Menangis Ternyata Bagus Untuk Kesehatan

loading...
Haloo sobat media2give ketemu lagi di posting ini ya ^^ Kali ini saya akan membahas soal Menangis Ternyata Bagus Untuk Kesehatan.Hmm,kalau bicara soal menangis pasti yang pertama terlintas di pikiran kita nggak jauh-jauh dari hal-hal yang membuat kita sedih ya,karena perasaan tersebut yang tak tertahankan akan membuat seseorang menangis.Beberapa orang berpikir bahwa menangis itu kurang bagus,terutama untuk laki-laki yang di gambarkan sebagai sosok yang kuat dan juga pelindung bagi perempuan.

Bagi seorang pria,menangis akan menandakan dirinya lemah,tidak kuat dengan keadaan yang di alaminya.Namun jangan salah,dalam keadaaan tertentu,menangis justru bagus untuk kesehatan tubuh kita.Memang benar ketika kita menangis,mata akan terlihat merah dan bengkak,tapi setelah selesai menangis dampaknya akan terasa pada tubuh.Menangis bisa menjadi salah satu obat ampun meredakan kemelut dalam hati dan beban pikiran yang menumpuk dan harus di keluarkan.Biasanya sehabis menangis,seseorang akan merasa lega seperti ada kepenatan yang lepas untuk sesaat.
Menangis tidak lantas menyelesaikan masalah kita,tapi itu bisa menguranginya dan membuat kita berpikir lebih jernih dalam mengambil keputusan.Semua orang pasti pernah menangis,meskipun tidak sering.Bahkan orang yang dari tampilan luarnya saja terlihat kuat,bisa juga menangis karena suatu hal.Wajar jika itu terjadi karena tiap orang memiliki perasaannya masing-masing dan ketika ada yang menyentuh perasaan itu dengan kesedihan,maka orang tersebut akan langsung menangis.

Menangis tidak hanya karena sedih,mereka yang terharu karena bahagia juga terkadang menangis sebagai ungkapan dari perasaan yang di luapkan dengan keluarnya air mata.Lalu apa hubungannya menangis dengan kesehatan? apakah bisa membuat tubuh lebih sehat/dapat menghilangkan penyakit? jawabnya sudah tentu iya,dan berikut inilah beberapa manfaat menangis bagi kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui :

1. Menjernihkan Mata
Penglihatan seseorang tergantung dari kondisi mata dan semakin bertambah umur seseorang,daya lihatnya perlahan akan berkurang.Dengan menangis,mata akan tetap terjaga sehat karena sebetulnya di dalam mata terdapat cairan yang fungsinya membersihkan daerah sekitar mata dan kelopak mata.Air mata akan melumasi bola mata sehingga tidak terjadi kekeringan dan dehidrasi.


2. Membunuh Bakteri
Air mata mengadung zat bernama Lysozyme,yaitu cairan yang berguna untuk membunuh bakteri.Setiap hari tanpa kita sadari banyak bakteri yang menempel pada area mata dan dengan cairan Lysozyme,bakteri tersebut dapat hilang.Menangis selama 5-10 menit akan berdampak pada berkurangnya 90-95 % bakteri yang menumpuk pada mata.


3. Menjaga Mood Tetap Stabil
Tubuh kita setiap hari memproduksi Zat Mangan (Mn) yang apabila jumlahnya terlalu banyak,akan menggangu kesehatan dan harus di keluarkan dari tubuh.Gangguan akan berpengaruh pada emosi seseorang yang menjadi mudah marah,agresif,gelisah,dan cepat lelah.Air mata yang keluar membawa 24 % protein albumin sehingga tubuh tidak kelebihan Zat Mangan.


4. Meredakan Stress
Menangis terlalu lama karena sedih seringkali menyebabkan tekanan pada sistem syaraf hingga membuat orang insomnia.Dengan menangis,sistem kerja otak dan jantung menjadi lebih lancar karena seseorang yang menangis akan merasa lega.Hormon stress akan berkurang dan meskipun menangis tidak menyelesaikan masalah,tapi bisa membantu menjaga pikiran tetap tenang.Dan menangis karena emosioal selama beberapa menit akan membantu menghilangkan penyakit-penyakit dalam tubuh.

loading...

8 Comments

  1. @Adam Sahensyah
    di dalam air mata memang terkandung zat yang bisa membawa bakteri keluar tubuh dan dampaknya membuat perasaan menjadi lega.Cara nangis gampang,tinggal mikirin yang sedih-sedih aja..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*