Foto Selfie Dalam Sudut Pandang Islam

loading...
Haloo sobat media2give,disini saya akan membahas tentang Foto Selfie Dalam Sudut Pandang Islam.Udah pada tau sendiri kan tentang foto selfie?.Ya,foto selfie ini biasanya diambil oleh orang yang bersangkutan/memfoto dirinya sendiri.Seringkali juga dilakukan bersama orang lain agar terlihat lebih rame dan seru.Seiring dengan teknologi smart phone yang semakin maju,kini untuk menghasilkan foto keren,tidak tergantung dari fotografer lagi karena kita sendiri pun bisa menghasilkan gambar yang bagus dengan smart phone tersebut.

Ditambah lagi,jejaring sosial makin marak diminati orang sehingga mendukung penyebaran foto selfie itu.Mau gaya apapun,mulai dari serius,lucu,aneh,nggak kenal malu sampai yang hot-hot pun bisa.Hampir semua kalangan pernah melakukan foto selfie ini,bahkan sampai dipakai untuk foto profil di jejaring sosial.Niatnya kan biar eksis,sekalian nampang biar terkenal haha..

Nah,sekarang bagaimana hukum foto selfie dari sudut pandang islam? Memang dalam Al-Qur’an maupun Hadist tidak ada yang menerangkan secara langsung tentang foto selsfie,namun foto selfie ada kaitannya dengan gambar.Dalam islam,ada larangan untuk menggambar makhluk bernyawa seperti manusia.Namun untuk menggambar tumbuhan masih di perbolehkan.Dari sebuah hadist menjelaskan tentang larangan tersebut.

Dari Ibnu, dia berkata, “Rasulullah Saw bersabda, ‘Barangsiapa menggambar suatu gambar dari sesuatu yang bernyawa di dunia, maka dia akan diminta untuk meniupkan ruh kepada gambarnya itu kelak di hari akhir, sedangkan dia tidak kuasa untuk meniupklannya.’” [HR. Bukhari]

إِنَّ الَّذِينَ يَصْنَعُونَ هَذِهِ الصُّوَرَ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ

“Sesungguhnya mereka yang membuat gambar-gambar akan disiksa pada hari kiamat. Akan dikatakan kepada mereka, “Hidupkanlah apa yang kalian ciptakan.” (HR. Bukhari no. 5961 dan Muslim no. 5535)

Sedangkan yang di maksud menggambar itu adalah membuat sketsa gambar makhluk hidup,lengkap dengan kepalanya.Disebut gambar,karena memiliki kepala sehingga menurut ajaran islam,gambar tanpa kepala itu bukan termasuk yang terlarang.Lalu bagaimana dengan foto? Foto merupakan cerminan diri,maksudnya foto yang dihasilkan itu berasal dari makhluk hidup yang sudah ada,bukan dalam artian menciptakan makhluk baru.Bisa dibilang foto hanyalah pantulan objek yang di hasilkan dengan bantuan kamera.

Selfie dulu ya ^^

Terkait soal foto selfie,sebetulnya tidak dilarang dalam islam termasuk jika kita mempublikasikannya.Namun yang perlu diperhatikan adalah niat dari membuat foto selfie tersebut,karena jika tujuannya tidak benar maka foto selfie bisa menjadi terlarang.Misalnya karena alasan pamer,merugikan diri sendiri,ataupun sekedar untuk nafsu belaka.Terkadang kita melihat foto selfie yang ekstrim,seperti foto yang diambil dari tempat yang tinggi dan beresiko jatuh.

Nah yang seperti itu tidak diperbolehkan.Selama foto selfie tidak ditujukan untuk hal yang mengarah pada keburukan dan menyimpang dari batasan norma-norma sosial,maka sah-sah saja membuatnya.Sesungguhnya agama islam itu mudah dan tidak pernah menganjurkan melakukan perbuatan yang berlebihan.Jadi kembali lagi kepada diri kita sendiri,untuk maksud apa dulu berfoto selfie.

loading...

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*