Cara Mencegah Pencurian Artikel Oleh AutoBlog

loading...
Haloo sobat media2give,setelah pada artikel sebelumnya saya sudah membahas 6 Cara Mengatasi Komentar Spam Di Blog,kali ini saya akan berbagi informasi tentang proteksi konten blog,lebih tepatnya Cara Mencegah Pencurian Artikel Oleh AutoBlog.Pernah denger istilah AutoBlog? Sebenarnya istilah ini hampir sama artinya dengan copaser,yaitu orang yang mengambil artikel dari blog kita tanpa permisi dan mengakui artikel tersebut sebagai miliknya.Yang membedakan AutoBlog dengan copaser adalah jika copaser itu dilakukan oleh orang secara manual,sedangkan AutoBlog merupakan mesin otomatis yang di rancang untuk mengambil konten dari blog lain.
AutoBlog sering juga disebut dengan Auto Content Blog.Terkadang AutoBlog dipakai untuk keperluan bisnis agar mendapatkan keuntungan yang banyak.Namun kebanyakan AutoBlog di salah gunakan untuk merugikan blog lain.Ada pula istilah Auto Blogging.Auto Blogging ini digunakan untuk menamai proses pengambilan artikel yang dilakukan AutoBlog.Sementara orang yang membuat AutoBlog sendiri disebut dengan Auto Blogger.Seberapa merugikan AutoBlog ini? Jawabnya sudah pasti sangat merugikan.Coba saja bayangkan jika copaser itu mengambil satu per satu artikel di blog,sedangkan AutoBlog bisa saja mengambil hampir semua artikel di blog yang dijadikan sasaran.


Sistem kerja AutoBlog ini adalah dengan memanfaatkan Rss di blog lain.AutoBlog akan mengambil Rss blog secara otomatis sehingga setiap kali si pemilik blog mengupdate artikelnya,semua konten di dalamnya langsung di copy paste ke AutoBlog.Jadi bisa dibilang yang punya AutoBlog ini nggak perlu repot-repot menulis dan memikirkan artikel apa yang mau di buat karena tinggal ambil dari blog lain.AutoBlog ini sempat populer terutama sebelum adanya update mesin pencari.Namun setelah mulai berkembangnya mesin pencari google,AutoBlog lebih sering terkena penalti berupa banned dari google.

Matt Cutts (Software Engineer Google) pernah mengatakan “semenjak perubahan algoritma google mulai terjadi,penekanan pada situs-situs yang mengambil konten dari blog lain akan di perketat.” Tapi kenyataannya masih saja muncul AutoBlog.Seperti blog media2give ini pernah juga menjadi korban AutoBlog dan baru saya sadari saat mengetik judul salah satu artikel saya di blog.Saat itu saya menemukan blog yang namanya mirip dengan blog ini,yaitu media4give.blogspot.com.

Contoh AutoBlog
Catatan : Blog media4give dalam gambar di atas merupakan AutoBlog yang pernah mencuri puluhan artikel dari blog saya (Media2give)

Dan waktu di cek isinya,saya langsung kaget karena puluhan artikel saya di ambil ke blog itu.Lalu apa yang harus di lakukan untuk mencegah artikel kita terkena AutoBlog? Apakah ada solusi untuk mengatasinya? Ya,ada satu cara ampuh untuh mengatasi AutoBlog,yaitu dengan mengubah setting Rss blog kita.Untuk cara melakukannya silahkan di simak petunjuknya berikut ini :

1. Login dulu blog kalian
2. Masuk ke menu Setelah
3. Klik pilihan Lainnya
4. Lihat pada bagian umpan situs
5. Ubah setting umpan blog menjadi Khusus


6. Pilih Umpan Entri Blog Singkat
7. Klik Simpan

Dengan menerapkan cara tersebut,ketika Rss kita di gunakan AutoBlog dan setiap kali update artikel di blog kita,maka yang tercopy ke AutoBlog hanyalah beberapa kalimat saja.Agar lebih mantap lagi gunakan juga script link sumber otomatis.Untuk caranya bisa dibaca pada artikel saya tentang Cara Memasang Link Sumber Otomatis Saat Artikel Di Copy

loading...
loading...

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*