Cara Mengembalikan Data Yang Terkena Virus Shortcut

loading...
Haloo sobat media2give^^ setelah beberapa hari nggak posting,akhirnya sekarang ada juga deh kesempatan untuk sharing-sharing informasi lagi hehe.. Dan kali ini saya akan membahas tentang Cara Mengembalikan Data Yang Terkena Virus Shortcut.Hmm,sobat semua pasti sering kan menggunakan internet untuk mencari-cari data? Nah,saat searching itulah terkadang virus jahat mulai menyerang komputer kita.Untuk melindungi komputer kita agar tetap aman memang diperlukan aplikasi proteksi yang bisa mencegah virus masuk.

Mengaktifkan firewall juga penting supaya jika terdapat aplikasi atau program yang mencurigakan segera di amankan.Namun kadang banyak di antara kita yang sering lupa untuk menggunakannya,dan bila settingnya menjadi off,maka komputer kita jadi riskan kena virus.Selain firewall,penting juga untuk memberi anti virus pada komputer sebagai pengaman,dan harus sering-sering di update.Anti virus ada masanya,dan kalau sudah habis mesti diperbaharui karena virus sendiri semakin lama jenisnya semakin banyak dan efek serangannya semakin kuat.


Perhatikan juga alat penyimpanan data untuk komputer kita,misalnya pada flashdisk.Benda yang satu ini paling sering dipakai untuk memindahkan data dari komputer satu ke komputer yang lainnya.Bentuknya kecil dan mudah di bawa menjadikannya praktis untuk menyimpan data.Kalau tidak dijaga dengan baik,flashdisk bisa menjadi sarangnya virus karena kita tau sendiri kalau pakai flashdisk itu pasti sering di colokin ke banyak komputer dan kita tidak tau apakah komputer itu bersih dan bebas dari virus atau tidak.

Biasanya sih sering kejadian pas flashdisk di pinjem temen trus pas balik di dalamnya udah ada virusnya,jadi repot deh apalagi kalau kitanya nggak sadar dalam flashdisk ada virusnya.Selain itu,penyebaran yang cepat sering kita lihat pada warnet-warnet,dimana tidak semuanya memperhatikan kesehatan PC nya.Bahkan ada beberapa yang nggak pernah di bersihkan isi di dalamnya sehingga bejibun dengan data.Di warnet,semua orang bisa mengakses data dan karena sering bergonta-ganti usernya,maka tidak ada jaminan komputernya aman,kecuali kalau memang sering di bersihkan dengan anti virus.

Virus Shortcut

Jika sudah menjangkiti flashdisk kita,virus itu akan mengobrak-abrik data kita.Salah satu virus yang sering menyerang adalah virus shortcut.Virus ini muncul sendiri,biasanya menampilan folder dengan logo shortcut kecil dan ukurannya pasti kecil,sekitar 1 kb,2 kb ataupun 0 kb.Virus ini membuat semua data di flashdisk kita jadi shortcut semua dan tidak bisa dibuka.Kalau di buka ya tambah menyebar virusnya.

Apakah data itu nggak bisa kita selamatkan? Bisa,asalkan kita tau caranya,karena data tersebut sebetulnya masih ada,hanya saja di tutupi oleh virus shortcut.Nah,buat yang ingin tau gimana Cara Mengembalikan Data Yang Terkena Virus Shortcut,yuk disimak bersama langkahnya berikut ini :

1. Klik tombol Start pada komputer kalian
2. Pilih Run
3. Ketikkan CMD


4. Nanti akan muncul tampilan kotak hitam
5. Ketik nama drive yang terkena virus.Misalnya di drive J,maka kita ketik J:


6. Tekan Enter
7. Ketik dir


8. Tekan Enter lagi


9. Ketik attrib -s -r -h /s /h dan pastikan menulisnya sama persis termasuk spasinya 

10. Tekan Enter
11. Tunggu sampai prosesnya selesai
12. Close windows explorer dan buka kembali 
13. Data yang tadinya jadi shortcut akan kembali pulih
14. Pindahkan ke tempat lain dulu datanya
15. Format ulang flashdisknya
16. Flashdisk udah bersih deh,bisa dipakai lagi

loading...

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*