6 Cara Mengatasi Komentar Spam Di Blog

loading...
Haloo sobat media2give,setelah beberapa hari nggak update akhirnya sekarang ada juga deh waktu untuk sharing-sharing ilmu lagi hehe.. Nah,pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang 6 Cara Mengatasi Komentar Spam Di Blog.Udah pada tau kan apa itu spam? Yap,komentar spam merupakan komentar yang diberikan pada sebuah artikel baik yang di posting di blog,facebook,twitter ataupun thread di forum-forum diskusi online.Komentar spam ini bisa dikenali dari ciri-cirinya seperti komentar yang terlalu singkat,komentar yang nggak nyambung/tidak relevan dengan pembahasan artikelnya,komentar dengan link aktif,dan komentar yang berisi tulisan mengejek.

Bisa juga komentar dengan menuliskan kata-kata yang tidak pantas ataupun meninggalkan tulisan yang tidak dapat dibaca karena tidak membentuk kata/kalimat.Yang seperti itu pasti pernah di alami oleh mereka yang pernah memposting sesuatu di dunia maya.Seperti di blog saya juga pernah nempel beberapa komentar spam yang selain nggak enak di baca,juga cuma memenuhi arsip komentar blog.Padahal itu komentar nggak berguna.Namanya juga spam,ya ibaratnya seperti sampah,menumpuk banyak tapi hanya menggangu pandangan saat membaca.Sebenarnya apa sih tujuan membuat komentar spam? Mungkin memang banyak ya motifnya,tapi kebanyakan komentar spam dibuat dengan maksud tidak baik.

Entah itu mau menjatuhkan,agar post terlihat nggak enak di baca,ataupun cuman cari untung sendiri.Kalau bicara cari untung,banyak juga tuh yang sengaja meninggalkan komentar spam,terutama di jumpai pada blog-blog yang ramai di kunjungi orang.Di blog itu sudah pasti si spammer akan mencoba nyepam supaya dapat backlink.Backlink memang penting untuk blog karena bisa meningkatkan kualitas blog di mata google,dan juga dapat meningkatkan Pagerank,meskipun backlink bukan satu-satunya yang terbaik untuk mendongkrak ranking blog,tapi saat ini masih banyak di buru para blogger.

Bukan hanya blogger yang telah lama ngeblog aja,bahkan blogger newbie pun ikutan berburu backlink.Nggak salah memang,asalkan cara yang di pakai untuk mendapatkannya adalah cara yang baik.Namun sayangnya untuk alasan tertentu,nyepam dengan berharap backlink masih saja sering di lakukan.Biasanya di kotak komentar,para spammer meninggalkan tulisan berupa kata-kata/keyword situs mereka dan menaruh link aktif sehingga jika di klik akan langsung menuju ke halaman situs mereka.

Ternyata nggak cuma dengan cara manual saja,banyak juga yang nyepam menggunakan robot,yang di setting untuk membuat komentar otomatis ke berbagai blog.Kalau ini di biarkan terus,dan link aktif keburu banyak di blog kita,efeknya adalah blog kita akan di anggap kurang bagus di mata google.Terus gimana cara mengatasinya? Tenang sob,untuk mengatasi komentar spam ada baiknya kalian menerapkan cara-cara berikut ini :

1. Mengecek setiap kali ada komentar masuk
Caranya dengan login ke akun blog masing-masing,kemudian buka pada menu Komentar.Disitu semua komentar yang masuk ke blog akan terlihat.Cek satu per satu komentarnya dan jika terdapat komentar yang nggak nyambung langsung saja di hapus.Untuk menghapusknya hanya tinggal mengklik kotak kecil di bagian kiri komentar dan tanda ceklistnya akan terlihat.Kemudia klik tulisan hapus,maka komentar itu akan segera lenyap dari blog.

2. Memakai script anti link aktif di kotak komentar
Buat sobat blogger yang belum pernah mencoba script ini,langsung saja di terapkan pada blog.Setelah scriptnya dipasang,semua link aktif di bagian komentar blog akan otomatis di nonaktifkan atau bisa dibilang link aktifnya akan hilang.Jadi percuma saja si spammer meninggalkan link aktif karena tidak akan terbaca oleh google.Untuk melihat scriptnya bisa di cek pada artikel saya sebelumnya tentang Cara Menghilangkan Link Aktif Di Komentar Blog.

3. Mengubah setting pengaturan komentar blog
Untuk melakukan cara ini kalian bisa login blog dulu dan masuk ke menu bagian Setelan.Kemudian klik Pos dan Komentar.Perhatikan pada tulisan Siapa yang dapat mengomentari? Ubah pengaturan menjadi pengguna terdaftar agar yang bisa meninggalkan komentar adalah mereka yang benar-benar punya akun dan bukan robot.Biasanya spammer nggak mau repot-repot login ke email atau akun googlenya.Jadi cara ini lumayan ampuh mencegah komentar spam


4. Mengaktifkan moderasi komentar
Jika moderasi komentar di pakai,maka semua komentar akan dibaca admin blog terlebih dahulu sebelum di terbitkan.Jika admin menganggap komentar itu spam,maka bisa dengan cepat di hapus tanpa terbaca oleh penggunjung lain.Bisa dipastikan dengan metode ini pengunjung jadi nyaman karena nggak pernah melihat komentar spam.Tapi ada kelemahan dari mengaktifkan moderasi komentar ini,yaitu jika admin blognya sedang tidak aktif ngeblog.Dalam kondisi itu,komentar akan tertahan sampai admin mengecek dan menyetujuinya.Bila sobat mau mencoba cara ini bisa langsung masuk ke menu  Pos dan Komentar dan di bagian Moderasi Komentar,klik Selalu.Jangan lupa untuk menekan tombol Simpan agar perubahan settingnya tersimpan.


5. Menampilkan verifikasi kata
Pada menu Pos dan Komentar,di bawahnya Moderasi Komentar terdapat juga menu Verifikasi Kata.Saat ini di aktifkan dengan mengklik pilihan Ya,maka saat pengunjung blog akan meninggalkan komentar,mereka di haruskan mengisi kode keamanan dulu berupa gambar captcha.Jika mereka mengisinya dengan tepat sesuai gambar,komentar agar langsung muncul.Cara ini lebih sering dipakai untuk mencegah komentar otomatis dari robot.


6. Memasang buku tamu di blog
Buku tamu selain penting sebagai tempat untuk menunjukkan kehadiran pengunjung dengan meninggalkan komentar,tapi juga berguna saat admin blog mengaktifkan komentar dengan pengguna terdaftar.Seringkali bagi pengunjung yang mau berkomentar ada yang malas kalau di suruh login dulu ke akun google mereka.Jadi sebagai penggantinya,memasang buku tamu bisa menjadi alternatifnya.Mereka dapat meninggalkan komentar disitu,sehingga nggak perlu repot login ke email dulu.


Ok,mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan untuk artikel kali ini.Tips di atas berdasarkan pengalaaman saya ngeblog selama ini,dan semoga saja dapat membantu sobat blogger semua agar tetap nyaman saat ngeblog dan terhindar dari komentar spam.Sampai jumpa di artikel-artikel saya berikutnya ya..  See You ^_^

loading...

4 Comments

  1. saya belum paham contohnya spam itu yang gimana ,,?? bentuknya kayak apa ..?? tapi saya juga tau sedikit tentang spam.. contohnya seperti meninggalkan link aktif..

    tapi untuk link aktif itu saya juga gak ngerti maksudnya..?
    jika link aktif itu misal yah .. "www.creampemutihkulitocie.blogspot.com" (itu link blog saya). itu disertakan dalam komentar apakah dianggap spam..?

    nah kalo seandainya di anggap spam itu bagaimana solusinya biar kita tidak dianggap spam tapi kita tetep bisa memperkenalkan blok kita melalalui komentar di blog lain. terimaskasi. mohon jawabannya gan

  2. @ocie pemutih
    komentar spam itu yang isinya menjatuhkan,menghina atau yg ada unsur penipuannya.Meninggalkan link aktif juga termasuk spam,dan biasanya komentar yg nggk nyambung dg artikel yg di bahas jg bisa di kategorikan dalam jenis spam.Klo meninggalkan link di kotak komentar tapi bukan link aktif,tdk apa2.. itu bukan spam.Klo tujuan berkomentar utk memperkenalkan blog kita lewat komentar di blog lain,bisa isi saja name dan URL,bila blog itu mengaktifkan fitur,tapi klo pun meninggalkan link,asal bkn link aktif,masih boleh..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*