Kartun Spongebob Terancam Di Larang Tayang

loading...
Haloo sobat media2give,jumpa lagi nih dengan kalian di posting ini^^ Kali ini saya akan membahas tentang Kartun Spongebob Terancam Di Larang Tayang.Belakangan ini isu tentang larangan penayangan spongebob memang lagi hangat-hangatnya.Banyak pengguna jejaring sosial yang membicarakan masalah ini,mengingat spongebob sendiri adalah salah satu kartun legendaris yang sudah bertahun-tahun tetap ada di Global TV.Menghapusnya dari layar TV tentu di sayangkan,terutama bagi yang suka nonton kartun spongebob ini.

Meskipun sebenarnya kalau download di internet pun bisa,tapi menurut saya lebih enak nonton yang dubbing indonesia,barangkali karena udah terbiasa.Pelarangan ini dilakukan oleh lembaga penyiaran film,apalagi kalau bukan KPI.Komisi ini semakin ketat menjaring tayangan yang bisa di tampilkan di TV indonesia.Banyak juga acara yang di tarik/di hapus karena tidak sesuai dengan syarat tontonan yang layak.Dan semenjak isu ini beredar di dunia maya,respon dari penonton sendiri bermacam-macam,dan kebanyakan cenderung menolak jika spongebob di hapuskan.

Bahkan sampai muncul gerakan protes di twitter dengan hastag #SaveSpongebob.Mereka yang berkomentar adalah yang peduli dengan tayangan TV dan menilai bahwa spongebob tidak seharusnya di larang untuk di tayangkan.Masih banyak tayangan lain seperti sinetron yang tidak mendidik yang seharusnya juga di perhatikan KPI.Spongebob mengajarkan penontonnya tentang arti persahabatan,menjalani hari dengan semangat,kegembiraan dan kalau kita sadari,tersimpan pesan moral dari setiap episodenya.


Beberapa diantaranya malahan ada yang membuat terharu saat menontonnya,terutama di adegan yang menyentuh hati penonton.Berikut ini beberapa komentar yang bernada protes di twitter terhadap isu larangan penayangan kartun spongebob di TV :

“Spongebob mengajarkan saya untuk tetap tersenyum dan membantu sesama tanpa pamrih #SaveSpongebob,” @rio_nofan.

?”Lbih baik nnton Spongebob yang bnyak brcrita tntang PERSAHABATAN dbnding snetron yang temanya KELAHI & CINTA ga jelas #SaveSpongebob,” @TguhWhyu.

“Spongebob, Klo dipahami, byk kata2 bijaknya. Trus kenapa sinetron2 alay ngak biisa ditindakk… KPI oh KPI #savespongebob,” @youdie_taegeuk.

“Awas aja besok kalo anak sama cucu” gue ampe ga bisa kenal sama yg namanya cartoon~ eaak :3 hahaha #savespongebob selamat kan bikini bottom,” @mr_wisnuu.

“Persahabatan yg diajarkan kartun diganti dg ngebully,fitnah, pacaran&hamil duluan yg diajarkan Sinetron #maunyaKPI #SaveSpongebob,” @AhlisMunawi.

Lalu apakah berita ini benar akan terjadi? Rupanya kabar tersebut tidak sepenuhnya benar.KPI telah berpikir ulang untuk tidak menghapuskan spongebob dan memasukkannya dalam kategori hati-hati.Selain spongebob,Crayon Sinchan juga masuk kategori ini.Kategori ini maksudnya adalah ketika kartun ini di tonton anak-anak,para orang tua di harapkan mengawasi dan mendampingi agar sang anak tidak salah tafsir dan bisa bermain dengan imajinasinya,namun dengan bimbingan orang tua.


Orang tua bisa menjelaskan tentang adegan-adegan yang ada di film dan anak dengan sendirinya akan mengerti kalau yang dilihatnya itu hanyalah sebatas tontonan.Sedangkan kategori di atasnya hati-hati adalah bahaya.Nah,beberapa kartun juga sudah masuk daftar ini,seperti Tom & Jerry dan Little Krisna.Alasannya karena kartun tersebut memperlihatkan adegan kekerasan,saling pukul,balas dendam,menyiksa dan memakai benda tajam.KPI sudah melakukan teguran pada stasiun TV yang menayangkan kartun itu agar melakukan editing pada adegan yang tidak layak di tonton anak-anak.

Adegan kurang layak juga diminta untuk di hapuskan,seperti adegan berkata kotor dan memelorotkan celana.KPI menyarankan agar stasiun TV menayangkan kartun mendidik dan bermutu saja seperti Dora The Explorer,Curious George,dan Thomas and Friends.Satu pelajaran penting untuk kita semua dari masalah ini adalah fakta bahwa kartun itu bukan hanya tontonan anak-anak,terbukti banyak adegan yang menurut KPI tidak pantas dilihat anak kecil.

loading...

12 Comments

  1. kalo aku berharap terjadi penggantian orang2 yg bekerja di KPI. tayangan film yg udah jelas2 ditandai remaja malah dianggap utk anak sedangkan tayangan utk anak malah ditandai Remaja BO. Acuan utama kekhawatiran sejak kasus smackdown tapi tidak memperhatikan kondisi aman tahun2 sebelum ada tayangan smackdown akibatnya tayangan lamapun ikut kena getahnya padahal sebelumnya aman2 saja tayang spt anime. Acara pertandingan seru cenderung ditiru spt asli shg bisa berbahaya jika tidak hati2 spt tinju & smackdown arahnya: yg kuat menang yg lemah kalah tidak peduli meskipun lawannya teman sendiri sedangkan acara film cenderung ditiru tapi tidak spt aslinya sebab sulit shg lebih aman dan mengarah: kebaikan mengalahkan kejahatan

  2. saya sangat mendukung kalau yang tidak ditayangkan itu sinetron. nggak mendidik banget, ceritanya juga banyak yang njiplak film2 hollywood. kalau spongebob kan sayang banget, emang ada unsur apa di dalamnya, menonton spongebob buat saya juga dapat menenangkan jiwa, apalagi pas nontonnya sama anak, wah…sudah lupa kalau saya punya utang banyak 😀

  3. @Huda Gamu
    klo menurutku emang seharusnya di ganti personelnya KPI,krn mereka itu masih cenderung tebang pilih,klo acara sinetron nggk bermutu malah di biarin padahal dari tayangan itu banyak sisi negatifnya juga,sedangkan anime langsung gitu aja di larang.. TV kan bukan untuk anak kecil aja,masak hanya gara2 adegan pukul-pukulan langsung nggk boleh tayang.Kan utk kartun/anime spt itu selalu ada tulisan BO (bimbingan orang tua) di bagian atas TV.Dulu-dulu nggk apa-apa sebelum krn pengaruh smack down itu.KPI nggk pernah berpikir,berapa banyak anak tahun 80-90an yg nonton anime,dan tdk pernah ada komplain.Justru dari anime banyak pesan moral yg bisa di ambil dibanding nonton sinetron

  4. @Kang Ucup
    bener mas,klo sinetron ceritanya itu-itu aja.. klo nggk cinta,pacaran,rebutan anak/pacar,dendam,dan rebutan harta.Lagipula aktingnya jg lebay,di buat2 jadi males nontonnya.Nonton spongebob kan bisa jadi hiburan,ceritanya lucu-lucu dan beberapa episodenya ada yg menyentuh hati jg terutama saat bercerita ttg persahabatan.

  5. @Romli NET
    lebih tepatnya salah cekal sob,soalnya spongebob lebih banyak mengajak anak utk berimajinasi dg cerita2 seru.. untungnya nggk jadi dicekal,hanya masuk kategori hati-hati saja

  6. @yanto cungkup
    bener mas,nggk pas klo spongebob dilarang tayang.. bnyk pelajaran positif yg bsa di dapat dari filmnya.Untungnya memang cuma masuk kategori hati-hati aja

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*