Solusi Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown

loading...
Haloo sobat media2give,kali ini saya akan membahas tentang Solusi Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown.Hmm,kalian pernah mengalami masalah seperti itu? memang sih,kalau nggak bisa di tutup gitu bisa bikin kita stress juga,soalnya kan komputer juga perlu waktu istirahat dengan cara di matikan.Kalau nggak dapat di matikan,bisa-bisa komponen di dalamnya cepat rusak karena kepanasan jika digunakan dalam waktu yang lama.Mengingat komputer/laptop sekarang ini sudah menjadi alat penting yang kita butuhkan setiap hari.

Mau kerja,main,nonton film,dengerin lagu semuanya butuh komputer,yah meskipun beberapa fungsi lainnya bisa digantikan gadget juga sih,tapi tetap saja komputer/laptop ini penting.Masalah tidak bisa shutdown itu sering terjadi tanpa kita ketahui,apa yang menyebabkannya bisa seperti itu.Terkadang kita nggak apa-apain laptopnya,mendadak jadi error sendiri.Kalau udah nggak bisa di matikan,seringkali kita mematikannya secara paksa,mungkin dengan mencabut kabel di komputer kita.
Tindakan itulah yang beresiko,karena akan membuat hardisk kaget dan terkejut.Komponen di dalamnya akan menjadi trouble dan malah menambah masalah lainnya.Trus gimana dong? apa harus di install ulang komputernya? Bisa juga melakukan itu,tapi kalau udah kepepet aja.Lebih baik,cari tau dulu apa penyebabnya,sehingga pengetahuan kita akan bertambah jika sewaktu-waktu mendapat masalah yang sama,kita tau cara memperbaikinya.

Penyebab Komputer Tidak Bisa Shutdown
1. Komputer terserang virus,biasanya di tandai dengan kinerja komputer yang tidak maksimal/menjadi lambat prosesnya.Jika memang ini yang terjadi,hal yang harus kita lakukan adalah memproteksi komputer dengan anti virus.Install saja anti virus yang paling update,terserah mau yang mana.Coba lakukan scanning,apakah terdeteksi virus atau tidak.Satu anti virus saja sudah cukup,jangan banyak-banyak,nanti malah trouble.

2. Masih ada program yang aktif,maksudnya program ini masih berjalan dan belum kita tutup dengan benar.Sistem dalam komputer akan menunggunya sampai tertutup dulu baru proses shutdown bisa dilakukan.Pastikan sebelum di matikan,tidak ada program lain yang masih aktif agar komputer bisa di shutdown.

3. Terjadi kerusakan/masalah pada driver komputer yang membuat komputer tidak stabil.Kerusakan pada driver ini akan mempengaruhi proses shutdown,membuatnya berjalan lambat dan yang lebih parahnya lagi tidak bisa di tutup.Periksalah apakah ada driver yang masih belum terinstall,caranya seperti ini :

– Klik kanan pada My computer > pilih Properties
– Pilih menu Hardware > klik Device Manager


– Perhatikan driver yang bertanda kuning,itu driver yang belum terinstall


Install driver yang belum ada itu,untuk lebih jelasnya bisa dibaca pada Cara Mencari Driver Komputer Yang Hilang 
– Jika masih ada driver yang bertanda kuning,ubahlah menjadi disable saja
– Klik kanan pada driver bertanda kuning > pilih disable

Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown
Selain cara diatas tadi,masih ada cara lain lagu untuk mematikan komputer yang cukup mudah dilakukan.Ada 2 cara yang bisa kalian coba,diantaranya :

1. Shutdown dengan mengubah registry
– Klik Start Menu > Pilih Run
– Ketikkan “regedit” tanpa tanda petik
– Buka HKEY_CURRENT_USER > pilih Control Panel 
– Klik Dekstop
– Klik dua kali pada PowerOffActive
– Ubah nilainya menjadi 1
– Tutup regedit dan coba lakukan Shutdown

2. Dengan cara darurat 
Cara darurat ini dilakukan dengan menekan tombol power pada komputer/laptop selama 5 detik.Pencet terus sampai komputer/laptopnya mati.Cara ini tidak disarankan dilakukan terus menerus karena bisa membuat hardisk cepat rusak.

loading...

6 Comments

  1. oh iya kang saya memakai win 8.1, mungkin cara diatas hanya untuk win xp kali ya kang ? ^^

    dan saya baru menemukan PowerOffActive nya. adanya di HKEY_CURRENT_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > Current Version > IniFileMapping > win.ini > klik windows, nanti akan muncul di sebelah kanan.. #just sharing..

    ilmu yang sangat bermanfaat kang,,, ^^

  2. @Muhammad Faris Al Fatih
    iya gan,cara diatas untuk win xp saja,klo win 7 dan 8,seperti yg agan jelaskan,posisi PowerOffActive-nya di bagian HKEY_CURRENT_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > Current Version > IniFileMapping > win.ini > klik windows.

    terima kasih,sudah nambahin infonya gan,buat pembaca yg lain biar semakin paham 🙂

  3. Ufuk Ramadhan mulai memudar, Cahaya Syawal kian memancar, Dosa dan Khilaf saatnya dibakar, Marah dan Dendam saatnya dikubur. Kadang hati berburuk sangka, Langkah membekas lara, Tutur kata tidak terjaga, Tingkah laku membawa luka. Andai tangan tak dapat berjabat, Setidaknya kata masih terucap : "Selamat IDUL FITRI 1435H, Minal Aydin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin ya. mas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*