Cara Mengetahui Sumber Asli Gambar Di Internet

loading...
Haloo sobat media2give,jumpa lagi nih dengan kalian di posting ini.. Kali ini saya akan membahas tentang Cara Mengetahui Sumber Asli Gambar Di Internet.Kalau kita sering searching informasi di internet,sudah tentu akan menjumpai banyak gambar ya,beberapa memang ada kaitannya dengan apa yang kita cari.Gambar bisa berguna untuk mempertegas pengertian dari konten tulisan sekaligus memperjelas isi dari sebuah tulisan yang dibuat.

Di dunia bisnis online,gambar ini penting karena biasanya suatu produk akan lebih cepat di kenal lewat gambar,lagi pula kalau tidak ada gambarnya,orang lain jadi tidak tau seperti apa merek atau produk yang dijual tersebut.Gambar juga dapat dijadikan sebagai identitas seorang user,misalnya untuk pengguna jejaring sosial (facebook/twitter) agar lebih di kenali,meskpun kadang-kadang yang tampil di foto profilnya seringkali bukan gambar identitasnya sendiri,mungkin karena alasan privasi dan keamanan jadi tidak di tampilkan yang sebenarnya.


Pernahkah terlintas di pikiran kita sebenarnya darimana gambar yang kita lihat itu berasal/darimana sumber asli gambar itu? Yang kita tau memang gambar di internet banyak di pakai dan di share ke banyak tempat,jadi untuk menemukan siapa pemiliknya yang asli menjadi sulit.Sebetulnya mengecek kepemilikan asli dari gambar ini perlu dilakukan untuk menghindari tindakan yang merugikan seperti penipuan.

Karena sekarang ini banyak pihak tidak bertanggung jawab yang menggunakan gambar barang di internet yang mereka promosikan untuk di jual.Padahal sebenarnya barang itu milik orang lain.Akibatnya,tak sedikit yang jadi korbannya.Sudah keburu membayar barang,tapi barangnya tak kunjung di dapatkan.Nah,agar bisa mencegah hal semacam ini melacak sumber asli gambar bisa jadi solusi yang tepat.

Masalahnya,dari mana kita tau siapa yang punya gambar? kalau cuma artikel,kita bisa mencarinya dengan Google Search,nah kalau gambar gimana? Tenang sob,ada cara mudah melakukannya dan bagi yang ingin mencobanya silahkan di praktekkan caranya berikut ini 

Cara 1

Menggunakan Google Images

1. Buka situs images.google.com

2. Akan muncul tampilan seperti ini


3. Klik gambar kamera pada kotak pencarian
4. Pilih menu Tempel URL Gambar


5. Paste URL gambarnya
6. Atau jika gambarnya ada di PC kalian,bisa langsung menguploadnya
7. Pilih menu Unggah Gambar > Choose File


8. Cari dimana letak gambarnya yang kalian simpan
9. Akan muncul gambar-gambar yang memiliki kemiripan dengan gambar yang kalian upload


10. Lihat pada bagian teratas dari hasil pencarian
11. Itulah sumber gambar aslinya

Cara 2
Menggunakan Tools Online

1. Buka situs Tineye.com
2. Cari Tulisan Insert Image Adress


3. Masukkan URL gambar disitu
4. Atau bisa juga dengan langsung mengupload gambarnya
5. Lihat pilihan Upload Your Image


6. Klik Choose File untuk mengupload
Hasilnya akan terlihat gambar-gambar yang mirip dengan yang kalian upload,dan yang berada di posisi paling atas adalah sumber gambar asli dari pemiliknya.Sedangkan gambar yang muncul di bawahnya merupakan gambar yang di ambil dari sumber aslinya dan di share ke situs-situs lain.Aplikasi Tineye ini menggunakan sistem “Reverse Image Search” yang artinya mencari gambar terbalik.

Sumber Gambar Asli

Situs yang share dari gambar aslinya

Maksudnya kita mencari informasi dari gambar,bukannya mencari informasi dengan keyword untuk menemukan gambar.Jika menggunakan Tineye,akan terlihat informasi tentang alamat situs dimana gambar itu berada,kapan gambar tersebut di indeks Tineye dan format serta ukuran gambarnya. 

loading...

10 Comments

  1. @Kang Ucup
    iya mas,klo pakai cara itu jadi ketahuan siapa sebenarnya pemilik asli dari gambar tersebut.. yg dari situs berbeda-beda itu adalah yg ngambil gambar dari situs asinya mas

  2. @Adam Sahensyah
    masih terdeteksi sob,soalnya saya dah nyoba ngedit salah satu gambar dan dicoba masukin url hasil uploadnya ke situs di atas,sumber gambar aslinya tetap muncul

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*