Cara Memasak Nasi Agar Tidak Cepat Basi

loading...
Haloo sobat media2give,ketemu lagi nih di postingan ini ya,udah beberapa hari nggak update karena ada banyak kegiatan,sekarang akhirnya ada waktu juga buat ngelanjutin postingnya hehe.. Kali ini saya akan membahas tentang Cara Memasak Nasi Agar Tidak Cepat Basi.Seperti yang kita tau bersama kalau nasi merupakan makanan pokok yang biasa di konsumsi sehari-hari,terutama oleh orang indonesia.Meskipun ada alternatif lain pengganti basi,namun tetap saja nasi masih menjadi makanan utama setiap hari.

Bahkan di beberapa tempat ada yang mengatakan kalau belum makan nasi belum disebut makan.Ya,begitu pentingnya nasi sampai sulit untuk di gantikan dengan makanan lainnya ya.Di dalam nasi terkandung zat karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi.Energi tersebut dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.Jika yang terbiasa makan nasi,sehari saja tidak makan nasi pasti rasanya ada yang kurang,kadang badan juga agak lemas dan kurang bertenaga.

Memang nasi yang ini harganya semakin tinggi,dikarenakan pasokan yang terbatas dari berasnya sendiri.Biarpun mahal,orang akan berusaha mendapatkannya demi mencukupi kebutuhan pangan agar tetap sehat.Jika dulu memasak nasi menggunakan dandang yang membutuhkan waktu lumayan lama,kini alat tersebut sudah tergantikan oleh Rice Cooker yang lebih modern.Prosesnya jauh lebih cepat sehingga menghemat waktu memasak.

Tinggal pencet tombol dan nggak lama nasi siap di hidangkan dan di santap.Namun justru dengan Rice Cooker sering menimbulkan masalah seperti nasi yang cepat basi dan bau.Padahal belum lama,tapi kok baunya sudah tidak enak ya,seperti basi.Sebenarnya apa yang menyebabkan itu terjadi? Yang perlu kita tau,dalam Rice Cooker yang digunakan terdapat beberapa elemen yang menentukan kualitas nasi yang kita masak.Setidaknya ada 4 elemen penting dan perlu diperhatikan saat memasak nasi yaitu :

1. Elemen Pemanas (Heater)
Cara kerja Rice Cooker di mulai dari heater.Saat tombol cook/on di pencet,listrik akan mengalir ke heater dan heater pun menghasilkan panas.Daya yang dikeluarkan berbeda-beda,tergantung dari heater masing-masing Rice Cooker,biasanya sekitar 50-80 watt.

2. Pengatur Suhu (Termostat)
Termostat bekerja bersamaan dengan heater tapi dengan fungsi yang berlawanan karena termostat justru akan mematikan tombol ON menjadi OFF.Tugas termostat adalah menjaga agar temperatur nasi berada antara 75-800C.Bila nasi sudah panas termostat akan mematikan heater dengan cara memutus aliran listrik yang menuju heater.Sebaliknya,jika nasi menjadi dingin termostat akan menghidupkan heater agar ON lagi.Jadi termostat ini selalu menjaga agar suhu nasi tidak terlalu panas dan dingin.Masalah bau di nasinya terjadi jika termostat tidak bekerja maksimal karena tegangan listrik yang turun,kurang dari 220V.Dampaknya adalah suhu turun di bawah minimum sehingga menyababkan nasi cepat berair.


3. Wadah Nasi
Wadah yang kurang besih bisa menimbulkan bakteri yang akhirnya membuat nasi menjadi bau dan cepat basi.Selalu perhatikan saat wadah ini akan digunakan agar tidak menimbulkan bau.Kadang jika wadah ini pernah digunakan menghangatkan nasi yang basi,baunya akan tetap menempel pada pori-pori wadah,terutama wadah yang mengandung anti lengket.Jika sudah begitu,nasi yang tadinya tidak bau pun bisa berubah berbau karena terkena sisa bau yang menempel pada wadah.


4. Tempat Pengeluaran Uap (Steam Outlet)
Steam outlet menjadi bagian yang tak kalah penting karena berfungsi untuk mengeluarkan uap dari air yang telah matang di dalam Rice Cooker.Seringkali bagian ini tersumbat sesuatu,entah itu benda lain atapun nasi yang menempel pada permukaannya.Akhirnya lubang uapnya menjadi lembab yang menimbulkan munculnya bakteri dan menimbulkan bau pada nasi.


Cara Menjaga Agar Nasi Tidak Cepat Bau

1. Menggunakan Daun Pandan
Daun pandan terkenal dengan aromanya yang harum dan cocok untuk mengatasi bau pada nasi.Caranya dengan memasukkan 2 lembar daun pandan ke dalam nasi saat di masak,tergantung dari berapa banyak beras yang di pakai.

2. Menggunakan Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga ampuh dalam menanggulangi bau dan bisa juga dipakai untuk nasi.Cara penggunaannya dengan membelah jeruk nipis tersebut menjadi 2 dan kemudian di peras ke dalam Rice Cooker.Ketika nasi telah matang,maka nasi itu bisa tahan lama dan lebih awet.Jeruk nipis mengandung asam yang berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri pada nasi.

loading...

8 Comments

  1. @zach flazz
    sebenarnya cara ini juga dari pengalaman saya memasa nasi mas,dulu pas blm tau caranya yg benar klo masak nasi selalu cepat bau tapi skrng udah enggak lagi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*