Cara Efektif Melakukan Blogwalking Di Blog

loading...
Haloo sobat media2give,pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Cara Efektif Melakukan Blogwalking Di Blog.Hmm,saya rasa udah nggak asing lagi ya istilah blogwalking untuk para blogger semua? Blogwalking sering dilakukan dengan mengunjungi blog-blog lain dengan berbagai tujuan seperti mencari backlink,meningkatkan pencarian dengan keyword,promosi dan juga bisa karena memang membutuhkan informasi dari artikel yang di baca.Blogwalking memang ampuh untuk menurunkan alexa di blog,sebab alexa akan makin ramping jika banyak backlink yang di dapat.

Namun tidak semua backlink yang di dapat itu berkualitas.Backlink seperti itu tidak akan masuk hitungan untuk memperkecil nilai alexa rank.Alexa ini kadang emang aneh,tidak ada cara pasti untuk menentukan naik turunnya.Kadang udah rutin update artikel dan blogwalking kemana-mana tapi malah alexanya jadi gendut alias bertambah besar.Yang penting tetap berusaha memperkecilnya saja dengan metode blogwalking.Mengunjungi blog lain memiliki manfaat besar,saat itu sering dilakukan secara tidak langsung wawasan kita akan bertambah.

Tiap kali membaca satu post ke post lainnya,ilmu yang tadinya belum diketahui bisa di dapat.Tak jarang karena blogwalking,ide menulis sering muncul.Ada saat dimana seorang blogger yang sering menulis mengalami kebingungan mau bikin posting apa.Nah,dengan blogwalking bisa menjadi solusi yang pas,tentunya bukan berarti menjiplak artikel lain ya.. tapi hanya mengambil inspirasinya saja.Apakah dengan blogwalking akan menjamin artikel kita berada di halaman awal pencarian google? 

Belum tentu,soalnya persaingan berebut tempat di pejwan (halaman pertama) itu pasti ada.Blog lain juga ada yang sharing informasi seperti yang kita buat.Paling tidak dengan blogwalking dapat membantu artikel kita agar lebih mudah di temukan orang.Memilih blog yang akan menjadi tempat kita blogwalking menjadi penting,supaya nggak rugi udah capek-capek komen sana sini.

Blogwalking yang massive itu melelahkan,saya udah membuktikan sendiri hehe.. dan blogger lain yang melakukannya juga pasti pernah merasakan hal yang sama.Apalagi kalau koneksi internet lemot.Tambah repot ya kalau mau blogwalking.Okelah,agar blogwalking yang dilakukan dapat efektif dan terasa manfaatnya,ada baiknya kita menerapkan cara efektif blogwalking berikut ini :

1. Blogwalking ke blog ramai pengunjung
Blog yang memiliki trafik tinggi dan ramai di kunjungi orang biasanya menjadi target utama bagi blogger untuk mencari backlink.Blog yang seperti itu sudah pasti menguntungkan jika kita meninggalkan komentar di salah satu artikelnya.Karena kesempatan mendapat visitor lebih besar,soalnya blogwalker lain terkadang mengunjungi salah satu blog yang berkomentar di blog ramai itu.
2. Meninggalkan keyword blog
Saat akan meninggalkan komentar,cobalah periksa apakah menu name dan url pada kotak komentar di aktifkan admin atau tidak.Jika iya,isilah kolom nama dengan keyword populer di blog kalian dan bagian url bisa di isi alamat blog,atau langsung di arahkan ke artikel yang mengandung keyword tadi.Tapi kalau name dan url tidak ada,langsung aja ketik komentarnya.Mematikan name dan url itu maksudnya agar blog tidak kemasukan komentar spam dari anonymous.


3. Berkomentar yang relevan
Carilah dulu artikel yang relevan dengan salah satu artikel di blog kalian.Cek artikel-artikel yang nangkring di halaman awal google.Tinggalkan komentar disana dan bersiaplah untuk mendapatkan backlink hehe.. tapi jangan lupa,sebelum berkomentar kalian baca dulu artikelnya agar komentar kalian relevan dengan isi/pembahasan dalam artikel tersebut.


4. Jangan nyepam
Ini yang paling bikin sebel seorang blogger,dapet komen tapi cuma thanks,nice info,makasih gan,bagus artikelnya dll apalagi sampai meninggalkan link aktif di kotak komentar.Pastinya nggak enak tuh,terlalu banyak link aktif di komentar blog itu tidak baik di mata google.Makanya kalau blogwalking usahakan agar komentar yang kalian tinggalkan tidak merugikan blog yang kalian kunjungi.


5. Blogwalking ke situs dengan Pagerank tinggi
Pagerank bisa menjadi acuan seberapa bagus kualitas blog tersebut dengan di tandai visitor yang melimpah,trafik tinggi dan artikelnya mudah di temukan.Pagerank bisa meningkat karena faktor umur blog dan jumlah backlink yang masuk ke blog.Dengan berkomentar di blog ber-pagerank tinggi,maka kemungkinan besar kita akan memperoleh backlink yang berkualitas.


6. Blogwaking ke blog yang rajin update
Update rutin menjadi kunci utama bertahan atau tidaknya kepopuleran sebuah blog.Bayangkan saja gimana jadinya blog yang lama tidak update bahkan sampai berbulan-bulan? pastinya visitor akan turun,trafik berkurang dan perlahan artikelnya mulai tergeser dengan blog lain yang rajin update.Untuk mengetahui blog tersebut masih aktif atau tidak bisa di cek pada tanggal terakhir si admin ngepost artikel dan juga membalas komentar.


7. Blogwalking untuk silaturahmi/mencari teman
Mencari teman sesama blog sangat penting,karena mereka yang sudah akrab dengan kita akan sering-sering mengunjungi blog kita.Kalau sudah begitu,kitanya juga harus nyadar bila di komen ya mesti komen balik.Jangan mau untung sendiri ya hehehe.. Untuk memperbanyak teman,follow saja blog-blog populer yang kalian temui saat blogwalking.Biasanya kalau teman sendiri,pas ngasih komen nggak sembarangan.Paling tidak artikel kita di baca dulu,biar cuma dikit hahaha..


8. Admin blog yang mau comment back
Nah ini nggak kalah penting juga,kadang kita berpikir blogwalking jor-joran ke situs lain itu bagus.Nyatanya tidak semua blog yang di kunjungi itu mau mengunjungi balik,apalagi ninggalin komentar.Cari aja blogger yang friendly,nggak cuma SEO aja yang friendly,admin blog pun ada yang friendly ada yang enggak ya.Jika admin blog friendly itu punya banyak blog,kita blogwalking ke semua blognya akan lebih bagus.

loading...
loading...

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*