Musik Indonesia Dibawah Bayang Bayang Plagiat

loading...
Haloo sobat media2give,jumpa lagi nih dengan kalian di postingan ini ^^ Kali ini saya akan membahas seputar dunia musik di negri ini,lebih tepatnya soal musik indonesia yang masih belum bisa lepas dari bayang-bayang plagiarisme.Kalian tentunya sudah tau kan apa itu plagiat? plagiat berarti tindakan mengambil ide,pendapat ataupun karya orang lain yang kemudian di akui sebagai karyanya sendiri.Tindakan ini jelas-jelas tidak diperbolehkan dan ada sanksi hukum bila di langgar,seperti yang tertulis dalam undang-undang hak cipta tahun 2002.

Sanksinya berat lho,karena hukuman penjara menanti para plagiat.Kenapa sih banyak band indonesia yang melakukannya? Ini kemungkinan besar dikarenakan,indonesia masih berkiblat pada orang barat.Orang barat dinilai sebagai sumber inspirasi dan akhirnya membuat musik dalam negri kurang berkembang dari segi kreativitasnya.Masalah ide yang membuat band-band indonesia kesulitan membuat lagu seperti yang mereka mau.Biasanya para personel band itu punya idolanya masing-masing.
Mereka menyukai band-band barat yang otomatis menginspirasi band indonesia dalam membuat lagu.Makanya tidak heran kalau kita denger nada di lagu indonesia kok mirip dengan band luar.Sebenarnya ada perbedaan soal menginspirasi dan menjiplak.Jika inspirasi itu membuka pandangan kita dan menjadikan ide baru muncul dengan tema yang sama tapi dengan penerapan versinya sendiri,maka menjiplak justru sebaliknya.Sebuah lagu dikatakan menjiplak jika memiliki kesamaan dengan lagu lainnya sampai 8 bar.

Tapi kurang dari 8 pun kita pasti langsung tau,kalau lagu itu mirip dengan lagu yang pernah kita dengar.Kesamaan itu bisa berupa lirik ataupun notasi.Karena kriteria inilah,para band di indonesia selalu beralasan jika ditemukan lagu mereka mirip dengan band luar,itu kan hanya 7 bar,atau 6 bar atau kurang dari itu.Akibatnya kualitas musik kita menurun dan sulit bersaing sampai taraf internasional.Yang paling parah jika menirunya semua notasinya,dan cuma mengubah liriknya saja.


Bahkan sesama band indonesia saja saling meniru.Selain plagiat,masih ada lagi kebiasaan yang tidak bisa lepas dari band indonesia,yaitu lip sync dan tema lagu yang sama.Untuk lip sync ini seringkali kita lihat saat perform di TV,ada band-band yang memakai lip sync dengan berbagai alasan,terkadang agar suaranya terlihat sebagus seperti saat rekaman.

Namun,untungnya tidak semua band indonesia termasuk dalam kategori plagiat.Banyak juga yang bisa menghasilkan karya lagunya sendiri dengan inspirasi dari lagu-lagu luar.Jadi,jika ingin musik dalam negri berkembang,sebaiknya hentikan plagiarisme itu,dengan mencari ide menarik untuk tema lagu,band-band tersebut akan menjadi lebih kreatif dan bisa menghasilkan karya yang berkualitas tanpa embel-embel “menjiplak”.

loading...
loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*