10 Jenis Kura-Kura Eksotis Di Indonesia

loading...
Haloo sobat media2give semuanya.. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang 10 Jenis Kura-Kura Eksotis Di Indonesia.Kalau denger nama hewan yang satu ini pastinya nggak asing lagi ya.Kura-kura yang termasuk hewan reptil ini mudah di kenali dari ciri fisiknya dan yang paling khas adalah tempurungnya.Bagian tempurung itu fungsinya sebagai pelindung tubuh kura-kura dari pemangsanya/hewan lain yang mencoba menyerangnya.

Dalam kondisi takut,kura-kura akan memasukkan kepala serta keempat kakinya ke dalam tempurung.Cara bertahan hidup seperti ini lumayan ampuh,dan faktanya kura-kura bisa hidup lama dengan umur sampai ratusan tahun.Kura-kura cukup populer,terutama di kalangan pecinta kura-kura.Hewan ini dijadikan peliharaan dan beberapa diantaranya sudah termasuk kategori langka/di lindungi.Akibat perburuan liar yang menginginkan daging kura-kura ini,menyebabkan jumlahnya semakin berkurang.


Tapi tidak sampai punah karena ada upaya pembiakan kura-kura sehingga populasinya masih terjaga.Kura-kura masuk dalam ordo Testudinata,sering juga di sebut dengan penyu atau pun bulus.Padahal kura-kura,penyu dan bulus itu berbeda.Kura-kura memiliki 2 lapisan pada bagian tubuhnya.Bagian atas dinamai karapas sedangkan bagian bawahnya disebut plastron.Kura-kura ini biasa hidup di darat,laut maupun air tawar.

Saat ini kura-kura terbesar di jumpai dengan panjang karapasnya yang mencapai 300 cm,sedangkan kura-kura terkecil di temukan di afrika selatan dengan karapas yang panjangnya hanya 8 cm.Saking terkenalnya kura-kura ini,sampai dijadikan film kartun juga,Teenage Mutant Ninja Turtles yang cukup di kenal di indonesia.Nah,sementara untuk jenisnya ada bermacam-macam dan berikut inilah jenis kura-kura eksotis yang bisa di temukan di indonesia :

Batagur Baska (Full Aquatic)

Callagur Borneoensis (Full Aquatic)

Cuora Amboinensis

Cuora Galbinifrons

Cyclemys Dentata

Heosemys Spinosa

Indotestudo Forstenii

Manouria Emys Emys

 Notochelys Platynota (Semi Aquatic)
Siebenrockiella Crassicollis (Full Aquatic)

loading...

8 Comments

  1. Heosemys Spinosa mirip monster kaiju "Gamera". aku terakhir liat kura2 ataupun bulus liar di sungai saat masih SD kini gak lagi kutemukan namun liang bekas tempat bertelurnya masih ada dan tidak banyak berubah hingga kini.

  2. @Huda Gamu
    Tadinya aku malah kepikiran klo Heosemys Spinosa ini mungkin bagus klo di jadikan kostum Kamen Rider,bentuknya bagus soalnya.Aku dulu pernah nemuin bulus di tepi kali kecil,kubawa pulang.Waktu itu nggak tau harus di kasi makan apa,ternyata buah2an spt wortel doyan di makan.Klo liang bekas bertelur yg di temukan itu nggk bnyk berubah,berarti nggk pernah di sentuh hewan/manusia lain ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*