTP sekarang menjadi HTTPS Mungkin ini yang namanya update dari google ya,selalu saja ada perubahan yang baru untuk meningkatkan performa mesin pencarinya.

Buat yang belum yang belum mengerti apa perbedaan penggunaan HTTP dan HTTPS saya akan coba jelaskan,supaya nggak bingung lagi hehe.. Jadi HTTP dan HTTPS itu url yang menunjukkan target/tujuan lokasi.Saat di klik kita akan dibawa menuju sebuah halaman,ya bisa dibilang seperti sebuah alamat.HTTPS memiliki kelebihan dari sisi keamanan dibanding HTTP karena data yang di akses akan terenkripsi oleh SSL (Secure Socket Layer).Lain halnya dengan HTTP yang tidak memiliki fungsi itu.Namun untuk akses video,gambar ataupun teks akan lebih cepat dengan HTTP.Sebaliknya,akan terasa lebih lambat saat menggunakan HTTPS.

Itu dikarenakan data di enkripsi lebih dulu sehingga beban trafik yang di tanggung server lebih tinggi.Masalah thumbnails yang tidak muncul ini di alami semua blogger sejak ada perubahan di sistem google,Jadi buat kalian yang kena dampaknya,jangan khawatir karena temennya banyak hehe.. Nah,trus gimana tuh cara mengatasinya? Gampang sob,tinggal merubah url gambar menjadi url yang lama dengan HTTP.Agar lebih mudah memahami Solusi Mengatasi Gambar Thumbnail Blog Tidak Muncul,bisa langsung saja disimak caranya berikut ini:

1. Login dulu ke blog kalian
2. Pilih Pos > buka salah satu artikel
3. Ubah tampilan halaman menjadi HTML


4. Klik tombol HTML di bagian menu kiri atas
5. Cari url gambar yang bertanda HTTPS


6. Ubah urlnya menjadi HTTP


7. Klik Perbarui

Gampang kan? hehe.. Semoga saja kedepan ada penyempurnaan HTTPS lagi agar tidak perlu merubah satu per satu url gambar di postingan blog ^^

loading...

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*