Bahaya Di Balik Keindahan Loom Band

loading...
Haloo sobat media2give,pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Bahaya Di Balik Keindahan Loom Band.Apa sih Loom Band itu? Loom Band ini sebenarnya adalah gelang karet warna-warni yang bisa di anyam dan dibentuk menjadi gelang,kalung ataupun akesoris lainnya.Karena warna-warninya terlihat menarik,banyak kalangan anak-anak yang menyukai gelang yang satu ini.Loom Band pertama kali di temukan oleh Cheong Choong Ng di Amerika pada tahun 2013.


Lewat perusahaan miliknya,Rainbow Looms,Cheong mampu menjual jutaan produk loom dan laku keras di pasaran.Hal ini juga di tunjang oleh pemakaian Loom Band oleh para orang-orang terkenal seperti David Beckham,Kate Middleton bahkan pangeran William pun juga ikutan memakainya.Sejak mereka memakainya,Loom Band mulai menjadi pusat perhatian di dunia fashion,sampai mewabah dampaknya ke seluruh dunia.Maka tak jarang bila sekarang sering kita temui anak-anak yang memakai Loom Band ini.
Orang-orang terkenal yang memakai Loom Band

Namun di balik keindahannya,terdapat berita tidak sedap terkait Loom Band yang berpotensi memicu penyakit kanker.Lho kok bisa? Menurut hasil temuan dari lembaga kesehatan,Loom Band ini disinyalir mengandung zat berbahaya yang disebut Phthalates (kelompok kimia plasticizer) yaitu bahan dasar yang digunakan untuk membuat produk berbahan dasar plastik.Zat ini sangat berbahaya jika terhisap atau tertelan masuk ke dalam tubuh.

Kreasi Loom Band

Mengetahui bahaya tersebut,produsennya langsung menarik produk ini karena alasan keamanan terhadap kesehatan.Loom Band mengandung phthalates mencapai 40 persen,sementara batasan aman sesuai aturan kesehatan hanya 0,1 persen.Cara kerja phthalates yang paling mudah masuk ke tubuh selain tertelan dan terhisap adalah melalui keringat.Saat tubuh berkeringat,Loom Band yang dipakai akan bereaksi dengan zat di dalamnya yang akan terhisap masuk ke dalam tubuh sehingga bersifat Karsinogen (pemicu kanker).

Namun setelah mengalami pengujian kembali,tidak semua Loom Band mengandung zat pemicu kanker.Hanya Loom Band palsu lah yang dibilang berbahaya,karena bahan dasarnya tidak sesuai standar kesehatan.Daiy Mail mengungkapkan bahwa zat phthalates justru ditemukan pada Loom Charms berbentuk bandul (bunga,huruf,bola dll).Lalu mana sebetulnya yang mengandung phthalates? Loom Band atau Loom Charms

Charms

Sejauh ini berita terakhir menyatakan jika yang berbahaya itu Loom Charms,bukan Loom Band.Kecuali jika Loom Band tersebut berasal dari produk tiruan/palsu.Nah,jika sudah begitu tinggal kita sendiri yang harus menyikapinya dengan bijak dan selalu berhati-hati serta selalu mengecek keaslian produk Loom Band jika kita membelinya.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*