Memodifikasi Iframe Blog Agar Menjadi Seo Friendly

loading...
Haloo sobat media2give,jumpa lagi ya dengan kalian di posting ini ^^ Kali ini saya akan membahas informasi seputar blog,lebih tepatnya tentang Memodifikasi Iframe Blog Agar Menjadi Seo Friendly.Apa itu iframe? buat para blogger pasti sudah kenal dengan iframe ya? atau justru pernah dengar namanya tapi belum paham apa itu iframe dan kegunaannya untuk blog? Jadi,iframe ini merupakan tag HTML yang di gunakan dalam desain web untuk menampilkan laman web dengan sebuah bingkai pada blog lain.

Maksudnya,jika memasang iframe di blog,kita bisa menampilkan halaman lain sekaligus saat laman blog kita di buka.Biasanya dalam setiap blog memiliki iframe masing-masing,terutama jika memakai tombol sharing/like facebook dan jejaring sosial lainnya.Selain itu,iframe bisa juga berupa kode yang dimasukkan ke dalam bentuk widget,yang berasal dari pihak ketiga,misalnya situs pasang iklan online.Saat ini banyak blogger yang memanfaatkan situs tersebut dengan menjadi publisher dan seringkali di temui kode iklan yang harus di pasang berupa iframe.

Keuntungan menggunakan iframe adalah sekali buka laman,langsung terbuka laman yang lain juga,bisa 2,3 atau lebih.Namun iframe juga memiliki dampak negatif juga untuk blog.Ketika iframe yang terpasang terlalu banyak,maka waktu yang dibutuhkan untuk membuka halaman blog menjadi lebih lama.Ini jelas tidak bagus untuk SEO atau bisa disebut tidak SEO Friendly.Blog yang tadinya bebas iframe dan memiliki skor SEO tinggi,bila di beri 2 saja iframe,skornya akan langsung turun drastis.

Iframe berpengaruh pula pada indeks artikel blog.Jika setelah posting perlu waktu kurang dari 9 jam agar bisa terindeks atau bahkan bisa 1 menit,maka saat ada iframe yang menempel di HTML blog,proses indeks artikel yang baru di terbitkan bisa memakan waktu lebih dari 10 jam.Di tambah lagi akan membebani browser untuk meload semua halaman di blog.

Namun masalahnya iframe tersebut juga penting,seperti tombol like dan share facebook yang berfungsi mendatangkan pengunjung dari sosial media.Jadi tidak mungkin di hapus karena akan rugi,trafik dari sosial media bisa-bisa berkurang.Bagaimana bentuk kode iframe itu? Bisa kalian cek pada HTML atau widget blog masing-masing,nanti kalian akan menjumpai kode iframe semacam ini yang di mulai dengan tag <iframe

Contoh kode iframe :
<iframe src=”http://media2give.blogspot.com/2014/11/cara-tepat-belajar-iklan-di-facebook.html” width=”350px” height=”300″></iframe>

Lalu gimana caranya agar iframe tetap ada di blog tapi tidak membebani saat memuat halaman blog? Untuk mengatasinya cukup mudah,kita bisa melakukan modifikasi kodenya dengan mengganti tag <iframe dan </iframe>.

Ubah kode <iframe menjadi <object
Ubah kode src menjadi data
Ubah kode </iframe> menjadi </object>

Hasilnya akan seperti ini :
<object data=”http://media2give.blogspot.com/2014/11/cara-tepat-belajar-iklan-di-facebook.html” width=”350px” height=”300″></object>

Tag <object> ini merupakan fitur baru dari HTML5 dan akan berpengaruh jika struktur elemen blog kita valid dengan HTML5.Jadi jika belum valid HTML5,perubahan pada iframe di atas tidak akan berpengaruh pada kecepatan loading blog.Silahkan baca artikel saya tentang cara membuat blog agar valid dengan HTML5 untuk mengubah blog kita menjadi valid HTML5.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*